6 Tips Membangun Hubungan Harmonis dengan Mertua, dalam suatu pernikahan bukan hanya soal kamu dan dia yang ada di dalamnya. Tetapi, ada pula kedua keluarga yang juga diikat dalam pernikahan kalian. Maka sangat penting bagi kamu untuk membangun hubungan yang harmonis dengan keluarga suamimu, khususnya kedua orangtua pasanganmu atau mertua.

Bagi beberapa orang mungkin hal ini dinilai cukup sulit, karena tak bisa dipungkiri umumnya masalah pada pernikahan dapat datang dari sisi mertua. Namun, tak ada salahnya bagi kita untuk menepikan terlebih dahulu kekhawatiran yang seperti itu dan berfokus membangun hubungan yang baik dengan mereka, berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan:

Tips Membangun Hubungan Harmonis dengan Mertua

1. Janganย  Bedakan Mertua dengan Orang Tua Kandungmu

Meskipun mertua adalah orang tua dari pasanganmu, ketika kalian menikah berarti mertua adalah orang tuamu juga. Maka perlakukanlah mereka dengan kasih sayang layaknya kasih sayangmu terhadap kedua orang tua kandungmu dan jangan sampai kamu membedakan mereka, ya.

2. Bangun Komunikasi

Cobalah bangun komunikasi dengan mereka mulai dari pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti “apa kabar?” Bahkan jika memang rumahmu dan mertua cukup jauh luangkanlah waktu untuk menelepon atau berkabar dengan mereka via telepon.

3. Dekatkan Pasanganmu dengan Orang Tuanya

Jika pasanganmu adalah tipe orang yang tertutup pada orang tuanya, atau mungkin pasanganmu terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Selalu ingatkan dia untuk tetap berkomunikasi dengan kedua orang tuanya atau bahkan kamu bisa membantunya mengatur jadwal agar bisa berkunjung ke rumah orang tuanya. Dengan begitu tidak hanya hubungan pasangan dan orang tuanya yang menjadi dekat, tapi juga hubunganmu dengan mertua pun jadi semakin akrab.

4. Luangkan Waktu Mertua Bertemu Cucu

Bagaimanapun mertuamu pasti akan merasa rindu dengan cucunya. Maka dari itu luangkanlah waktu agar mereka bisa bertemu dan bermain bersama.

5. Jangan Ragu Meminta Pendapat atau Saran Mertua

Ketika ada masalah yang kamu hadapi tidak ada salahnya selain kamu meminta masukkan dari pasangan dan orang tuamu, kamu meminta pendapat dari mertuamu. Karena dengan begitu mereka akan merasa dibutuhkan dan dihargai keberadaannya. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah berhati-hati jika urusan tersebut berkaitan dengan masalah suami istri yang terbilang cukup sensitif.

6. Ramah dan Jaga Sopan Santun

Tentu mertua akan lebih menyenangi menantu yang ramah, sopan, dan bertutur kata baik. Karena mereka adalah orang yang lebih tua yang patut untuk dihormati. Hindari juga menggunakan nada biacara yang tinggi dan terkesan angkuh dihadapan mereka.

6 Tips Membangun Hubungan Harmonis dengan Mertua

Foto Ilustrasi: ๐”ฅ๐”ฆ๐”ฉ๐”ฉ๐”ž๐”ฏ๐”ถ ๐”ญ๐”ข๐”ฏ๐”ž๐”ฉ๐”ฑ๐”žย onย Unsplash