Tips Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap dari Rak Sepatu. Hal ini karena setiap sepatu terkadang digunakan untuk hal tertentu di tempat tertentu seperti sepatu khusus jogging di pusat kebugaran atau taman dan sepatu untuk trekking di bukit atau tepi sungai.

Dilansir dari Decortips, Senin (28/11/2022) ada beberapa cara menghilangkan bau dari rak sepatu seperti berikut ini. Banyaknya sepatu yang disimpan di dalam rak bisa membuat area tersebut berbau tidak sedap.

Meski baru dibersihkan, bau dari deretan sepatu bisa terkumpul dan membuat rak sepatu menjadi berbau. Lantaran hal tersebut rak tempat sepatu sering menjadi berbau tak sedap. Sepatu kerap kali menimbulkan bau tak sedap.

Tips Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap dari Rak Sepatu

Tips Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Rak Sepatu ini akan membantu Anda membasmi bau busuk. Terlebih jika rak sepatu yang berisi koleksi sepatu dan sandal kesayangan Anda menjadi sarang bau tak sedap dan kadang busuk. Tentunya ini akan membuat mood Anda jadi tidak bersemangat. Tips ini juga bisa Anda terapkan untuk mebel jati dengan bentuk storage atau tempat penyimpanan.

1. Cuka putih

Cuka putih biasa juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap dari rak sepatu. Caranya sangatlah mudah. Cukup menuangkan cuka putih ke dalam wadah yang sekiranya muat ditaruh di dalam rak selama satu jam 30 menit.

Namun, cuka putih juga akan meninggalkan bau yang cukup menyengat di dalam rak sepatu. Namun, aromanya akan menghilang secara bertahap bersamaan dengan bau tidak sedap.

2. Menjemur rak

Selain deretan trik yang menggunakan bahan rumahan di atas, cara lain menghilangkan bau tidak sedap dari rak sepatu adalah menjemur rak.

Sebab, udara dapat membantu menghilangkan bau tak sedap. Untuk mempercepat penghilangan bau, cobalah menggunakan setangkai selasih, sage, lavender, atau sedikit kopi bubuk di dalam rak.

3. Cuka anggur putih dan air

Cuka anggur putih memiliki sifat disinfektan. Bahkan, penelitian melaporkan bahwa penggunaannya untuk mendisinfeksi sikat gigi lebih aman dan efektif daripada triclosan. Cara menggunakan cuka anggur putih untuk menghilangkan bau dari rak sepatu adalah mencampurnya dengan air.

Namun, kosongkan rak terlebih dulu. Setelah itu, semprotkan larutan ke seluruh permukaan rak sepatu dan seka dengan kain lap bersih. Cairan juga bisa disemprotkan pada bagian dalam dan luar sepatu sebelum ditempatkan kembali ke rak.

4. Baking soda

Baking soda memiliki sifat penghilang bau apa pun selain cocok dijadikan sebagai produk pembersih alternatif. Untuk bau tidak sedap di rak sepatu, taburkan baking soda di seluruh sudut dan permukaan rak, lalu diamkan selama 30 menit dan bersihkan.

5. Cuci Sepatu Dan Sandal Anda

Rutin membersihkan dan menyuci sepatu sandal Anda seminggu sekali, Ini sangat penting bahwa faktor utama bau tak sedap justru penyebab utamanya karena sepatu yang tidak bersih. mencuci sepatu bisa jadi alternatif paling utama. Mencuci sepatu juga tidak boleh sembarangan, terlalu lama direndam justru membuat sepatu lembab dan tidak dapat maksimal keringnya. Baiknya bawa sepatu Anda ke jasa penyucian sepatu atau Laundry.

6. Simpan Sepatu & Sandal Dalam Freezer

Sekali waktu bisa Anda simpan sepatu atau sandal Anda kedalam freezer kulkas agar membeku. Maksud membeku disini agar membunuh bakteri yang bersarang di dalam sepatu Anda. Caranya bisa Anda bungkus sepatu ke dalam kantong plastik untuk kemudian Anda taruh ke freezer.

7. Koran Bekas Sebagai Peredam Bau Tak Sedap

Caranya mudah sekali dengan subalkan koran bekas kedalam sepatu Anda. Jangan lupa juga jadikan koran bekas sebagai alas ambalan rak sepatu atau selving di rak sepatu. Juga perlu anda rutinkan untuk selalu mengganti alas koran lama minimal 2 minggu sekali.

8. Gunakan Kapur Barus Dan Kamper

Ini sangat membantu jika Anda ingin cepat segera menghilangkan bau tak sedap. Disamping menghilangkan bau tak sedap ternyata kapur barus juga mencegah bakteri, rayap kayu, ngengat, tikus maupun kecoa untuk masuk di dalam rak sepatu. Selain harum juga membuat rak sepatu Anda akan selalu awet dari hama kayu.

9. Lubang Sirkulasi Udara

Berbagai model rak sepatu sangat bervariatif, tapi Anda harus tahu bahwa tidak semua rak sepatu terdapat lubang atau rongga sirkulasi udara. Perlu juga Kami tekankan bahwa hawa yang ungkep ( gerah ) di dalam rak sepatu akan memperburuk bau didalam rak sepatu. Jika Anda sudah mempunyai rak sepatu yang tidak ada lubang sirkulasinya mulai segera melubangi rak sepatu Anda. Buatlah lubang sirkulasi pada pagar belakang rak sepatu Anda.

10. Jangan Lupa Gunakan Serap Air

Untuk memaksimalkan hasil bisa Anda berikan serap air di dalam rak sepatu, meskipun efeknya tidak langsung terasa tapi fungsi serap air sangat penting untuk menjaga kelembapan suhu di dalam rak tetap terjaga. Lembab adalah musuh utama kayu dan sepatu Anda. Selain itu serap air bisa membuat rak sepatu juga sepatu Anda terhindar dari jamur. Ini juga bisa anda terapkan di dalam lemari pakaian minimalis tentunya.

Tips Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap dari Rak Sepatu

Semoga Bermanfaat!

Sumber : https://www.kompas.com/