Informasi Terbaru Subsidi Gaji Rp 1 Juta Segera Ditransfer. Program tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/upah Bagi Pekerja/buruh Dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).



Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memperkirakan total penerimaan bantuan subsidi gaji/upah (BSU) Rp 1 juta ada 8,7 juta pekerja.

Informasi Terbaru Subsidi Gaji Rp 1 Juta Segera Ditransfer

Bagaimana progres penyalurannya?

1. Data 1 Juta Pekerja Dikantongi
Kemnaker telah mengantongi data 1 juta pekerja yang bakal mendapatkan subsidi gaji Rp 1 juta. Data tersebut diperoleh dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Jumlah data yang diserahkan hari ini kita memulai dari 1 juta calon penerima BSU, dari estimasinya 8,7 juta pekerja akan menerima BSU. Jadi tentu data ini sangat dinamis melihat sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan,” kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah Jumat (30/7/2021).

Baca Juga :  Kode Redeem Game Super Sus 25 Maret 2024 Terbaru dan Valid, SImak Cara Mainnya

2. Data Diperiksa Supaya Tepat Sasaran
Data 1 juta calon penerima BSU selanjutnya akan dicek dan diskrining oleh Kementerian Ketenagakerjaan untuk memastikan kesesuaian format data dan menghindari duplikasi data.




Sektor yang diutamakan adalah pekerja pada sektor usaha industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali jasa pendidikan dan kesehatan, sesuai dengan klasifikasi data sektoral di BPJS Ketenagakerjaan.

“Yang kedua melakukan pemadanan dengan data penerima bantuan pemerintah lainnya,” sebutnya.

3. Harus Pakai Rekening Bank BUMN
Ida menuturkan penerima subsidi gaji Rp 1 juta harus memakai rekening bank BUMN, yakni BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Khusus di Aceh menggunakan rekening bank syariah milik negara, Bank Syariah Indonesia (BSI).

Baca Juga :  Info Bansos 2024 Dipastikan Cair Selama Bulan Ramadhan 2024, Alhamdulillah KPM Makin Dapat Berkah

Dia menjelaskan bahwa bank penyalur bantuan subsidi gaji adalah bank-bank yang disebutkan di atas. Nah, buat pekerja yang memenuhi syarat tapi belum memiliki rekening salah satu bank tersebut akan dibuatkan secara kolektif.

“Bagi penerima bantuan yang belum memiliki rekening di bank-bank tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan akan membukakan rekening secara kolektif di bank Himbara (BUMN) dan BSI,” kata Ida.



Mekanisme tersebut berbeda dengan penyaluran subsidi gaji atau BSU yang diselenggarakan pada 2020. Pada tahun lalu, penerima subsidi gaji bebas menggunakan rekening bank apapun. Ida menjelaskan mekanisme yang diberlakukan saat ini bertujuan untuk memudahkan proses penyaluran subsidi gaji Rp 1 juta.

Informasi Terbaru Subsidi Gaji Rp 1 Juta Segera Ditransfer

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal Biologi Kelas 12 Halaman 16 Kurikulum Merdeka SMA, Anabolisme dan Katabolisme

Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5663256/subsidi-gaji-rp-1-juta-segera-ditransfer-ini-3-informasi-terbarunya?tag_from=wp_beritautama