Justin Bieber alami Sindrom Ramsay Hunt, Penyakit Langka Pemicu Lumpuh Wajah, Justin Bieber mengumumkan bahwa dirinya telah mengidap Ramsay Hunt Syndrome. Bintang pop Canada itu mengatakan dia telah didiagnosis dengan sindrom Ramsay Hunt setelah virus merusak saraf di telinganya. Hal itu membuat dirinya harus membatalkan tur dunianya.

Penyanyi berusia 28 tahun itu saat ini sedang mengadakan Justice World Tour di Amerika Utara dan telah membatalkan pertunjukan di Toronto, Washington DC dan New York dan akan membatalkan konsernya di seluruh negara.

Justin Bieber alami Sindrom Ramsay Hunt, Penyakit Langka Pemicu Lumpuh Wajah

Dilansir dari healthline.com, sindrom Ramsay Hunt terjadi ketika herpes zoster yang memengaruhi saraf di wajah dan dekat dengan satu telinga. Sindrom Ramsay Hunt disebabkan oleh virus cacar air. Setelah cacar air sembuh, virus ini masih hidup di saraf. Bertahun kemudian, virus ini dapat aktif lagi sehingga dapat memengaruhi saraf wajah seseorang.

Bahkan ruam herpes zoster di saraf wajah dekat telinga, dapat menyebabkan komplikasi lain, termasuk kelumpuhan wajah dan sakit telinga. Apabila hal ini terjadi, itu disebut dengan sindrom Ramsay Hunt. Maka dari itu, untuk mencegah kelumpuhan wajah yang permanen, pengobatan sindrom Ramsay Hunt perlu dilakukan.

Dikutip dari Health-Liputan6, Ramsay Hunt Syndrome atau dikenal dengan herpes zoster oticus terjadi ketika herpes zoster memengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga Anda. Selain ruam herpes zoster yang menyakitkan, sindrom ini dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga yang terkena.

Baca Juga :  Download Aplikasi Fitness Erakulis Bikinan Pesepakbola Cristiano Ronaldo Terdapat Fitur Kesehatan Mental

Penyebab Ramsay Hunt Syndrome ialah virus serupa yang menyebabkan cacar air. Setelah cacar air sembuh, virus masih hidup di saraf. Bertahun-tahun kemudian, virus ini dapat aktif kembali. Ketika itu terjadi, virus dapat memengaruhi saraf wajah.

Melansir dari hellosehat.com, Penyebab utama sindrom ini adalah infeksi virus yang sama dengan penyebab cacar api dan cacar air, yaitu varicella-zoster.

Virus ini diyakini menginfeksi saraf wajah yang terletak dekat telinga bagian dalam. Ini yang menyebabkan terjadinya iritasi dan pembengkakan pada saraf-saraf tersebut.

Seseorang yang sudah pernah terkena cacar dan sembuh mungkin masih memiliki virus tersisa di dalam sarafnya. Namun, virus akan berada dalam fase “tertidur”.

Beberapa tahun kemudian, virus tersebut dapat aktif kembali dan menyebabkan gejala-gejala sindrom Ramsay Hunt, terutama jika sistem imun tubuh melemah.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena sindrom ini. Namun demikian, penting untuk diingat bahwa memiliki salah satu dari beberapa faktor risiko di bawah bukan berarti Anda pasti akan terkena kondisi ini. Faktor-faktor risiko hanyalah beberapa kondisi yang dapat memperbesar peluang Anda untuk mengalami suatu penyakit atau gangguan medis.

Baca Juga :  Download Aplikasi Fitness Erakulis Bikinan Pesepakbola Cristiano Ronaldo Terdapat Fitur Kesehatan Mental

Berikut adalah beberapa faktor risiko dari sindrom Ramsay Hunt:

  • Berusia di atas 60 tahun
  • Pernah menderita cacar air atau cacar api
  • Memiliki sistem imun tubuh yang lemah
  • Belum pernah mendapatkan vaksinasi cacar
  • Bayi yang baru lahir
  • Ibu hamil

Diagnosis dapat dibuat berdasarkan pemeriksaan fisik, riwayat kesehatan, serta gejala-gejala yang dialami pasien. Untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih akurat, biasanya dokter akan mengambil sampel cairan dari bintil-bintil di wajah atau telinga Anda.

Dengan melakukan pengobatan secepat mungkin, Anda akan terhindar dari komplikasi jangka panjang, seperti:

  • Kehilangan pendengaran permanen
  • Kelumpuhan wajah permanen
  • Kerusakan mata
  • Postherpetic neuralgia (rasa sakit permanen pada area bekas cacar)

Dilansir dari mayoclinic.org, penyebab sindrom Ramsay Hunt terjadi pada seseorang yang pernah menderita cacar air. Setelah sembuh dari cacar air, namun virus masih berada di dalam tubuh. Virus tersebut dapat aktif, tak jarang akan kembali di tahun-tahun berikutnya yang dapat menyebabkan herpes zoster atau ruam yang menyakitkan dengan lepuh berisi cairan.

Sindrom Ramsay Hunt adalah wabah herpes zoster yang memengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga . Ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan wajah satu sisi dan gangguan pendengaran.

Baca Juga :  Download Aplikasi Fitness Erakulis Bikinan Pesepakbola Cristiano Ronaldo Terdapat Fitur Kesehatan Mental

Perawatan yang paling umum dilakukan untuk sindrom Ramsay Hunt adalah dengan mengobati infeksi virus. Dikutip dari healthline.com, biasanya dokter akan meresepkan famciclovir atau asiklovir bersama dengan prednison atau suntikan kortikosteroid lainnya.

Selain itu, bagi penderita sindrom Ramsay Hunt juga sangat direkomendasikan untuk perawatan gejala yang spesifik.

Justin Bieber alami Sindrom Ramsay Hunt, Penyakit Langka Pemicu Lumpuh Wajah

Referensi:

  • Justin Bieber reveals he’s been struck by facial paralysis from Ramsay Hunt syndrome in shock video,dailymail.co.uk
  • Sindrom Ramsay Hunt, Penyakit Langka Pemicu Lumpuh Wajah Justin Bieber, www.cnnindonesia.com
  • Justin Bieber Alami Ramsay Hunt Syndrome, Apa Bedanya dengan Bell’s Palsy?,liputan6.com
  • Kenali Sindrom Ramsay Hunt, Komplikasi dari Infeksi Cacar, hellosehat.com
  • Sindrom Ramsay Hunt adalah, kenali gejala, penyebab, dan perawatan, brilio.net
  • Ramsay Hunt Syndrome, rarediseases.org
  • Ramsay Hunt syndrome, mayoclinic.org
  • Ramsay Hunt Syndrome,healthline.com