Hebat, Putri Wahyu Kusumaningtyas, Anak Petani Raih Beasiswa University of British Columbia, Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Ponorogo, Putri Wahyu Kusumaningtyas mendapat beasiswa kuliah di University of British Columbia (UBC), Kanada.

Anak seorang petani asal Magetan itu akan terbang ke Kanada pada Agustus mendatang. Putri mengatakan UBC merupakan salah satu kampus idamannya. Keinginan untuk melanjutkan studi ke luar negeri itu muncul saat dirinya mengikuti Olimpiade Sains Nasional.


Hebat, Putri Wahyu Kusumaningtyas, Anak Petani Raih Beasiswa University of British Columbia

Putri Wahyu Kusumaningtyas, siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Ponorogo, Jawa Timur berhasil meraih beasiswa kuliah di University of British Columbia (UBC), Kanada. Putri yang anak seorang petani asal Magetan itu akan terbang ke Kanada pada Agustus 2022 nanti.

“Awalnya saya ikut Olimpiade Sains Nasional (OSN), meski tidak juara, tapi jadi salah satu finalis,” kata Putri Wahyu, Senin (06/06/22) seperti dikutip dari laman pendis.kemenag.go.id.

Baca Juga :  SIM KELILING Surabaya Minggu 26 Desember 2021

Putri menambahkan, lantaran jadi salah satu finalis, dia mendapat undangan beasiswa Indonesia Maju. Putri lantas mencoba peruntungannya dan berhasil meraih beasiswa di UBC yang menjadi salah satu kampus idamannya.

“Saya lolos seleksi administrasi, wawancara, serta melengkapi persyaratan seperti paspor, nilai IELTS, personal profile untuk apply ke kampus tujuan. Kemudian menunggu letter of acceptance atau LoA dan terakhir lolos seleksi tahap pembinaan,” terang Putri.

Putri Wahyu bercerita, sebenarnya nilai The International English Language Testing System (IELTS)-nya mepet dari angka minimal. Namun, dia berhasil lolos seleksi beasiswa Indonesia Maju. Nantinya, seluruh biaya selama masa perkuliahan akan ditanggung Indonesia Maju.

“Mulai dari biaya hidup, tunjangan kesehatan, biaya buku dan penelitian hingga biaya kedatangan semua ditanggung,” tandas Putri.

Baca Juga :  Hebat, Perusahaan Teknologi asal Indonesia Masuk Forbes bersama Apple, Microsoft dan Meta

Menariknya lagi, Putri sendiri bukan tergolong siswa yang paling pintar di sekolah. Putri merupakan siswa ranking ke-26 dari 300 siswa kelas XII di MAN 2 Ponorogo. Namun karena keuletannya, dia jadi menjadi satu-satunya wakil MAN 2 Ponorogo yang lolos kuliah ke luar negeri.

Kepala MAN 2 Ponorogo Nastain mengaku bangga dan turut mendukung prestasi anak didiknya. “Kita dukung terus siswa yang membawa prestasi, membawa nama baik sekolah, Kemenag, dan negara Indonesia,” tutur Nastain.

Sebagai seorang siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Ponorogo, Putri bercerita bahwa dirinya bukan tergolong siswa yang paling pintar di sekolah. Ia hanya mendapatkan ranking ke-26 dari 300 siswa kelas XII di MAN 2 Ponorogo.

Baca Juga :  KODE REDEEM ML Minggu 27 Maret 2022 Terbaru

Namun, karena keuletannya dalam belajar, dia jadi satu-satunya wakil MAN 2 Ponorogo yang lolos kuliah ke luar negeri.

Putri bercerita bahwa UBC adalah salah satu kampus idamannya. Saat ini siswa MAN 2 Ponorogo itu sedang mempersiapkan diri sebelum berangkat pada Agustus nanti.

Putri  berhasil membuktikan bahwa kesungguhan membuatnya berhasil lolos seleksi beasiswa Indonesia Maju. Nantinya, seluruh biaya selama masa perkuliahan akan ditanggung pemerintah. Itulah kisah inspirasi dari Putri Wahyu Kusumaningtyas, semoga menjadikan semangat untuk kita semua.

Hebat, Putri Wahyu Kusumaningtyas, Anak Petani Raih Beasiswa University of British Columbia

Referensi:

  • https://pendis.kemenag.go.id/
  • Putri Wahyu, Anak Petani, Siswi MAN 2 Ponorogo Raih Beasiswa University of British Columbia, Kanada, republika.co.id
  • Kisah Putri, Siswi Madrasah Anak Petani, Raih Beasiswa Kuliah ke Kanada, kompas.com

Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming