Danau Lonar Berubah Jadi Pink dalam Semalam, Danau Lonar Keajaiban alam Yang Menakjubkan Ini adalah keajaiban alam yang  terjadi pada tahun 2020. Danau yang terbentuk akibat benturan meteorit ke bumi 50 ribu tahun yang lalu tiba-tiba saja airnya berubah menjadi merah muda pada Juni 2020.

Times of India menyebutkan fenomena itu terjadi lantaran adanya keberadaan mikroba dalam jumlah besar, bernama Haloarchaea. Mikroba ini menyukai air garam dan membuktikan jika danau itu memiliki kandungan air garam dalam jumlah besar. Nantinya warna air danau itu diperkirakan akan kembali seperti semula.



Danau Lonar Berubah Jadi Pink dalam Semalam

Kawah benturan meteorit ini memiliki kedalaman sekitar 150 meter dan menjadi batuan basaltik terbesar di Bumi. Ini sempat membingungkan para peneliti yang menemukannya pada abad ke-19. Awalnya, ia diduga tercipta akibat gunung berapi. Namun ternyata, kawah tersebut berkaitan dengan dampak kosmik, terbentuk secara alami akibat benturan yang terjadi dalam kecepatan sangat tinggi.

Baca Juga :  Kode Redeem Game My Hotpot Story 25 Maret 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

Para ilmuwan dari seluruh dunia terus tertarik pada kawah dan danau Lonar. Airnya sendiri bersifat alkali dan salin, kemudian pada 2007 ditemukan bukti fiksasi nitorgen biologis.

Danau Lonar merupakan kawah raksasa yang terbentuk sekitar 50.000 tahun lalu, setelah sebuah meteorit menabrak Bumi. Danau yang populer bagi pecinta lingkungan ataupun wisatawan ini berjarak 310 mil atau sekitar 498,79 kilometer dari Mumbai. Melansir Science Alert, para ahli menyatakan perubahan warna pada Danau Lonar pernah terjadi pada tahun 2000. Akan tetapi,  perubahan warna kala itu tidak seekstrem yang terjadi saat ini. Danau Lonar yang sebelumnya berwarna biru kehijauan kini berubah menjadi merah muda.



Para ahli menduga perubahan tersebut disebabkan adanya perubahan kadar salinitas dan keberadaan ganggang tertentu di danau. Adapun salinitas adalah tingkat keasinan atau kadar garam terlarut dalam air. “Salinitas di danau telah meningkat karena permukaan air turun secara drastis pada tahun ini, dan suhu menjadi terlalu hangat yang mengakibatkan pertumbuhan gangang yang berlebihan,” jelas Ahli Geologi Gajanan Kharat dalam sebuah video di twitter Maharashtra Tourism.

Baca Juga :  Download Aplikasi Fitness Erakulis Bikinan Pesepakbola Cristiano Ronaldo Terdapat Fitur Kesehatan Mental

Saat ini para ahli telah mengumpulkan sampel air dari Danau Lonar untuk mengetahui secara pasti penyebab dari perubahan warna pada danau. Sampel tersebut telah dikirim ke National Environment Engineering Research Institute (NEERI), lembaga penelitian yang berada dibawah pemerintah India. Fenomena perubahan warna yang baru terjadi ini, menambah bab baru pada sejarah Danau Lonar.

Source:  febykurniawatirejeki.com, Science Channel, RoxMaxMedia, kompas.com, nationalgeographic.grid.id,

Baca Juga :  Kode Redeem Game Top War Battle 25 Maret 2024 Terbaru Valid, Simak Tips Cara Main