Tips Agar Rambut Tidak Mengembang. Rambut yang mudah diatur adalah idaman perempuan. Namun apa jadinya jika memiliki rambut yang mudah mengembang? Berikut ini dLuz bagikan tips agar rambut tidak mengembang. Simak ulasannya berikut ini.

Tips Agar Rambut Tidak Mengembang

Rambut yang mengembang memang menyebalkan. Pasalnya, jadi cenderung lebih sulit disisir dan diatur.Untungnya, ada beberapa cara agar rambut tidak mengembang yang mudah dilakukan di rumah. Intip tipsnya berikut ini.

1. Sisir Rambut setelah Keramas

Cara agar rambut tidak mengembang yang utama adalah tidak memaksakan untuk menyisirnya. Memaksakan menyisir rambut hanya akan mengganggu kutikula rambut sehingga berisiko membuat rambut rusak. Menyisir rambut dalam kondisi kering dapat merusak kutikula sehingga bisa menyebabkan rambut mudah mengembang. Oleh sebab itu, menyisir rambut setelah keramas atau menggunakan tangan yang basah akan membantu agar rambut tidak cepat mengembang.

2. Gunakan Kondisioner

Untuk mengatasi rambut mengembang, sebaiknya Anda  rutin mengoleskan kondisioner saat mencuci rambut. Anda dapat mengoleskan kondisioner dari bagian tengah ke ujung rambut menggunakan jari-jari tangan. Pilihlah kondisioner yang mengandung protein. Sebab, protein diyakini dapat mengontrol rambut mengembang serta membuat rambut tampak lebih bersinar. Penggunaan conditioner juga dapat memberi efek rambut lebih lemas dan mudah diatur.

3. Rutin Memakai Minyak Rambut

Tips agar rambut tidak mengembangyang selanjutnya adalah dengan secara rutin menggunakan minyak atau masker rambut. Sebab, rambut yang memiliki kecenderungan mudah mengembang memang membutuhkan perawatan sedikit istimewa. Kamu dapat menggunakan minyak rambut setelah keramas saat kondisi rambut masih basah. Dengan begitu, minyak dapat lebih mengunci kelembapan rambut yang Kamu miliki.

4. Gunakan Teknik Plopping dan Twisting

Cobalah untuk menerapkan teknik plopping dan twistingPlopping adalah teknik membungkus rambut basah dengan handuk atau kain kaos katun untuk mengeringkan rambut. Biasanya, plopping dilakukan oleh pemilik rambut keriting. Teknik ini efektif mencegah rambut keriting menjadi kusut dan rentan mengembang setelah keramas.

Sementara untuk pemilik rambut lurus, Kamu bisa menerapkan teknik twisting. Caranya, aplikasikan sedikit serum setelah Kamu melakukan blow dry dan bagi rambut menjadi dua bagian. Selanjutnya, lilit rambut perlahan hingga kedua bagian dapat disatukan dan diikat di bawah dagu. Diamkan sekitar 10-20 menit sebelum melepaskan lilitan rambut. Saat lilitan dilepas, rambutmu akan lebih rapi dan tidak mengembang.

5. Pelajari Teknik Blow Dry yang Tepat

Beberapa orang memang memiliki kebiasaan melakukan blow dry, khususnya saat hendak pergi ke acara-acara tertentu. Melakukan blow dry untuk menata rambut sehabis keramas memang sah-sah saja dilakukan, asal tidak terlalu sering. Meski begitu, Kamu sebaiknya selalu melakukan blow dry dengan teknik yang benar untuk menghindari masalah rambut mengembang.

Gunakan sisir berbentuk pipih atau sisir sikat bundar besar. Pastikan angin yang keluar dari hair dryer mengarah dari atas ke bawah setiap helaian rambut. Hal ini membantu menghaluskan kutikula rambut dan menguraikan rambut yang kusut. Dengan begitu, risiko rambut mengembang setelah blow dry bisa dihindari.

 

Itulah tips agar rambut tidak mengembang. Mudah saja kan caranya? Semoga membantu, ya!

 

*sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/cara-mengatasi-rambut-mengembang-agar-hindari-bad-hair-day

https://www.tresemme.com/id/kebutuhan-rambut/rambut-kusut-dan-kusam/6-cara-mengatasi-rambut-mengembang-dengan-langkah-sederhana.html