9 Cara Meningkatkan Kesehatan dan Kecantikan dengan Biji dan Buah Alpukat, buah alpukat adalah salah satu buah yang banyak diminati. Buah alpukat ini bisa diolah menjadi jus hingga diolah dalam berbagai masakan.

Sayangnya, biji alpukat kebanyakan tidak diolah dan dibuang begitu saja. Padahal biji alpukat ini kaya akan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Bagi kamu yang ingin memanfaatkan biji dan buah alpukat untuk meningkatkan kesehatan serta kecantikan, berikut dLuz bagikan tipsnya:

Manfaat Alpukat

Manfaat Biji Alpukat

Biji alpukat memiliki sifat bakterisida dan fungisida. Ini berarti bahwa biji alpukat mampu menetralkan berbagai mikroorganisme berbahaya. Selain itu, biji-bijian mengandung saponin yang meningkatkan metabolisme kita dan membantu tubuh kita menyingkirkan kolesterol “jahat”. Selain itu, produk ini mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin C.

Berkat efek antibakterinya, biji alpukat dapat mengatasi jerawat, rambut berminyak, dan ketombe. Mereka juga memiliki pengaruh yang baik pada warna kulit dan kesehatan rambut kita.

Baca Juga :  Kenali Penyebab Ketoasidosis Diabetik, Berikut Gejalanya

Manfaat Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung karotenoid, termasuk lutein dan zeaxhantin, yang dapat mencegah penuaan dini akibat paparan radikal bebas berlebih. Selain itu buah alpukat kaya akan kandungan vitamin C, vitamin E, dan asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Cara Meningkatkan Kesehatan dan Kecantikan dengan Biji dan Buah Alpukat

  1. Scrub

Campur biji alpukat parut dengan kopi bubuk, tambahkan garam laut, dan oleskan pada kulit Anda dengan gerakan lembut.

  1. Krim Pengering Jerawat

Campurkan air hangat dan parutan biji hingga adonan terlihat seperti pasta. Untuk efek yang lebih baik, tambahkan beberapa tetes minyak pohon teh. Oleskan perawatan hanya pada jerawat Anda dan biarkan selama 4-6 menit.

  1. Masker wajah

Campur lubang parut dengan tanah liat bubuk, tambahkan sedikit air, dan oleskan ke wajah Anda, hindari mengoleskan di area mata. Setelah 15 menit, cuci muka dan oleskan krim pelembab.

  1. Pembilas rambut
Baca Juga :  Tips Aturan Minum 8 Gelas Sehari Saat Puasa, Mana Yang Lebih Baik?

Tambahkan air dalam panci dengan biji alpukat parut. Rebus air dengan suhu rendah selama 30 menit. Saring campuran dan bilas rambut Anda dengan air ini setelah Anda mencucinya.

  1. Salad

Semua jenis salad terasa enak dengan parutan biji alpukat, tetapi kami menyarankan untuk mencampur bubuk biji dengan sayuran dan alpukat. Potong sayuran favorit Anda menjadi beberapa bagian dan tambahkan sedikit bubuk. Anda juga bisa menambahkan telur, daging rebus, atau ikan jika Anda mau.

  1. Smoothie

Kocok 2 cangkir susu almond, pisang, seledri, bayam, dan 1 sdt bubuk biji alpukat ke dalam blender. Omong-omong, Anda dapat menggunakan resep lain yang Anda suka, tetapi perlu diingat bahwa biji alpukat cukup pahit, jadi lebih baik menambahkan sesuatu yang manis.

  1. Sup krim

Tumis bawang bombay, tambahkan daging buah alpukat, dan 15 fl ons kaldu sayuran. Tunggu sampai sup mendidih dan masukkan ke dalam blender. Tuang sup ke dalam mangkuk dan taburi dengan biji alpukat parut.

  1. Krim Anti Stretch Mark
Baca Juga :  Penyakit Kanker Sarkoma, Simak Gejala dan Cara Penanganannya

Campurkan 1 buah alpukat matang dan 2 sendok makan minyak almond secara menyeluruh. Kemudian oleskan krim di ujung jari dan pijat area yang terkena. Biarkan krim selama 35 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi 2-3 kali seminggu.

  1. Scrub Kaki

Campurkan 1 sendok makan garam, 1 sendok makan gula, 2 tetes minyak esensial jeruk, dan setengah buah alpukat. Mandi lalu pijat tumit Anda dengan scrub dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat dan kenakan kaus kaki hangat. Anda dapat mengulangi prosedur ini 2 kali seminggu.

9 Cara Meningkatkan Kesehatan dan Kecantikan dengan Biji dan Buah Alpukat

(brightside.me, foto ilustrasi: Foodie Factor from Pexels)


Live Streaming