5 Tips saat Daftar SNMPTN 2022. Karena tahap ini sangat penting, maka siswa perlu melakukan pengisian dengan hati-hati. Dalam hal ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengingatkan beberapa hal yang semestinya dilakukan dan dihindari oleh siswa.

Agar sukses dalam pendaftaran SNMPTN 2022, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh siswa. Proses penting ini sendiri ditutup tanggal 28 Februari 2022 pukul 15.00 WIB.


5 Tips saat Daftar SNMPTN 2022

Melansir Instagram Ditjen Diktiristek, Kamis (17/2/2022), berikut hal yang harus dihindari dalam pendaftaran SNMPTN 2022:

5 Hal yang Harus Dihindari dalam Pendaftaran SNMPTN 2022

  • Tergesa-gesa saat mengisi data pendaftaran
  • Mendaftar di hari terakhir, hal ini berisiko gangguan sistem
  • Memilih prodi hanya berdasarkan keketatan rendah
  • Tertinggal/tidak melakukan daftar ulang saat dinyatakan lulus SNMPTN 2022
  • Mengabaikan informasi resmi, misalnya yang bersumber dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)
Baca Juga :  SOAL Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS Semester 1 Halaman 283 284 285 286 Soal Pilihan Ganda dan ESSAI

Lantas, apa saja yang harus dilakukan dalam pendaftaran SNMPTN 2022? Simak beberapa tips dari Kemendikbudristek dan LTMPT berikut ini agar pendaftaran kalian lancar!

5 Tips saat Daftar SNMPTN 2022

5 Hal yang Harus Dilakukan dalam Pendaftaran SNMPTN 2022

1. Pilih Prodi Sesuai Minat

Pihak LTMPT berkali-kali menegaskan, pemilihan prodi harus sesuai dengan minat dan passion. Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto dalam konferensi pers Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2022 pada permulaan Januari lalu.

“Memilih prodi itu sebaiknya berdasarkan passion, minat, dan bakat dan tau mau jadi apa di masa depan dan paham profesi masa depan itu seperti apa dan apakah bahagia atau tidak melakukan pekerjaan itu,” ujar Wikan.

2. Pilih Prodi Sebagaimana Ketentuan

Kembali mengingatkan, pilih dua prodi dari satu PTN atau dua PTN dalam pendaftaran SNMPTN 2022. Jika memilih dua prodi, maka salah satunya harus ada di PTN yang lokasinya satu provinsi dengan sekolah asal. Apabila memilih satu, maka bisa memilih PTN di provinsi mana saja.

Baca Juga :  Fasilitas Bukit Cinta Anti Galau, Destinasi Wisata Cirebon yang Instagrammable

5 Tips saat Daftar SNMPTN 2022

3. Ingat Jadwal SNMPTN 2022

Seperti disebutkan sebelumnya, pendaftaran SNMPTN ditutup pada 28 Februari 2022. Pengumumannya akan diberikan 29 Maret 2022.

Dalam informasi yang terbaru, LTMPT juga mengumumkan registrasi akun dan simpan permanen khusus untuk peserta SNMPTN 2022 ditutup 28 Februari ini pukul 15.00 WIB.

4. Persiapkan Berkas yang Dibutuhkan

Bagi siswa yang mempunyai penghargaan kejuaraan, bukti sertifikatnya bisa diunggah dalam proses pendaftaran. Maksimal hanya tiga buah scan sertifikat dan minimal kejuaraan setingkat kabupaten/kota.

Selain itu, siswa yang memilih prodi bidang seni dan olahraga juga wajib mempersiapkan portofolio. Ketentuan portofolio tiap prodi bisa dilihat di menu Unduhan yang ada di laman LTMPT.

Baca Juga :  Fasilitas Bukit Cinta Anti Galau, Destinasi Wisata Cirebon yang Instagrammable

5 Tips saat Daftar SNMPTN 2022

5. Cek Kembali Data yang Sudah Diisi

Ketika sudah selesai memilih prodi, PTN, mengunggah bukti prestasi (jika ada), dan portofolio (jika diminta), maka siswa perlu mengecek kembali data yang diisikan. Jika sudah yakin, siswa bisa melakukan finalisasi.

Jangan sampai melewatkan tahap finalisasi karena langkah ini dibutuhkan untuk bisa mencetak kartu registrasi.

Sebelum memilih prodi dan PTN, siswa juga bisa melihat syarat jurusan dan tingkat persaingannya melalui menu Daftar PTN untuk Jalur SNMPTN 2022 di situs LTMPT. Sehingga, kalian bisa mempertimbangkan lebih matang. Semoga sukses!

5 Tips saat Daftar SNMPTN 2022

Sumber : detik.com


Tags : , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming