Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Kunci Jawaban Soal IPA Kelas 7 SMP MTs Uji Kompetensi Bab 6 Nomor 1-3 Halaman 167, Artikel ini berisi kunci jawaban IPA soal nomor 1-3 Uji Kompetensi Bab 6 halaman 167.

Kunci jawabn IPA kelas 7 SMP MTs Uji Kompetensi Bab 6 pada Buku Kemendikbud Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Kunci jawaban ini dapat dijadikan referensi bagi adik-adik untuk mengerjakan soal menjelaskan susunan tata surya.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Soal IPA Kelas 7 SMP MTs Uji Kompetensi Bab 6 Nomor 1-3 Halaman 167

1. Jelaskan susunan Tata Surya.

Jawaban:

Susunan tata surya adalah matahari, planet dalam, planet luar, komet, meteoroid, dan asteroid yang mengelilingi matahari.

Secara umum, susunan tata surya dipimpin oleh bintang yang sangat panas yang menjadi pusatnya yaitu matahari. Matahari menjadi pusat dan dikelilingi oleh benda langit seperti planet, asteroid, komet, satelit alam dan lain-lain.

Sistem tata surya dipercaya telah terbentuk sejak 4,6 miliar tahun yang lalu. Sistem tata surya terletak di galaksi Bima Sakti. Jika dilihat dari luar, galaksi ini berbentuk spiral putus-putus.

Dikutip dari buku Mari Belajar Ilmu Alam Sekitar untuk Kelas IX SMP karangan Sukis Wariyono dkk (2008: 229), Bima Sakti terdiri atas 200 miliar bintang, dan di bagian tengah galaksi terdiri atas bintang-bintang tua.

Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya, planet-planet, serta benda-benda langit lainnya. Semua objek yang berada di tata surya terikat oleh gaya gravitasi yang dimilikinya.

Susunan tata surya terdiri atas matahari, delapan planet, asteroid, meteor, meteorid, dan komet. Berikut masing-masing penjelasannya, yang dirangkum dari buku Kuasai Materi Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas 4,5, dan 6 terbitan Tim Grasindo (2019: 159).

2. Mengapa Matahari yang menjadi pusat Tata Surya? Jelaskan.

Jawaban:

Matahari menjadi pusat tata surya karena benda-benda langit mengelilingi matahari dengan garis edarnya masing-masing.

Matahari menjadi pusat tata surya karena semua benda langit berputar mengelilingi matahari dengan lintasan berbentuk elips. Dalam setiap revolusinya anggota tata surya pada suatu saat berada dekat dengan matahari.

Baca Juga: Dampak yang akan Terjadi Apabila Tidak Ada Gas Rumah Kaca, Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP MTs Uji Kompetensi 4

3. Dari manakah energi Matahari dihasilkan?

Jawaban:

Energi matahari dihasilkan dari inti matahari.

Energi yang dihasilkan matahari berasal dari reaksi fusi. Mengutip dari modul Menjaga Bumi Tetap Lestari Fisika Paket C yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, reaksi fusi adalah penggabungan empat inti hidrogen menjadi inti helium yang terjadi di dalam inti matahari.

Disclaimer:
1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,