5 Pilihan Kuliah Kesehatan selain Kedokteran. Masuk jurusan kedokteran saat kuliah seringkali mengundang decak kagum. Selain tes masuknya tidak mudah, untuk bisa lulus pun tidak kalah sulit. Namun, selain jurusan kedokteran, ada pula jurusan lain di bidang kesehatan yang peluang kerjanya berpotensi lebih luas, lho. Di antaranya sebagai berikut.



5 Pilihan Kuliah Kesehatan selain Kedokteran

  1. Ilmu Gizi

Jurusan ilmu gizi masuk dalam jurusan terbaik di bidang kesehatan selain kedokteran, lho. Sebab, setiap perusahaan yang bergerak di bidang pangan harus memiliki ahli gizi. Tujuannya agar produk yang akan diluncurkan ke masyarakat, nantinya tidak akan menimbulkan bahaya. Tanpa ahli gizi, bisa dibilang tamatlah riwayat perusahaan.

  1. Kebidanan



Selain kedokteran, jurusan kebidanan juga sangat potensial, karena memiliki lapangan kerja yang tinggi. Jasa bidan kini terus semakin dihargai karena setiap kelahiran bayi pasti mahal. Sehingga, bagi yang tidak memiliki uang yang cukup untuk melahirkan ke rumah sakit, maka memilih jasa bidan bisa menjadi jalan tengah.

  1. Farmasi

Farmasi juga termasuk jurusan kuliah kesehatan yang potensial, lho, Sobat Phi. Tugasnya adalah melakukan formulasi, analisis struktur senyawa dalam obat, dan sebagainya. Pendek kata, ahli farmasi bertugas memastikan validitas obat sebelum sampai ke masyarakat.

  1. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan

Tugas lulusan dari jurusan ini adalah terjun ke lapangan untuk mengkaji kondisi kesehatan masyarakat, mengolah informasi, dan membentuk indikator tertentu. Pekerjaan mereka berkaitan dengan produk obat-obatan yang dibuat oleh lulusan farmasi.

  1. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Jurusan memang kurang populer. Biasanya, orang yang ahli di bidang ini akan ditempatkan sebagai konsultan. Tidak jarang pula ditempatkan sebagai pengawas yang bertugas memastikan para pekerja di perusahaan tidak melakukan tindakan berbahaya.

5 Pilihan Kuliah Kesehatan selain Kedokteran



Apapun jurusannya, ketika jurusan itu hadir di perguruan tinggi, itu artinya peluang kerja tetap ada. Hanya saja, Sobat Phi mesti pandai-pandai mengenalinya sambil mendalami kemampuanmu sendiri.

sumber: swara.tunaiku

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Mendikbud-Nadiem-Makarim-Bagi-7-Tips-Pembelajaran-Jarak-Jauh
Mendikbud Nadiem Makarim Bagi 7 Tips Pembelajaran Jarak Jauh

4-Tips-Memilih-Jurusan-Kuliah-yang-Tepat
4 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Ikuti-Program-Pembatik-2020-Pembelajaran-berbasis-TIK-2020
Ikuti Program Pembatik 2020 : Pembelajaran berbasis TIK 2020

Close