4 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat. Lulus dari SMA, ternyata masih banyak yang merasa kebingungan memilih jurusan perkuliahan. Apakah Sobat Phi salah satunya? Berikut ini PhiRadio sudah merangkum lima tips untuk kamu supaya tidak bingung memilih jurusan kuliah. Disimak, ya!

4 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

  1. Tes Psikologi

Jangan remehkan hasil tes piskologi ya Sobat Phi, karena tes ini bermanfaat untuk mengenal dirimu lebih dalam. Tes minat dan bakat adalah salah satu cara paling jitu untuk mengetahui karaktermu, gaya kerja, serta kemampuan dan passion-mu. Hasilnya bisa menjadi acuan dalam menentukan jurusan kuliahmu.



  1. Sesuaikan dengan Hobi

Hobi adalah sesuatu yang menyenangkan untuk ditekuni. Dengan mengambil jurusan kuliah sesuai dengan hobi dan minat, Sobat Phi akan menjalani perkuliahan dengan perasaan yang lebih menyenangkan. Nah, kalau hobi dan minatmu banyak, cari tahu mana yang paling kamu sukai dan punya prospek cerah di masa depan.

  1. Pertimbangkan Bakat

Selain menilik hobi, Sobat Phi juga bisa menyesuaikan jurusan kuliah dengan bakat. Sebagai contoh, kalau kamu pandai di komputasi dan pemrograman, daftar saja di IT. Atau, kamu jago menulis prosa, kenapa nggak daftar di jurusan sastra? Kalau masih bingung, kamu juga bisa mempertimbangkan pelajaran yang unggul di rapormu dan mencari jurusan yang sesuai.



  1. Riset Pekerjaan Idaman

Apa sih yang jadi cita-citamu di masa depan? Kamu mungkin memiliki beberapa referensi profesi yang jadi idamanmu. Coba kenali terlebih dulu seluk-beluk profesi tersebut. Nah, hasil risetmu bisa menjadi referensi dalam memilih jurusan kuliah.

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat jelas bukanlah hal yang main-main. Sebab, Sobat Phi akan menjalaninya sampai lulus. Jurusan yang kamu pilih sedikit banyak akan menentukan profesi dan karirmu kelak. Jadi, pastikan kamu sudah mempertimbangkan jurusan pilihanmu secara matang. Semoga kamu mendapat jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginanmu, ya!



sumber: swara.tunaiku

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Ikuti-Program-Pembatik-2020-Pembelajaran-berbasis-TIK-2020
Ikuti Program Pembatik 2020 : Pembelajaran berbasis TIK 2020

Jadwal-Acara-Belajar-Dari-Rumah-di-TVRI-Hari-Jumat-8-Mei-2020
Materi Soal Belajar Dari Rumah Di TVRI SD Kelas 1-3, SD Kelas 4-6, SMP, SMA Jumat 8 Mei 2020

5-Rekomendasi-Pilihan-Jurusan-SMK
5 Rekomendasi Pilihan Jurusan SMK

Close