Greeone

5 Manfaat Konsumsi Belimbing Bagi Ibu Hamil. Saat hamil seorang ibu disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Hal ini untuk menunjang tumbuh kembang gizi bayi dalam tubuh.

5 Manfaat Konsumsi Belimbing Bagi Ibu Hamil

Baca Yuk :

Melansir dari Sehatq, salah satu asupan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah belimbing atau Averrhoa starfruit. Belimbing adalah buah tropis yang banyak terdapat di kawasan Asia, termasuk Indonesia. Buah yang memiliki bentuk seperti bintang ini memiliki rasa yang sedikit asam.

Selain menyegarkan, belimbing juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh, termasuk untuk ibu hamil.

Mengutip dari data Komposisi Pangan Indonesia, Belimbing memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan. Berbagai gizi yang terdapat dalam belimbing diantaranya energi, protein, lemak, serat, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin C, vitamin B1, beta karoten dan masih banyak lagi.

Berdasarkan kandungan nutrisi-nutrisi tersebut, manfaat belimbing tentu sangat banyak bagi kesehatan, termasuk untuk ibu hamil. Jus belimbing untuk ibu hamil bisa menjadi cara menyenangkan mengonsumsi belimbing dan mendapatkan manfaatnya.

Meski sebenarnya mengonsumsi buahnya langsung tetap jadi cara terbaik. Berikut beberapa manfaat Belimbing bagi kesehatan Ibu Hamil seperti mengutip dari  laman Sehatq.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Belimbing merupakan sumber vitamin C, beta karoten, dan antioksidan. Ketiganya diketahui mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Terlebih, di saat hamil tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Untuk itu, dibutuhkan asupan makanan yang bisa memperkuat sistem imun

2. Mengatasi infeksi dan peradangan

Masih berkaitan dengan manfaat belimbing untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam belimbing juga mampu mengurangi stres oksidatif yang terjadi saat tubuh terserang infeksi atau mengalami peradangan.

Kandungan tersebut sangat dibutuhkan tubuh selama masa penyembuhan melawan infeksi atau peradangan.

3. Mengatasi sembelit saat hamil

Sembelit saat hamil juga merupakan keluhan kesehatan yang umum terjadi. Itu sebabnya, ibu hamil dianjurkan untuk konsumsi serat guna mengatasi konstipasi yang terjadi.

Buah belimbing mengandung serat larut dan tidak larut air. Kedua jenis serat ini sangat dibutuhkan untuk memperlancar BAB.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Belimbing telah sejak lama dikenal sebagai salah satu buah untuk hipertensi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga merupakan salah satu masalah kehamilan yang umum terjadi. Tingginya tekanan darah dapat menyebabkan preeklampsia.
Makan makanan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi bisa menjadi salah satu cara mengontrol tekanan darah pada ibu hamil.

Belimbing memiliki kandungan kalium atau potasium yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang menjadikan belimbing sebagai salah satu pilihan buah untuk mengatasi tekanan darah tinggi, termasuk pada ibu hamil.

5. Mengontrol kadar gula darah

Belimbing merupakan buah dengan kandungan serat yang cukup tinggi dan punya indeks glikemik rendah. Serat yang tinggi diketahui dapat membantu penyerapan glukosa dalam darah secara perlahan. Artinya, gula darah tidak akan melonjak tinggi setelah makan.

Hal ini sangat baik untuk menurunkan risiko diabetes bahkan mencegah komplikasi. Sebagaimana diketahui bahwa diabetes saat hamil merupakan salah satu komplikasi kehamilan yang bisa muncul. Kondisi ini dengan diabetes gestasional.

5 Manfaat Konsumsi Belimbing Bagi Ibu Hamil

Sumber: Sehatq

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , , ,

Streaming Now