Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Kandungan Gizi Baik Pisang Rebus Untuk Pencernaan. Mengonsumsi pisang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pisang bisa dikonsumsi dengan digoreng terlebih dahulu, direbus, dibakar atau bahkan dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

Kandungan Gizi Baik Pisang Rebus Untuk Pencernaan

Baca Yuk :

Melansir dari Sehatq, salah satu pengolahan pisang yang paling sehat yakni dengan cara direbus. isang rebus juga bisa dimakan langsung maupun dinikmati sebagai teh pisang. Manfaat pisang rebus untuk kesehatan pun tak kalah melimpah dari pisang segar.

Secara umum, pisang rebus merupakan asupan yang rendah kalori. Namun, kandungan kalori pisang rebus dapat berbeda-beda tergantung jenis pisang yang digunakan serta metode penyajiannya.

Pisang rebus berukuran sedang mengandung sekitar 105 kalori tanpa kandungan lemak dan kolesterol. Pada pisang juga terdapat 1 gram protein serta 422 kalium. Selain itu, buah ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi.

Meski kalorinya rendah, kandungan karbohidrat pada pisang berukuran sedang ternyata cukup tinggi yaitu 27 gram. Ini lebih dari dua potong roti tawar. Buah ini juga memiliki beberapa nutrisi larut air seperti vitamin B6, kalium, magnesium, mangan, dan tembaga.

Manfaat Pisang Rebus Bagi Kesehatan

Manfaat pisang rebus untuk kesehatan bisa didapatkan dengan dikonsumsi langsung, dibuat teh pisang tanpa kulit atau dengan kulitnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat pisang rebus untuk kesehatan:

1. Menjaga pencernaan tubuh

Pisang yang diolah menjadi pisang rebus biasanya menggunakan yang masih belum terlalu matang. Pisang jenis ini memiliki kandungan serat, prebiotik dan probiotik yang dapat membantu pencernaan. Pisang hijau juga telah terbukti mampu mengatasi diare. Selain itu, pisang rebus bermanfaat meringankan masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS).

2. Mencegah pembengkakan

Kalau Anda sering mengonsumsi makanan tinggi sodium, maka risiko terjadinya pembengkakan di beberapa bagian tubuh akan meningkat. Pasalnya, sodium bisa menganggu keseimbangan cairan dan membuat cairan menumpuk di satu bagian tubuh.

Kalium yang ada di dalam pisang rebus bisa membantu kembali menyeimbangkan carian, sehingga bengkak bisa dihindari. Mineral ini juga dapat memberi sinyal pada ginjal untuk membuang natrium melalui urin lebih banyak, sehingga tidak terjadi penumpukan cairan di tubuh.

3. Mengatasi gangguan tidur

Kandungan kalium, magnesium, dan triptofan pada pisang diklaim mampu membantu memperbaiki siklus tidur. Zat-zat tersebut mampu membuat tidur lebih berkualitas dan lebih lama dengan cara membuat otot lebih rileks dan merangsang produksi hormon tidur yakni serotonin dan melatonin.

4. Sebagai pemanis alamai

Pisang memiliki rasa manis alami yang bisa jadi alternatif lebih sehat saat Anda ingin mengonsumsi minuman manis. Mengonsumsi teh pisang tanpa tambahan gula dapat menggantikan berbagai jenis minuman lain yang cenderung tinggi gula, khususnya minuman kemasan.

5. Mengatasi gangguan tidur

Kandungan kalium, magnesium, dan triptofan pada pisang diklaim mampu membantu memperbaiki siklus tidur. Zat-zat tersebut mampu membuat tidur lebih berkualitas dan lebih lama dengan cara membuat otot lebih rileks dan merangsang produksi hormon tidur yakni serotonin dan melatonin.

Kandungan Gizi Baik Pisang Rebus Untuk Pencernaan

Sumber: Sehatq

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , , , ,

Streaming Now