5 Makanan Tinggi Serat yang Dapat Kecilkan Perut Buncit, olahraga menjadi salah satu penunjang agar kalori di dalam tubuh dapat terbakar lebih cepat.

Selain olahaga secara rutin, ada juga makanan tinggi serat sehingga dapat bermanfaat untuk mengecilkan perut.

5 Makanan Tinggi Serat yang Dapat Kecilkan Perut Buncit

Berikut 5 makanan sehat tinggi kandungan serat larut yang bisa membantu mengecilkan perut buncit seperti dilansir dari Eat This,yang telah dLuz rangkum yaitu:

  1. Kacang hitam
    Semua jenis kacang dan biji-bijian adalah sumber serat larut yang besar. Satu porsi kacang hitam menyediakan hampir 15 gram serat total dengan sepertiganya berasal dari serat larut.
  2. Gandum (Oatmeal)
    Oatmeal terkenal dengan manfaat kesehatan terhadap jantung, tetapi tak banyak yang tahu bahwa gandum ternyata memiliki serat larut yang baik untuk proses metabolism tubuh Anda. Satu cangkir oat yang dimasak menghasilkan empat gram serat total dan dua gram serat larut. Itu hampir 15 persen dari tujuan serat harian yang direkomendasikan dari 25 gram serat per hari untuk wanita.
  3. Buah Plum
    Tiga buah plum memiliki empat gram serat total dengan lebih dari setengahnya berasal dari serat larut. Plum juga bisa memberikan dorongan serat cepat saat ditambahkan ke dalam yogurt, smoothie, atau sereal. Dengan rutin mengkonsumsi buah plum, Anda dapat mengurangi lingkar pinggang.
  4. Barley
    Barley sendiri masih masuk keluarga gandum. Barley banyak mengandung manfaat, salah satunya memberikan manfaat kesehatan yang serius karena kandungan seratnya yang tinggi. Satu cangkir barley yang dimasak menghasilkan enam gram serat total selain kandungan beta-glukan penurun kolesterolnya. Memasak barley mirip dengan nasi merah dan dapat dengan cepat ditambahkan ke dalam sup, semur, salad, atau sebagai lauk cepat.
  5. Biji chia (Chia Seeds)
    Satu porsi yang disajikan hanya dengan dua sendok makan, mengandung hampir 10 gram serat total. Biji chia juga bermanfaat pada kesehatan yang mendukung pencernaan yang sehat karena biji chia cenderung menyerap air di dalam saluran pencernaan dan membantu Anda tetap teratur.
Baca Juga :  Jawaban Apakah Boleh Minum Kopi Ketika Sahur?

Makanan berserat tinggi dapat membantu mengecilkan perut buncit karena membantu tubuh agar kenyang lebih lama. Serat akan menahan makanan lebih lama di saluran pencernaan.

Kandungan serat tinggi yang masuk ke dalam tubuh akan larut dan berubah menjadi gel pada saat bersentuhan dengan air. Selanjutnya, serta yang sudah menjadi gel tersebut akan mengoptimalkan waktu penyerapan nutrisi dan memperlambat perut menjadi kosong.

Pada beberapa studi yang sudah dilakukan mengungkapkan bahwa salah satu cara mengecilkan perut buncit adalah memberikan asupan serat yang cukup untuk tubuh. Dalam studi tersebut berhasil membuktikan jika serat dapat memperlambat penyerapan makanan, sehingga dapat lebih lama untuk mempertahankan rasa kenyang.

Baca Juga :  Penyakit Kanker Sarkoma, Simak Gejala dan Cara Penanganannya

Referfensi:gramedia.com, cnbcindonesia