5 Alasan Jurusan Arsitektur Jadi Dambaan. Begitu lulus dari SMA, jenjang pendidikan selanjutnya sudah menanti di depan mata. Melanjutkan kuliah di universitas idaman dengan jurusan yang sesuai bakat dan minat pastinya menjadi harapan. Di antara sekian banyak jurusan yang ada, arsitektur bisa menjadi alternatif. Kita simak alasannya, yuk!

5 Alasan Jurusan Arsitektur Jadi Dambaan



  1. Prospek Karir

Arsitek merupakan salah satu profesi yang selalu diperlukan, sehingga membuka banyak peluang usaha. Apalagi jika berada di kota-kota besar, banyak orang yang membutuhkan jasa seorang arsitek. Baik untuk membuat bangunan baru atau merenovasinya.

Selain itu, mereka yang belajar di jurusan arsitektur juga dapat merambah berbagai profesi lainnya seperti interior designer, real estate, construction designer, graphic designer, hingga ahli tata kota. Kamu pun juga bisa menjadi bos sendiri, tanpa harus tergantung pada orang lain, sehingga jam kerjanya lebih fleksibel didukung oleh pengaturan waktu yang cukup baik.

  1. Banyak Jalan-jalan

Selama ini banyak orang beranggapan kuliah di jurusan ekonomi, hukum, maupun ilmu sosial lebih santai dan mudah, jika dibandingkan dengan jurusan teknik. Tapi, berbeda saat merasakan masuk ke jurusan arsitektur, karena tugasnya lebih banyak diselesaikan sambil berjalan-jalan.



Bukan sepenuhnya liburan, karena mahasiswa sering diminta melakukan survey ke sebuah bangunan atau tempat yang berada di dalam maupun luar negeri. Hal ini diperlukan untuk mengasah kemampuan dalam melihat sebuah bangunan apakah sesuai dengan fungsinya, nyaman atau tidak, dan bernilai estetika.

  1. Tempat Belajar Fleksibel

Mahasiswa jurusan arsitektur dapat belajar di mana saja. Hal ini dapat mengasah dan meningkatkan imajinasi lalu menuangkannya dalam rancangan bangunan. Tidak heran jika mereka yang memilih jurusan ini selalu membawa alat tulis, buku sketsa, dan laptop untuk belajar dan menyelesaikan tugasnya.

  1. Berwawasan Luas

Bisa dibilang, jurusan arsitektur mengajarkan ilmu yang cukup luas. Arsitek tidak hanya melulu berhubungan dengan bangunannya, tapi juga manusianya dan lingkungan di sekitarnya. Selain bertugas merancang sebuah bangunan, ada banyak faktor lain yang harus diketahui. Misalnya mempelajari struktur tanah, taman dan arsitektur lansekap.

  1. Selalu Update

Seorang arsitek diharapkan untuk terus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, sehingga tidak boleh berhenti berinovasi. Hal ini membuat mahasiswa jurusan arsitektur cukup melek teknologi, sehingga nantinya dapat mempermudah pekerjaannya dan membuat klien puas dengan hasil kerjanya.



5 Alasan Jurusan Arsitektur Jadi Dambaan

Tertarik belajar di jurusan arsitektur? Pilihlah kampus yang tepat untuk mewujudkan impianmu sebagai arsitek andal. Sudah banyak kok PTN maupun PTS yang memiliki jurusan ini. Pastikan kamu memilihnya dengan tepat ya, Sobat Phi.

*source: merdeka.com

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jurusan Kuliah Idaman
Jurusan Kuliah Idaman

Jurusan Kuliah Paling Nyeleneh di Dunia
Jurusan Kuliah Paling Nyeleneh di Dunia

program-studi-s2-terapan-di-emapat-politeknik-a
Kemendikbud Buka Program Studi S-2 Terapan di Empat Politeknik

Close