Tips Investasi Saham Untuk Generasi Milenial. Saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan. Perusahaan yang sahamnya dapat dibeli di Bursa Efek Indonesia disebut Perusahaan Tercatat. Saham merupakan salah satu produk pasar modal yang menjadi salah satu instrumen investasi untuk jangka panjang. Dengan membeli saham perusahaan, maka kita menjadi pemilik perusahaan tersebut.

Tips Investasi Saham Untuk Generasi Milenial

Tahun 2021 pasar saham Indonesia diproyeksikan memiliki kinerja yang positif. Hal ini mengacu pada sentimen positif yang membanjiri pasar, semisal suku bunga global rendah, pemulihan ekonomi global hingga vaksinasi massal. Dalam melakukan investasi saham, calon investor harus melalui broker atau sekuritas untuk melakukan jual beli sahamnya.



Berikut adalah alasan mengapa investasi saham bisa menjadi pertimbangan kaum milenial :

1. Investasi saham itu simple

Investasi saham itu pada praktiknya sederhana dan mudah dan berpotensi mendapatkan keuntungan. Kamu cukup membuat rekening saham di sekuritas, setelah itu jual belinya bisa dari mana saja dengan fitur online trading. Modalnya awalnya relatif rendah, cuma Rp100.000 Sobat Phi sudah bisa mulai berinvestasi saham. Investasi saham bukan lagi hanya milik investor kelas kakap dengan modal ratusan juta. Kini pemerintah berupaya mengikutsertakan masyarakat untuk berinvestasi termasuk dalam instrumen saham.

2. Potensi hasilnya sangat besar

Saham adalah salah satu pilihan instrumen investasi dengan potensi keuntungan yang besar. Kalau nggak percaya, bisa coba bandingkan sendiri keuntungan antara investasi saham, properti, emas dan deposito. Pasar saham memang dikenal paling progresif memberikan keuntungan sehingga masih jadi favorit banyak investor. Selama 15 tahun atau dari 2003, IHSG sebagai acuan investasi saham menghasilkan hasil sebesar 1284% atau 19.91% setiap tahunnya. Sedangkan harga jual emas yang berada di posisi kedua hanya menghasilkan 293% atau 9.6% setiap tahunnya.

3. Merasakan punya perusahaan

Memiliki saham berarti mengantongi bukti kepemilikan atas perusahaan pilihan Sobat Phi. Misalnya kamu punya saham Bank BRI atau saham Indofood maka kamu adalah salah satu dari pemilik perusahaannya. Karena itu kamu berhak untuk ikutan RUPS setiap tahunnya dan juga berhak atas dividen dari perusahaan itu. Keren ga tuh? Semakin keren lagi jika kepemilikanmu ini akan berpengaruh pada isi rekeningmu. Bukan hanya hasil jual beli saham, kamu juga bisa mendapatkan pembagian keuntungan perusahaa. Tips yang bisa dicoba adalah memilih perusahaan yang kinerjanya stabil karena keuntungannya juga akan ikut stabil.

4. Semakin cepat mulai semakin besar hasilnya

Generasi milenial tergolong muda yaitu dengan umur berkisar 17-35 tahun. Jika dibandingkan generasi baby boomer, maka Sobat Phi bisa memiliki jangka waktu investasi yang lebih panjang. Keuntungannya jelas jauh lebih tinggi karena memulai investasi di usia yang lebih muda.

5. Untuk menikmati masa tua

Investasi membutuhkan jangka waktu cukup lama baru terasa hasilnya. Jika membeli saham sekarang dan dijadikan investasi jangka panjang maka kamu kamu bisa menikmati hasilnya pada saat nanti sudah tua. Kamu tak perlu khawatir hidup kekurangan di usia senja karena kapitalisasi pasar pasti menunjukkan hasilnya. Investasi adalah cara cerdas untuk memaksimal uangmu dengan hasil yang juga lebih menjanjikan.



Berbeda dengan menanamkan usaha untuk membuka usaha, investasi saham tidak membutuhkan tenaga maupun risiko yang besar. Investasi saham juga tidak membutuhkan modal yang besar seperti investasi zaman dulu seperti kepemilikan tanah atau rumah. Tidak ada penyusutan nilai yang beresiko seperti rumah atau apartemen karena harganya pasti naik seiring dengan inflasi. Apalagi saat ini akses informasi sudah sangat mudah sehingga kamu bisa mendapatkan pengetahuan keuangan dengan sangat gampang.

Kamu bisa membekali diri dengan membaca laporan keuangan atau tren bisnis terkini untuk mendapatkan pertimbangan yang tepat. Bahkan kemajuan teknologi juga sangat memudahkan investor pemula untuk bermain saham atau produk investasi lainnya.

5 Alasan Untuk Investasi Saham Buat Milenial

Read previous post:
program-indonesia-pintar
Ada BLT Pelajar Sekolah Rp 2,2 Juta, Cek Syaratnya

Close