Pendaftaran akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahap 2 resmi dimulai pada Senin, 17 Februari 2020 pukul 14.00 WIB. Pendaftaran akun LTMPT tahap 2 sebelumnya dijadwalkan akan dimulai pada 7 Februari 2020 lalu, namun mengalami pengunduran dan akhirnya dilaksanakan pada 17 Februari dan berakhir pada 5 April 2020 mendatang.

Bagi siswa yang tidak bisa mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), bisa mengikuti proses jalur masuk lain yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Proses seleksi dan indikator penerimaan SBMPTN 2020 sendiri berpatok kepada hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Nah Sobat Phi, pendaftaran akun LTMPT tahap 2 ini, diperuntukan bagi siswa yang akan melaksanakan UTBK dan SBMPTN 2020. Dilansir dari Kompas.com, peserta yang bias mengikuti pendaftaran tahap 2 adalah:

  1. Siswa yang belummemilikiakun LTMPT; dan
  2. Siswa yang sudahmemilikiakun LTMPT tahappertamatetapibelummelakukansimpan data permanen.

Bagi sobat Phi yang belum melakukan pendaftaran akun LTMPT tahap kedua, Phiradio telah merangkum langkah-langkah registrasi akun LTMPT dan UTBK. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, untukregistrasiakun LTMPT, peserta harus terlebih dulu masuk ke portal.ltmpt.ac.id kemudian pilih akun “siswa”. Pada laman tersebut, peserta akan diminta mengisi beberapa data yang diperlukan. Data yang perlu disiapkan adalah Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.



Setelahnya, peserta dipastikan telah memiliki akun LTMPT. Untuk selanjutnya melakukan verifikasi data, dengan melakukan login terlebih dahulu dengan username/email dan password di laman yang sama, portal.ltmpt.ac.id.

Pilih menu “verifikasi dan validasi data siswa” untuk melakukan pengisian biodata, mengunggah foto berwarna terbaru, dan selanjutnya biodata diverifikasi.

Selanjutnya, untuk melakukan pendaftaran UTBK, pilih menu “pendaftaran UTBK”. Peserta diharuskan memilih lokasi pusat UTBK PTN, jenis ujian, dan sesi ujian untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

Kemudian, peserta melakukan pembayaran dengan menggunakan slip pembayaran. Pembayaran UTBK dilakukan selambat-lambatnya 24 jam setelah melakukan pendaftaran.

Setelah melakukan pendaftaran, peserta dapat mencetak kartu peserta UTBK dengan kembali melakukan login kelaman portal.ltmpt.ac.id. Jika sobat Phi telah melakukan tahapan-tahapan tersebut, hanya tinggal tesnya yang harus dipersiapkan. Jangan lupa perhatikan hari, tanggal, sesi, dan lokasi pusat UTBK yang dipilih.

UTBK sendiri dijadwalkan akan dilaksanakan pada 20-26 April 2020 mendatang. Nah bagaimana sobat Phi, sudah siap untuk melaksanakan UTBK?. (Ismi Hakim Azzahrah)

 

Read previous post:
Jadwal UN SMA 2020
Jadwal UN SMA/MA 2020, Sudah Siapkah?

Persyaratan SBMPTN 2020
Persyaratan SBMPTN 2020

SNMPTN 2020 ITB Tawarkan Kursi Terbanyak di 3 Jurusan
SNMPTN 2020 ITB Tawarkan Kursi Terbanyak di 3 Jurusan

Close