Kuota Internet Gratis Untuk Pelajar. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemberian subsidi kuota internet kepada pelajar, guru, dan dosen berlanjut di 2021. Pemerintah, dikatakan Sri Mulyani mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar Rp 550 triliun di tahun 2021. Namun, Sri Mulyani tidak merinci berapa anggaran yang disiapkan pemerintah untuk memberikan subsidi kuota internet kepada para pelajar, guru, dan dosen di tahun 2021. Pemberian subsidi kuota internet ini dalam rangka mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diberlakukan selaa pandemi COVID-19.

Kuota Internet Gratis Untuk Pelajar

Sementara itu Plt. Ketua Pusdatin Kemendikbud Hasan Chabibie mengatakan bahwa Kemendikbud berencana memperpanjang program pembelajaran jarak jauh, termasuk pemberikan subsidi kuota internet gratis pada tahun ini. Saat ini, Kemendikbud masih merumuskan mengenai teknis penyaluran, termasuk mengenai tarif yang dibayarkan ke operator seluler.



Berdasarkan siaran pers taklimat Kemendikbud mengenai capaian 2020 dan sasaran 2021, disebutkan bahwa salah satu fokus Merdeka Belajar 2021 adalah program digitalisasi sekolah dan medium pembelajaran melalui empat sistem penguatan platform digital.

Kemendikbud juga menyampaikan bahwa hingga Desember 2020, sebanyak 35,725 juta peserta didik dan tenaga pendidik telah menerima bantuan kuota data internet yang dikirim setiap bulannya. Sebelumnya, Kemendikbud membagikan kuota internet pada September – Desember 2020. Penyalurannya dibagi menjadi dua bentuk yakni kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi.

Perlu diketahui, bantuan kuota belajar Kemendikbud sudah bisa digunakan. Jumlahnya bervariasi mulai dari 20 GB sampai dengan 50 GB. Tergantung dari jenjang pendidikannya. Namun untuk kuota belajar diberikan sebesar 5GB. Mengutip laman resmi kuota-belajar.kemdikbud.go.id disebutkan rincian bantuan untuk peserta didik jenjang PAUD sebanyak 20 GB per bulan.



Kuota Internet Gratis Untuk Pelajar

Rinciannya 5 GB kuota umum dan 15 GB kuota belajar dengan durasi bantuan selama 4 bulan. Kemudian bantuan kuota belajar untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah 35 GB per bulan. Rinciannya 5 GB kuota umum dan 30 GB kuota belajar selama 4 bulan.

Read previous post:
kode-redeem-mobile-legends
Kode Redeem Mobile Legends (ML) 27 Januari 2021

Close