Hari gizi nasional 25 Januari 2021 , Sobat Phi, Hari gizi nasional  diperingati setiap tanggal 25 Januari. Peringatan ini sebagai bentuk upaya mengajak setiap masyarakat untuk peduli terhadap gizi walaupun saat ini kita sedang di masa pandemi COVID-19.

Hari gizi nasional  25 Januari 2021

Gizi atau nutrisi  adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan.





Penelitian di bidang nutrisi mempelajari hubungan antara makanan dan minuman terhadap kesehatan dan penyakit, khususnya dalam menentukan diet yang optimal.

Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal.

Jika gizi kurang pada anak usia dini akan berdampak pada rendahnya kemampuan kognitif dan kecerdasan anak, serta berpengaruh terhadap menurunnya produktivitas anak.

Untuk mengetahui perkembangan anak ada beberapa tanda-tanda perkembangan anak yang baik, diantaranya yakni:

  • Balita harus sudah dapat membalikkan badan pada usia 3 bulan
  • Balita sudah dapat tengkurap pada usia 4 bulan
  • Balita sudah dapat duduk pada usia 8 bulan
  • Balita sudah dapat berdiri pada usia 9 bulan
  • Balita sudah dapat berjalan pada usia 1 tahun
  • Balita sudah dapat mengucapkan beberapa kata di usia 2 tahun

Jika balita mengalami keterlambatan pada tahap-tahap perkembangan anak maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Gizi adalah faktor yang sangat penting untuk mewujudkan Manusia Indonesia yang sehat. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan gizi, terutama pada usia dini akan berdampak pada tumbuh kembang anak.

Baca Juga : Hari Gizi Nasional 

Bila kekurangan gizi pada waktu yang cukup lama maka akan menyebabkan stunting atau pemberhentian pertumbuhan. Stunting adalah keadaan berhentinya pertumbuhan pada anak.

Stunting atau pemberhentian pertumbuhan meliputi pertumbuhan tubuh dan otak. Penyakit Stunting menyebabkan anak memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan anak-anak lain yang seusia dengannya. Penyakit Stunting juga menyebabkan keterlambatan perkembangan cara berpikir.

Efek negatif stunting lainnya adalah kemampuan otak yang menurun, misalnya gangguan perhatian, gangguan belajar, menurunnya skor IQ, mudah lupa, berkurangnya kemampuan bersosialisasi, serta berkurangnya kemampuan memecahkan masalah. Semua itu akan terjadi jika keadaan kekurangan gizi berlanjut selama bertahun-tahun.





Pentingnya 1000 hari Pertama Kehidupan untuk pencegahan Stunting,  1000 hari kehidupan pertama dihitung dari proses pembuahan janin dalam rahim sampai 2 tahun setelah melahirkan atau gizi 1000 hari pertama kehidupan itu gizi yang diberikan selama 9 bulan ibu hamil atau 270 hari dalam kandungan, serta pada 2 tahun pertama pertumbuhan anak atau selama 730 hari .

Demikian tadi artikel tentang Hari gizi nasional  25 Januari 2021, semoga bermanfaat.

Read previous post:
blt-dana-desa
BLT Dana Desa Cair Januari 2021? Cek Infonya

10-Universitas-Terbaik-Di-Australia
10 Universitas Terbaik Di Australia Untuk Kesiapan Kerja Lulusannya

blt-pkh-program-keluarga-harapan
Tata Cara Mendapatkan BLT Ibu Hamil

Close