Cek 3 Jenis Bantuan Langsung Tunai BLT Kemensos. Mensos Risma kembali memberikan tiga jenis Bansos dalam bentuk tunai (BLT) yang mulai disalurkan pada Januari 2021, namun hanya untuk masyarakat golongan berikut ini.

Cek 3 Jenis Bantuan Langsung Tunai BLT Kemensos

Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan rincian tiga program bantuan sosial yang diberikan Kemensos. Menurutnya pada 2021, sesuai dengan alokasi anggaran dari APBN 2021, sektor perlindungan sosial mendapat anggaran senilai Rp408,8 triliun akan dibagi menjadi beberapa sektor.



Seperti yang disampaikan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharani Selasa, 29 Desmber 2020 lalu, yang juga menyampaikan perubahan bantuan sembako khusus daerah Jakarta berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Bantuan tersebut akan diantarkan langsung oleh petugas PT Pos Indonesia ke rumah masing-masing.

“Jadi tidak perlu datang ke kantor pos karena kita khawatirkan nanti timbul kerumunan karena itu akan diantar ke masing-masing alamat dengan teknik yang sudah diatur oleh Bu Mensos,” Ujar Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Selasa 29 Desember 2020 dilansir dari laman Fix Indonesia.

Harapan Mensos Risma ialah dalam seminggu di bulan Januari 2021 bansos dapat tersalurkan ke seluruh Indonesia terutama bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Kementerian Sosial merinci tiga program bantuan sosial tersebut adalah sebagai berikut:

1. Bansos PKH

Bansos PKH bagi 10 juta keluarga akan disalurkan setiap 3 bulan sekali sepanjang 2021 yaitu pada Januari, April, Juni dan Oktober. Pada Januari 2021 akan disalurkan sebesar Rp7,17 triliun. Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

2. Kartu Sembako atau Bansos BNPT Rp200 Ribu

Dengan target pertama 18,8 juta keluarga dan anggaran Rp45,12 triliun untuk Kartu Sembako atau Bansos BNPT Rp200 Ribu. Bansos yang tadinya berbentuk sembako untuk masyarakat di wilayah Jabodetabek itu menurut diubah menjadi bantuan tunai dan Bansos BNPT ini akan diberikan per bulan untuk masa Januari sampai dengan Desember 2021.

3. Bansos Tunai BST Rp300 Ribu

Sementara Bansos Tunai untuk 10 juta keluarga akan disalurkan sejumlah Rp3 triliun pada Januari 2021 sehingga keseluruhan anggaran yang disalurkan Januari adalah sebesar Rp13,93 triliun. Selanjutnya Bansos Tunai senilai Rp300 ribu per bulan per keluarga yang diberikan kepada mereka di luar penerima PKH dan Kartu Sembako untuk dimanfaatkan pembelian kebutuhan pokok dan makanan seperti beras, jagung, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan keperluan lain yang bermanfaat dalam menghadapi COVID-19 yang seluruhnya akan disalurkan di 34 provinsi di seluruh Indonesia.



Lebih lanjut Mensos Risma mengatakan, penyaluran semua jenis Bansos BLT 2021 akan bekerjasama dengan PT POS Indonesia untuk meminimalisir penyelewengan dana bantuan.

Cek 3 Jenis Bantuan Langsung Tunai BLT Kemensos

Sumber fixindonesia.com

Read previous post:
bantuan-langsung-tunai-blt
Kenali Jenis Jenis BLT atau Bansos

Cek Penerima Dana Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk SD-SMA, AKSES pip.kemdikbud.go.id
Kartu Indonesia Pintar 2021

JADWAL SKD CPNS
Nadiem Makarim: Formasi CPNS Guru Tetap Ada, Peluang Jadi PNS Terbuka Lebar

Close