3 Bansos BLT Cair Besok Senin 4 Januari 2021. Memasuki Tahun 2021, pemerintah sudah mulai menyalurkan kembali bantuan sosial bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Tepatnya mulai besok, Senin (4/1/2021) pemerintah melalui Kementerian Sosial akan menyalurkan tiga jenis bantuan sosial. Perlu diketahui, tiga bantuan sosial ini hanya akan diberikan di empat bulan khusus di tahun 2021.

3 Bansos BLT Cair Besok Senin 4 Januari 2021

Untuk itu perhatian benar-benar informasi terkait bantuan sosial berikut ini. Direktur Jenderal Penanganan Fakis Miskin (PFM) Kemensos Asep Sasa Purnama mengatakan, acara penyaluran bansos 2021 akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo.



“Insya Allah, akan ada Acara Penyaluran Bansos 2021 oleh Bapak Presiden tanggal 4 Januari 2021 pukul 14.00 WIB di Istana Presiden. Saat ini kami tengah persiapan untuk acara tersebut,” kata Asep saat dihubungi Kompas.com, Minggu (3/1/2021) pagi.

Apa saja tiga bansos yang akan disalurkan besok?

3 Bansos BLT Cair Besok Senin 4 Januari 2021 adalah :

  1. Program Keluarga Harapan ( PKH )
  2. Program sembako
  3. Bantuan Sosial Tunai ( BST ).

Total, ada sekitar 38,8 juta penerima tiga bantuan itu.

“Kalau PKH 10 juta KPM, Program Sembako/BPNT sebanyak 18.8 juta KPM, dan BST 10 juta KPM,” jelas dia.

Mekanisme penyaluran

Asep mengatakan, proses penyaluran PKH dan program sembako akan dilakukan oleh Himbara melalui rekening, sementara BST akan disalurkan ke KPM melalui mekanisme pos.

Untuk PKH, akan menyasar sejumlah kelompok seperti keluarga yang di dalamnya terdapat ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, hingga lanjut usia.

Bantuan ini diberikan dalam empat tahap selama satu tahun, yakni Januari, April, Juli dan Oktober.

Sementara, penerima program sembako akan mendapatkan bantuan senilai Rp 200.000 dan disalurkan mulai Januari hingga Desember 2021.

Khusus bagi warga Jabodetabek yang semula menerima bantuan sembako, mulai 2021 tidak akan lagi menerima bantuan yang sama dan diganti dengan bantuan tunai langsung.

Untuk program bantuan sosial tunai, setiap penerima bantuan sosial tunai akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 300.000 yang diberikan selama empat bulan berturut-turut, terhitung sejak Januari hingga April 2021.

Tak gunakan bansos untuk beli rokok

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengingatkan seluruh penerima bantuan agar tidak menggunakan uang bansos untuk membeli rokok.



Hal itu merupakan instruksi langsung dari Presiden Jokowi. Jika ada penerima bantuan yang kedapatan membeli rokok menggunakan uang bansos, maka pemerintah tak segan untuk melakukan evaluasi.

“Kami akan bicarakan, kalau itu mekanisme itu terjadi, maka kami akan melakukan evaluasi untuk penerima bantuan. Karena sekali lagi jangan sampai bantuan ini untuk kesehatan namun kemudian ada masalah karena digunakan untuk rokok,” kata Risma.

Terkait hal ini, lanjut Risma, pihaknya akan menyiapkan alat untuk dapat mengetahui pembelanjaan penerima bantuan dari uang bansos.

“Kita berharap sekali lagi karena itu akan berpengaruh terhadap rencana-rencana yang sudah dilakukan oleh pemerintah jangan kemudian karena beli rokok dan kemudian menjadi sakit,” kata dia.

Ada sejumlah bansos yang akan disalurkan melalui Kemensos pada awal tahun depan. Penyalurannya akan berjalan dengan skema yang sama dengan tahun 2020.

Berikut ini daftar bansos yang bakal disalurkan mulai awal Januari 2021.

Program Keluarga Harapan (PKH)

Dikutip dari laman setkab.go.id, Menteri Sosial, Tri Rismaharini, mengungkapkan bahwa untuk Program Keluarga Harapan (PKH), targetnya adalah 10 juta penerima manfaat.

Penyalurannya akan dilakukan oleh bank himbara (himpunan bank-bank pemerintah). “Penggunaannya adalah untuk ibu hamil, kemudian anak usia dini, kemudian anak sekolah, kemudian penyandang disabilitas, dan kemudian lanjut usia.

Ini akan diberikan mulai bulan Januari, selama tiap 3 bulan sekali. Tahap pertama Januari, tahap kedua bulan April, tahap ketiga bulan Juli, dan tahap keempat bulan Oktober,” terang Risma.

BST Rp 300 Ribu

Sementara, Bantuan Sosial Tunai (BST) ditargetkan akan diterima oleh 10 juta penerima manfaat di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Jabodetabek, penyalurannya akan dilakukan oleh PT Pos Indonesia. Indeks bantuan per bulannya adalah Rp300 ribu per penerima manfaat yang akan diberikan selama empat bulan dari Januari sampai April.

“PT. Pos akan menyalurkannya kurang lebih mulai tanggal 4 Januari,” ujar Risma. Ia pun berharap salam waktu seminggu penyaluran itu bisa selesai.

“Kita berharap satu minggu itu bisa kelar di seluruh Indonesia tapi memang ada yang khusus seperti di Papua yang mungkin mekanismenya sangat berbeda,” sambungnya.

Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT)

Diterangkan Risma, untuk BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) adalah 18,8 juta penerima manfaat. Bantuan tersebut senilai Rp 200 ribu per bulan yang akan diberikan mulai Januari sampai Desember 2021.

BLT UMKM Rp 2,4 Juta

Bantuan lain yang diperpanjang hingga 2021 adalah Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta untuk pengusaha mikro alias BLT UMKM.

“Jika perekonomian nasional pada kuartal I-2021 masih landai, maka bantuan ini kemungkinan besar akan diteruskan,” ujar Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki, Senin (7/9/2020), dikutip dari Tribunnews.com.

Teten menambahkan, bantuan ini diberikan secara cuma-cuma alias hibah untuk membantu para pelaku usaha mikro agar memiliki modal ketika membuka usahanya.

Cara untuk mendaftarkan bantuan ini, para pelaku UMKM harus mengajukan usahanya terlebih dahulu kepada Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) kabupaten/kota di wilayah masing-masing.

Masyarakat yang mengajukan diri akan didata dan dicek satu per satu apakah benar-benar layak mendapatkan bantuan atau tidak.

Setelah terdaftar, nantinya para pelaku UMKM akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta dari pemerintah yang ditransfer lewat rekening.

Program Kartu Prakerja

Selain bansos dan BLT UMKM, program Kartu Prakerja juga bakal hadir lagi tahun 2021. Dilansir dari Kompas.com, pemerintah akan melanjutkan pelaksanaan program Kartu Prakerja tahun depan.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, mewakili Menteri Airlangga Hartarto dalam diskusi yang ditayangkan YouTube Perekonomian RI, Senin (23/11/2020).

Namun, penerima insentif program kartu Prakerja tahun 2020 tak akan bisa ikut lagi di tahun 2020.



“Pemerintah akan terus melanjutkan program Kartu Prakerja ini pada tahun 2021.

Penerima program pada tahun 2020 tidak akan menjadi penerima pada tahun 2021 demi pemerataan kesempatan bagi seluruh angkatan kerja,” ungkap Susi.

3 Bansos BLT Cair Besok Senin 4 Januari 2021

Sumber : https://style.tribunnews.com/amp/2021/01/03/berkah-awal-tahun-ini-3-bansos-yang-cair-mulai-senin-4-januari-2021-hanya-diberikan-di-4-bulan-ini?page=4

Read previous post:
Cara Cek Penerima BSU Kemendikbud dan Mencairkan BLT Guru Honorer
Kapan BLT Subsidi Guru di Tahun 2021?

BLT BPJS Ketenagakerjaan Akan Dilanjut 2021, Ini Kriteria Penerimanya
Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan

bansos jabar
Bansos Jabar

Close