Bagi SobatPhi yang ingin melakukan perjalanan wisata edukasi di Bandung, PhiRadio punya enam rekomendasi tempat yang menarik. Tempat yang akan kita bahas ini hampir semuanya tidak dipungut biaya, lho!



  1. Museum Puspa IPTEK

Museum Puspa IPTEK berlokasi di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Museum ini menawarkan beragam permainan IPTEK yang edukatif dan interaktif untuk segala usia. Bangunannya juga sangat unik karena berbentuk jam matahari terbesar di Indonesia. Karena keunikannya ini bangunan Museum Puspa IPTEK masuk Museum Rekor Indonesia (MURI), lho.

  1. Museum Pendidikan Nasional

Museum Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dibangun sebagai bentuk tanggung jawab UPI sebagai perguruan tinggi dalam ikut menjaga kelestarian warisan budaya dan sejarah, khususnya di bidang pendidikan. Museum ini menjadi tempat menyimpan rekaman jejak sejarah pendidikan nasional, sekaligus tempat konservasi, edukasi, dan juga riset. Sangat cocok apabila SobatPhi melakukan wisata edukasi di sini.

  1. Museum Pos Indonesia

Selanjutnya adalah Museum Pos Indonesia. Sesuai namanya, museum ini berisi koleksi benda-benda pos seperti perangko dari dalam dan luar negeri. Selain itu, di museum ini juga terdapat sepeda-sepeda yang dulunya digunakan untuk mengirim surat. Di sini, SobatPhi juga bisa menemukan koleksi surat emas dari raja-raja nusantara kepada Komandan dan Jenderal Belanda.

  1. Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga memiliki koleksi sejarah di berbagai bidang. Seperti Geologi, Etnografika, Arkeologi, Biologi, Sejarah, Numismatika, Heraldika, Keramikologika, Filologika, Seni Rupa, dan Teknologika. Dengan banyaknya jenis koleksi di museum ini, tentu wisata museum di Bandung satu ini wajib SobatPhi kunjungi.

  1. Museum Konferensi Asia Afrika

Ingin mengetahui sejarah Indonesia? Museum Konferensi Asia Afrika di Bandung ini bisa jadi destinasi wisata museum selanjutnya. Di sini SobatPhi bisa melihat koleksi dokumen rahasia, foto-foto dokumentasi peristiwa Pertemuan Tugu, Konferensi Bogor, Konferensi Kolombo, dan juga peristiwa KAA dari masa ke masa.

  1. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum di Bandung yang bisa jadi sarana mendalami sejarah lainnya adalah Museum Mandala Wangsit Siliwangi. SobatPhi bisa temukan koleksi sisa-sisa perjuangan tentara di masa penjajahan. Seperti senjata tradisional kujang, keris, pedang, golok, panah, pedang bambu, dan senjata berbagai jenis serta berbagai jenis kendaraan militer.

Itulah 6 rekomendasi wisata edukasi murah meriah di Bandung. Beberapa dipungut biaya. Tapi tidak sampai Rp 20 ribu, kok. Sangat terjangkau untuk dapat pengetahuan sejarah di museum.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Perbedaan Jenjang Pendidikan Diploma Dan Sarjana
Perbedaan Jenjang Pendidikan Diploma Dan Sarjana

Tips Hadapi UN 2020 Agar Kamu Percaya Diri
Tips Hadapi UN 2020 Agar Kamu Percaya Diri

Kursi Terapi Penghilang Stres Raih Juara di ajang ASEAN Innovation 2020
Kursi Terapi Penghilang Stres Raih Juara di ajang ASEAN Innovation 2020

Close