Waktu Terbaik Kirim Lamaran Kerja Via Email, Menurut Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), ada hari dan waktu terbaik untuk mengirimkan berkas lamaran pekerjaan Anda.

Dengan memperhatikan hari dan waktu mengirim lamaran, kemungkinan Anda untuk lolos juga semakin besar.



Baca Yuk :

Waktu Terbaik Kirim Lamaran Kerja Via Email

Terdapat dua faktor yang menyebabkan Anda belum mendapatkan panggilan kerja, yaitu faktor internal dan faktor eksternal, yaitu:

  • Faktor eksternal, seperti CV yang kurang menarik, pengalaman tidak sesuai dengan posisi yang dilamar, serta kondisi pandemi bisa menjadi sebab Anda belum mendapatkan panggilan interview.
  • Faktor internal yang membuat panggilan kerja tidak segera datang di antaranya saingan yang lebih baik, HRD belum sempat menyortir seluruh lamaran, serta user meminta kandidat lain sebagai pembanding.

Pendapat ini tentu didasari dengan urutan dalam proses melamar kerja. Selain hari, perhatikan waktu saat Anda mengirimkan lamaran.

Berikut ini Waktu Terbaik Kirim Lamaran Kerja Via Email yang telah dirangkum dari berbagai sumber, yaitu:

  • Segera kirim lamaran di hari yang sama saat loker dipublikasikan
    Pada hari pertama lowongan kerja dipublikasikan, lamaran yang masuk baru sedikit, sebaiknya kamu ambil kesempatan ini supaya bisa diundang untuk datang wawancara. Agar bisa mengirim lamaran di hari pertama, tentunya siapkan CV dari jauh-jauh hari jadi kalau ada info lowongan yang sesuai minat, kamu hanya perlu menyunting cover letter-nya saja.
  • Jam00 hingga 10.00 merupakan jam terbaik untuk mengirim lamaran
    Pada jam-jam ini, biasanya perekrut belum disibukkan dengan pekerjaan, sehingga mereka akan menghabiskan waktunya untuk menyortir email masuk lebih dulu. Nah, kalau lamaranmu bisa langsung dicek kan berarti peluang untuk dipanggil pun juga jadi lebih cepat.
  • Lamaran yang dikirim di hari kerja akan lebih cepat mendapat respon dan jawaban
    Sebaiknya mengirimkan lamaran pada hari kerja, karena biasanya di akhir pekan HRD jarang membuka email. Nah, kalau nggak mau lamaranmu menumpuk dan nunggu lama, mending tunggu hingga Senin aja. Alasannya sebenarnya sederhana, hanya karena ini merupakan hari pertama di mana HRD akan mengecek seluruh pekerjaan melalui email untuk seminggu ke depan.
  • Kamu juga bisa mengirimkan lamaran sekitar pukul 12.30 selepas jam makan siang
    Selain pagi hari, pada siang hari biasanya HRD juga akan mengecek email setelah jam makan siang. Usahakan jangan mengirim lamaran di atas pukul 14.00. Selain kemungkinan diliriknya kecil, email yang masuk pada pukul ini juga biasanya akan dibuka keesokan harinya.
  • Desember justru jadi bulan paling tepat untuk mengirimkan lamaran kerja
    alas an Ini memungkinan sebab biasanya perusahaan akan melakukan evaluasi akhir tahun mengenai SDM mereka. Jadi, jika SDM dirasa kurang memadai, perusahaan akan mulai membuka lowongan di akhir tahun. Meski jadi bulan terbaik, kamu pun harus mampu dan siap bersaing. Sebab, kebanyakan karyawan juga akan memilih untuk resign dan mencari pekerjaan baru (memulai karier baru) di bulan Desember ini.

Tapi, jika kamu ingin melamar di bidang kreatif, akhir pekan justru bisa kamu manfaatkan untuk menyebar lamaran pekerjaan
Beda dengan pemerintahan, industri kreatif cenderung lebih fleksibel terhadap jam kerja. Makanya, tak perlu khawatir nunggu lama jika memang kamu baru sempat kirim email di akhir pekan. Tapi baiknya, pastikan kamu membuat CV yang kreatif, supaya HRD pun melirik lamaranmu.



Tanda CV Ditolak

Untuk membuat pihak HRD terkesan, banyak orang yang sengaja membuat CV nya sebaik mungkin. Tapi tak jarang, banyak dari mereka yang kadang memasukkan terlalu banyak detail tidak penting dalam lamarannya.

Dan hasilnya malah CV tersebut pun tidak dibaca bahkan dibuang oleh pihak HRD. Berikut ulasannya dilansir dari hradvisors.com, tanda CV yang tidak menarik perhatian HRD, yaitu:

  • Layout CV yang berantakan
    Satu hal yang harus diperhatikan oleh pelamar saat mengirim CV adalah tata letak dari CV yang dimiliki. Pihak HRD sangat membenci CV yang berantakan. Hal ini akan menyulitkan mereka untuk mencari informasi yang dibutuhkan, akan lebih baik apabila Anda menyusun CV dengan jelas dan terstruktur. Jangan lupa jelaskan pula setiap poin yang Anda tunjukkan dalam CV.
  • Menyertakan tujuan pekerjaan yang standar
    Di dalam CV, biasanya banyak orang yang menulis tujuan pekerjaan yang mereka inginkan. Tapi, hindari menulis tujuan pekerjaan yang standar. Pernyataan klasik seperti “Mencari pekerjaan yang menantang dan menawarkan pengembangan professional” sebaiknya tidak perlu Anda tulis. Akan lebih baik apabila Anda fokus ke pekerjaan yang diinginkan dan hanya jabarkan pengalaman dan kemampuan yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut.
  • Menjelaskan riwayat hidup terlalu detail
    Hindari juga untuk menjelaskan riwayat hidup yang terlalu detail. Contohnya, dibanding menuliskan riwayat pendidikan dari SD, Anda cukup mencantumkan pendidikan yang ditempuh di tingkat perguruan tinggi. Jangan lupa juga untuk memasukkan informasi riwayat pekerjaan yang berkaitan dengan profesi yang Anda lamar.
  • Data pribadi yang tidak relevan
    Terlalu panjang menjelaskan data pribadi juga menjadi pertanda bahwa CV Anda tidak akan dibaca oleh pihak perusahaan. Di bagian data pribadi, Anda cukup mencantumkan data standar seperti nama, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi dan email untuk memudahkan HRD menghubungi Anda nantinya.
  • Hanya punya kemampuan umum
    Kemampuan umum seperti bisa mengoperasikan komputer atau menggunakan Microsoft Office sebaiknya tidak perlu Anda cantumkan dalam CV. Akan lebih baik apabila Anda menuliskan kemampuan yang berkaitan dengan pekerjaan yang di lamar.
    Contohnya, apabila Anda melamar sebagai humas, Anda bisa mencantumkan sertifikasi pekerjaan yang pernah di dapat untuk bidang itu, ataupun daftar klien yang pernah bekerja dengan Anda.

Selain hari dan waktu yang tepat untuk melamar kerja, jangan lupa buat CV semenarik mungkin sera perhatikan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan agar Anda bisa cepat mendapatkan panggilan kerja.

Waktu Terbaik Kirim Lamaran Kerja Via Email

Referensi:

  • Ini hari dan waktu terbaik untuk mengirim lamaran kerja, catat, kontan.co.id
  • Waktu Tepat Kirim Email Lamaran Bisa Tingkatkan Kemungkinan Kamu Diterima, Lho!, glints.com
  • Mau Cepat Diterima Kerja? Ini Waktu Terbaik Kirim Lamaran, liputan6.com
  • This Is The Best Time Of Day To Submit A Job Application, huffpost.com
Baca Yuk :



Artikel Pilihan :


Tags : ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Streaming Now