Viral Bakwan Pontianak. Kudapan yang satu ini namanya Bakwan Pontianak. Bakwan ini hadir terinspirasi dari ‘Bakwan Lawit’, kudapan yang biasa ditemukan di Provinsi Kalimantan Barat. Untuk menikmati lezatnya Bakwan Pontianak ini, tentu anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Kalimantan Barat, karena Bakwan Pontianak juga ada di Jakarta.

Viral Bakwan Pontianak

Bakwan Pontianak yang tengah naik daun namanya ini di Jakarta di pasarkan dengan harga 10.000 rupiah untuk 5 potong. Di Jakarta, terdapat beberapa lokasi penjualan Bakwan Pontianak. Tapi memang pusatnya berada tidak jauh dari ‘Monumen Selamat Datang’, sekitar 200-300 meter masuk ke kawasan pusat perbelanjaan elit, Grand Indonesia. Oleh karenanya tidak heran kalau Bakwan Pontianak juga diserbu oleh kaum elit Jakarta, terlebih kalau hari kerja, Bakwan Pontianak ini laris manis di kalangan pekerja kantoran di ibukota.



Penjual Bakwan Pontianak ini adalah Santi yang mulai berjualan Bakwan Pontianak sejak malam tahun baru 2020, setahun yang lalu. Santi tidak pernah mengira kalau Bakwan Pontianak miliknya bisa mendadak viral seperti sekarang bahkan jadi jajanan kaum elit di ibukota. Awalnya Santi dan suaminya berjualan di rumahnya. Namun akhirnya mereka memutuskan untuk berjualan di tengah mal yang menjadi ikon ibukota.

Bakwan Pontianak ini memang sempat viral di jejaring media sosial twitter usai dicuit kembali (retweet) oleh akun Twitter @drhaltekehalte. Tapi sebelum mendadak viral seperti sekarang, Santi dan suaminya menjual Bakwan Pontianak dengan metode dari ‘mobil ke mobil’ dengan memanfaatkan kondisi macet di Jalan Kebon Kacang Raya. Akhirnya mereka mutar otak, sepasang suami istri ini tidak kehabisan ide untuk menjajakan kudapan khas Pontianak ini. Akhirnya mereka menggunakan marketing ‘beli lima saya antar ke mobil anda’.

Cara ini kata Santi memang melelahkan karena dia harus berdiri di tengah jalan, belum lagi harus melawan panasnya ibukota di tengah kemacetan pengendara di Jalan Kebon Kacang Raya.

Santi mengatakan bahwa ternyata ada yang memotret dan divideo. Akhirnya masuk ke akun @drhaltekehalte. Dari situlah Bakwan Pontianak ini mulai rame seperti sekarang. Bicara omset penjualan, Santi memang tidak mau berbagi cerita namun yang pasti kata dia dalam sehari dia bisa menghabiskan 50-70 kilogram tepung.



Kini, Bakwan Pontianak ini sudah tersebar di Jabodetabek. Santi merinci cabang Bakwan Pontianak ini saat ini sudah bisa ditemukan di 12 cabang di antaranya di Puri Bintang Hijau, Bintaro Sektor 5, Bandung, Depok, Bogor, Tangerang Modern Land, Cilegon, Bekasi, dan Condet.

https://www.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-011391212

Read previous post:
Faktor Penentu Siswa Naik Kelas dan Lulus pada 2021
Faktor Penentu Siswa Naik Kelas dan Lulus pada 2021

Close