Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Live Streaming

Update Cara Cek Bansos BLT BBM Rp 600 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id. Mereka akan menerima dana sebesar Rp 150 ribu per bulan dalam periode 4 bulan (September-Desember). Untuk mengetahui apakah Anda merupakan penerima bansos BLT BBM, Anda dapat mengakses laman cekbansos.kemensos.go.id.

Bansos BLT BBM merupakan bentuk kompensasi dari keputusan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi. Pemerintah menyalurkan bantuan sosial (bansos) bantuan langsung tunai atau BLT BBM kepada masyarakat miskin dan rentan.


Update Cara Cek Bansos BLT BBM Rp 600 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id.

Dikutip dari unggahan akun resmi @Kemensosri di Instagram, Jumat (9/9/2022) bansos BLT BBM ini disalurkan pemerintah kepada 20,65 juta KPM penerima. BLT BBM ini akan disalurkan sebanyak dua kali, jadi masing-masing penerima atau mendapat bansos sebesar Rp. 300 ribu.

Pemerintah menyalurkan bansos melalui program BLT BBM untuk menjaga daya beli serta menjaga kebutuhan masyarakat miskin agar tetap terpenuhi.

Bantuan senilai Rp 150.000 diberikan tiap bulannya kepada masyarakat selama 4 bulan, yaitu dari bulan September hingga Desember 2022. Simak cara cek penerima bansos program BLT BBM tahun 2022 secara online.

Mengutip dari Instagram @kemensos.go.id, BLT BBM disalurkan pemerintah kepada 20,65 juta KPM penerima. Untuk mengetahui apakah Anda merupakan penerima bansos BLT BBM, Anda dapat mengakses laman cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga :  Download GRATIS Game Minecraft PE Unlocked Gratis Mod Raja APK

Update Cara Cek Bansos BLT BBM Rp 600 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id.

Untuk memeriksa penerimaan bansos BLT BBM melalui situs cekbansos.kemensos.go.id, Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • – Pertama, buka situs resmi atau website dari cekbansos.kemensos.go.id.
  • – Setelah itu masukan nama dari penerima manfaat BLT BBM sesuai dengan nama lengkap dari KTP.
  • – Jika sudah jangan lupa masukan kode Captcha yang ada disana terdiri dari 8 digit huruf.
  • – Selanjutnya, setelah data yang dimasukkan sudah benar maka tinggal klik bagian “Cari Data”.
  • – Setelah itu nama akan muncul jika Anda terdaftar sebagai penerima dari manfaat BLT BBM tersebut, jika anda tidak terdaftar akan muncul notifikasi “Tidak Terdapat Peserta/PM”.

Cara Cek Bansos BLT BBM melalui Aplikasi

Untuk mengecek nama penerima bansos dalam aplikasi Cek Bansos adalah dengan terlebih dulu mengunduh aplikasi tersebut yang resmi dibuat oleh Kemensos. Jika sudah mengunduh dan membuat akun di sana, tinggal mengikuti langkah-langkah berikut.

  • – Pilih menu “Cek Bansos” dalam aplikasi untuk mencari nama penerima dari bansos BLT BBM.
  • – Setelah itu masukan data wilayah tempat tinggal sesuai dengan yang ada di KTP seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, serta nama lengkap.
  • – Kemudian jika data sudah pasti terinput dengan benar lalu klik “Cari Data”.
  • – Jika sudah tinggal menunggu sistem menampilkan hasil pencarian dari data yang sudah diinput.
  • – Jika Anda menjadi salah satu penerima manfaat bansos maka akan muncul informasi mengenai nama penerima, umur, serta jenis bantuan yang diperoleh.
  • – Jika Anda tidak masuk menjadi salah satu penerima bansos akan muncul sebuah keterangan “Tidak Terdapat Peserta/PM”.
Baca Juga :  SOAL PKN Kelas 10 SMA MA SMK Kurikulum Merdeka Halaman 109 Uji Pemahaman: Hubungan perundang-undangan

Update Cara Cek Bansos BLT BBM Rp 600 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id.

Cara Daftar Bansos Kemensos di Aplikasi dan Link Cekbansos.kemensos.go.id

Pemerintah melalui Kementerian Sosial kembali menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) di bulan September ini. Bagi masyarakat yang ingin tahu apakah termasuk sebagai penerima atau tidak, silakan cek bansos Kemensos melalui laman cekbansos.kemensos.go.id serta aplikasi cek bansos.

“Kami akan berikan bantuan sosial tambahan di luar bantuan reguler mengingat Kemenkeu menyebut ini sebagai bantalan dari kenaikan harga kebutuhan dasar. Total sebanyak 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang kita bantu dengan nilai total Rp 12,4 triliun,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini seperti mengutip keterangan tertulis pada laman kemensos.go.id, Rabu (7/9/2022).

Nantinya bansos ini akan diberikan selama empat bulan dengan nominal Rp 150 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Kemudian BLT BBM ini akan dilakukan secara bertahap sebanyak dua kali.

Baca Juga :  Kunci Jawaban SOAL Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA SMK MA Halaman 120 121, Menganalisis Isi Novel Ronggeng Dukuh Paruk

Penyalurannya, pertama dicairkan untuk dua bulan Rp 300 ribu pada bulan September ini. Selanjutnya untuk tahap kedua rencananya akan kembali dibagikan pada Desember mendatang.

Sementara itu, BLT BBM Rp 600 ribu ini akan dilakukan melalui PT Pos Indonesia. Penerima bisa mendapatkannya melalui Kantor Pos terdekat, kantor kelurahan yang disetujui oleh komunitas yang berada di lokasi terpencil, atau pun door to door atau home visit bagi penerima yang termasuk lansia maupun penyandang disabilitas.

Update Cara Cek Bansos BLT BBM Rp 600 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id.

Adapun langkah-langkah mendaftarnya antara lain sebagai berikut :

  • – Unduh aplikasi “Cek Bansos” melalui google play store.
  • – Buka aplikasi “Cek Bansos” dan klik “Buat Akun Baru”.
  • – Isi data-data sesuai dengan NIK, Nomor KK (Kartu Keluarga) dan data di KTP.
  • – Unggah foto KTP dan swafoto diri dengan KTP.
  • – Pastikan melakukannya dengan benar sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
  • – Klik “Buat Akun Baru”Klik “Daftar Usulan” untuk memasukkan nama calon penerima BLT BBM.
  • – Selanjutnya klik tambah usulan.
  • – Isi data lengkap calon penerima BLT BBM sesuai dengan KTP. Kemudian tunggu hingga usulan data muncul.

Update Cara Cek Bansos BLT BBM Rp 600 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id.

Sumber : https://www.liputan6.com


Rekomendasi Untuk Anda :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,