Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Upate Terbaru, Inilah Penerima PIP Kemdikbud Golongan Siswa SD SMP SMA SMK yang Masuk Daftar, Apakah Cair Lagi November 2021?. Masih ada sisa 73.097 kuota pencairan bagi siswa SMA dan SMK. Benarkah akan cair pada November 2021? Simak informasi selengkapnya di sini.

Dimana pencairan dana PIP telah telah tuntas diberikan 100% kepada siswa SD dan SMP. Sedangkan pencairan dana PIP Kemdikbud bagi siswa SMA dan SMK masih menyisakan 73.097 kuota.

Baca Yuk :

Upate Terbaru, Inilah Penerima PIP Kemdikbud Golongan Siswa SD SMP SMA SMK yang Masuk Daftar, Apakah Cair Lagi November 2021?

Berikut adalah daftar golongan siswa SD, SMP, SMA, dan SMK yang pasti masuk dalam daftar penerima dana Program Indonesia Pintar (PIP) Kemdikbud 2021.

Seperti diketahui, menurut data yang dirilis oleh laman PIP Kemdikbud, bantuan dana pendidikan ini telah diberikan kepada 11,54 juta siswa SD hingga SMK.

Berikut rincian data pencairan Dana PIP per 12 November 2021 pada tiap jenjang pendidikan seperti dilansir dari laman PIP Kemdikbud :

Dicairkan
SD : 6.851.121 (100 %)
SMP : 3.424.082 (100 %)
SMA : 547.593 (95,23 %)
SMK : 725.163 (94,08 %)

Total peserta didik yang sudah menerima dana PIP : 11.547.959 siswa

Belum cair
SD : 100 %
SMP : 100 %
SMA : 27,449 (4,77 %)
SMK : 45,648 (5,92 %)

Total peserta didik yang belum mendapatkan dana PIP : 73.097 siswa SMA dan SMK

Besaran dana pendidikan yang diberikan untuk tiap jenjang pendidikan berbeda-beda, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2014, yakni:

1. SD/MI/sederajat sebesar Rp225.000/semester atau Rp450.000/tahun.
2. SMP/MTs/sederajat Rp375.000/semester atau Rp750.000/tahun
3. SMA/SMK/MA/sederajat sebesar Rp500.000/semester atau Rp1.000.000/tahun

Dana PIP dapat digunakan untuk biaya personal peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah atau kursus, biaya transportasi, uang saku, hingga biaya praktik atau biaya uji kompetensi.

Adapun, sama seperti pencairan dana PIP tahap sebelumnya, penyaluran bantuan dana pendidikan ini diberikan melalui rekening Simpanan Pelajar (SimPel) BNI atau BRI.

Siswa penerima PIP dengan jenjang SD, SMP, SMA, SMK, Paket A, Paket B, atau Kursus dapat mencairkan dana PIP di BRI, sedangkan pemegang KIP dengan jenjang SMA atau Paket C dapat mencairkannya di BNI.

Ini adalah 9 (sembilan) golongan siswa SD hingga SMK yang pasti masuk dalam daftar penerima PIP Kemdikbud :

1. Siswa SMA dan SMK yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP)

2. Siswa SMA dan SMK yang berasal dari dari keluarga miskin atau rentan miskin dengan pertimbangan khusus

3. Peserta didik SMK yang menempuh studi keahlian kelompok bidang pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, pelayaran, dan kemaritiman

4. Siswa SMA dan SMK yang memiliki Surat Keputusan (SK) Nominasi Penerima PIP

Dilansir dari laman Puslapdik Kemdikbud, SK nominasi Penerima PIP adalah SK penetapan peserta didik yang layak diberikan PIP namun belum melakukan aktivasi rekening.

5. Siswa SMA dan SMK yang memiliki SK Pemberian PIP

SK Pemberian PIP adalah SK bagi peserta didik yang layak menerima PIP dan sudah mengaktivasi rekeningnya. Dimana dana PIP tersebut akan segera ditransfer ke rekening siswa yang bersangkutan.

6. Siswa SMA dan SMK yang menjaga dan menyimpan KIP dengan baik.

Pasalnya, setiap peserta didik hanya berhak memiliki 1 (satu) KIP.

7. Siswa SMA dan SMK yang menggunakan dana manfaat PIP untuk keperluan yang relevan dengan pendidikan yang sedang ditempuh.

8. Siswa SMA dan SMK yang tidak putus sekolah atau tetap bersekolah dan belajar dengan rajin, disiplin, serta tekun.

9. Siswa SMA dan SMK yang sudah melakukan aktivasi rekening PIP.

Berikut cara cek daftar nama 73.097 siswa SMA dan SMK yang akan mendapatkan dana PIP Kemdikbud :

1. Akses laman pip.kemdikbud.go.id

2. Isi data yang muncul di kolom “Cari Penerima PIP”.

3. Isi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

4. Isi tanggal lahir, bulan lahir, dan tahun kelahiran

5. Tulisan nama Ibu Kandung kemudian klik ‘Cari’

6. Informasi terkait status kepesertaan PIP akan muncul.

Hingga saat ini pemerintah belum mengumumkan secara resmi kapan pencairan dana PIP bagi siswa SMA dan SMK yang belum mendapatnya akan dilakukan.

Namun, jika menilik pencairan terhadap siswa SD dan SMP yang telah tuntas diberikan, kemungkinan pencairan dana PIP bagi siswa SMA dan SMK yang belum mendapatkannya akan segera dilakukan pada November 2021.

Upate Terbaru, Inilah Penerima PIP Kemdikbud Golongan Siswa SD SMP SMA SMK yang Masuk Daftar, Apakah Cair Lagi November 2021?

Demikian informasi terbaru terkait 9 golongan siswa SD, SMP, SMA, dan SMK yang pasti masuk dalam daftar penerima PIP Kemdikbud.

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , ,

Streaming Now