Untuk ke Salon dan ke Resto, Harus Bawa Sertifikat Vaksin. Untuk mengecek sertifikat vaksin COVID-19 di Pedulilindungi.id, ada tiga cara yang bisa dilakukan. Misalnya melalui situs web resminya, lewat aplikasi PeduliLindungi yang bisa diunduh di Play Store atau App Store, dan melalui SMS.


Baca Yuk :

Saat ini, sertifikat vaksin COVID-19 dari PeduliLindungi.id banyak dipakai sebagai syarat untuk beraktivitas, mulai dari bepergian hingga berkunjung ke salon maupun resto outdoor di sekitaran Jakarta. Nah kalau sudah vaksin tapi belum punya sertifikat, buruan cek!

Untuk ke Salon dan ke Resto, Harus Bawa Sertifikat Vaksin

Berikut cara untuk mengecek Pedulilindungi.id sertifikat vaksin COVID-19.

1. Melalui situs web

  • Ketik Pedulilindungi.id sertifikat vaksin COVID-19 di situs pencarian atau bisa dengan klik DI SINI untuk membuka situs web.
  • Pilih menu LOGIN atau REGISTER di sudut kanan atas web.
  • Jika belum memiliki akun, bisa membuatnya dengan memasukkan nama lengkap dan nomor ponsel yang digunakan saat melakukan pendaftaran vaksin COVID-19.
  • Setelah itu, masukkan 6 digit kode OTP yang dikirim oleh PEDULICOVID melalui SMS.
  • Selanjutnya, klik ‘Nama Akun’ di sudut kanan atas. Jika menggunakan ponsel, klik ikon 3-strip, lalu pilih ‘Nama Akun’.
  • Klik ‘Nama’ yang muncul di ‘Sertifikat Vaksin’, kemudian masukkan NIK untuk membuka atau mengunduh Pedulilindungi.id sertifikat vaksin COVID-19.
  • Apabila sertifikat vaksin COVID-19 belum tersedia, bisa segera menghubungi call center di 119 extension 9 untuk mendapatkan bantuan.




2. Melalui aplikasi

  • Untuk mendapatkan Pedulilindungi.id sertifikat vaksin COVID-19, unduh aplikasi PeduliLindungi terlebih dulu di Play Store atau App Store.
  • Jika baru pertama kali mengaksesnya, perlu membuat akun terlebih dulu. Caranya, masukkan nama lengkap, alamat email, dan nomor ponsel yang digunakan saat melakukan pendaftaran vaksinasi COVID-19.
  • Selanjutnya, masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel untuk verifikasi data.
  • Pengguna akan diarahkan ke kolom Beranda. Kemudian pilih menu ‘Akun’ dan klik ‘Sertifikat Vaksin’.
  • Setelah itu, akan muncul nama yang tertera di ‘Sertifikat Vaksin’. Untuk mengecek atau mengunduh Pedulilindungi.id sertifikat vaksin COVID-19, bisa dengan memasukkan NIK.

3. Melalui SMS

Pasca melakukan vaksinasi, biasanya peserta vaksin akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS dari 119. SMS tersebut berisi nama lengkap, NIK, serta tautan untuk mengundu Pedulilindungi.id sertifikat vaksin COVID-19 melalui web resminya.

Jika ingin mengecek atau mengunduh sertifikat vaksin, bisa langsung dengan mengklik tautan yang ada pada SMS pemberitahuan tersebut.



Bagaimana jika sudah divaksinasi tetapi belum mendapatkan sertifikat vaksin?

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan umumnya sertifikat vaksin baru bisa didapatkan setelah 7-10 pasca divaksinasi.

“Dikontak websitenya (PeduliLindungi) kalau belum dapat,” sebut dr Nadia saat dikonfirmasi detikcom Rabu (7/7/2021).

Jika sudah mendapatkan Pedulilindungi.id sertifikat vaksin COVID-19, disarankan untuk tidak mengumbarnya, terutama di media sosial. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan data yang berisikan data diri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Untuk ke Salon dan ke Resto, Harus Bawa Sertifikat Vaksin

Sumber : https://www.greeone.id/sertifikat-vaksin-ada-di-pedulilindungi-id-untuk-ke-salon-dan-ke-resto/

Baca Yuk :