Enam mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil menciptakan alat bantu bagi penderita tunarungu yang mereka namakan Tulibot. Tulibot Alat Bantu Tunarungu Raih Prestasi di Korea Selatan.

Tulibot Alat Bantu Tunarungu Raih Prestasi di Korea Selatan

Melalui alat ini, mahasiswa PENS berhasil meraih medali emas dan hadiah utama dalam “Engineering Education Festival (E2Festa) 2019” di Incheon, Korea Selatan pada 26 s.d. 27 November 2019.



Perhelatan tahunan ini diikuti oleh 22 universitas dari seluruh dunia seperti China, USA, India, Singapore, Thailand, Malaysia, Hongkong dan masih banyak lagi.

Tulibot Alat Bantu Tunarungu  Raih Pretasi di Korea Selatan

PENS mengirimkan 6 mahasiswa terbaik yang tergabung dalam Tim Arek PENS, yang menyajikan sebuah riset untuk membantu pendengaran penyandang tuna rungu. Enam mahasiswa pencetus gagasan tersebut adalah Mochammad Ilham Maulana, Moch. Rifki Ramadhani, Yudha Sadewa, Muhammad Alan Nur, Muhammad Abdul Haq dan Namira Rizqi Annisa. Mereka dibimbing oleh Dwi Kurnia Basuki, S.Si., M.Kom dan  Artiarini Kusuma N., S.ST., MT, selaku Dosen Pembimbing.

Riset tersebut bernama Tulibot, yang merupakan kombinasi antara aplikasi, smart glasses dan smart gloves. “Pengguna akan menggunakan smart gloves yang memanfaatkan bahasa isyarat American Sign Language (ASL) yang nantinya dapat menghasilkan sebuah audio. Tulibot akan mendeteksi audio melalui aplikasi kemudian diterjemahkan menjadi kata-kata yang ditampilkan melalui smart glasses yang digunakan pengguna,“  ujar Dosen Pembimbing, Dwi Kurnia, S.Si, M.Kom.

Cara kerja alat ini adalah dengan mendeteksi suara melalui aplikasi yang kemudian diterjemahkan menjadi kata-kata dan dapat ditampilkan melalui kacamata pintar. Jika penyandang tunarungu ingin merespon, bisa menggunakan sarung tangan pintar yang bisa berbahasa isyarat “American Sign Language (ASL)”. Selanjutnya hasil tersebut akan ditranformasikan menjadi suara.

Sumber :Kemdikbud, Pens.ac.id

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Talkshow Ruang BP Harbolnas 12.12
Talkshow Ruang BP Harbolnas 12.12

Talkshow With Indo Traveller

Memperingati Raden Dewi Sartika
Memperingati Raden Dewi Sartika

Close