Trending Kuliner Soto Paling Populer di Indonesia, Simak Ulasannya. Soto (juga dikenal dengan beberapa nama lokal seperti, sroto, sauto, tauto, atau coto) adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan daging ayam.

Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda, misalnya Soto Madura, Soto Kediri, Soto Pemalang, Soto Lamongan, Soto Jepara, Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Betawi, Soto Padang, Soto Bandung, Sauto Tegal Tauto Pekalongan, Sroto Sokaraja, Sroto Kriyik, Sroto Bancar, Soto Banjar, Soto Medan, Coto Makassar, dan Coto Kuda Jeneponto. Soto juga diberi nama sesuai isinya, misalnya Soto ayam, Soto babat, atau Soto kambing. Ada pula soto yang dibuat dari daging kaki sapi yang disebut dengan soto sekengkel.


Trending Kuliner Soto Paling Populer di Indonesia, Simak Ulasannya

Cara penyajian soto berbeda-beda sesuai dengan khas di setiap daerah. Soto biasa dihidangkan dengan nasi, lontong, ketupat, mie, atau bihun. Untuk menambah cita rasa dan kelezatan, biasanya disertai dengan berbagai macam pelengkap, misalnya kerupuk, perkedel, emping, sambal, dan sambal kacang. Ada juga yang menambahkan telur puyuh, sate kerang, jeruk limau, berbagai macam gorengan (tempe, tahu, bakwan), bawang goreng, seledri, tauco, dan koya.

Varian soto di Indonesia sangat banyak. Nyaris setiap daerah memiliki menu soto. Pada 2014, Museum Rekor Indonesia (MURI) pernah menyebut bahwa soto nusantara mempunyai lebih dari 100 varian. Soto merupakan jenis makanan berkuah yang paling mendasar adalah berkuah bening atau bersantan. Lain dari itu, banyak pula bedanya dari isi hingga cara memasaknya.

Baca Juga :  SIM KELILING Yogyakarta Kamis 13 Oktober 2022

Baru-baru ini jagat dunia maya mendadak diramaikan dengan soto yang jadi trending di Twitter. Rupanya hal tersebut karena cuitan dari penyanyi Kunto Aji pada Kamis (22/12/2022). Solois kenamaan Tanah Air itu mengungkap bahwa menyantap soto jangan memakai kecap karena bisa melanggar HAM.

Soto memang sudah dikenal sebagai salah satu kuliner legendaris masyarakat Indonesia. Biasanya soto memiliki isian seperti suwiran atau potongan daging, kol, bihun, dan lainnya. Beberapa informasi mengatakan jika soto sudah populer sejak abad ke-19. Tak heran jika soto dijadikan makanan legendaris dan tak lekang oleh waktu.

Trending Kuliner Soto Paling Populer di Indonesia, Simak Ulasannya

Namun, rupanya HAM yang dimaksud Kunto adalah Hargai Adat Makan. Ternyata cuitan Kunto Aji tersebut menimbulkan berbagai respons dari warganet. Banyak yang mengatakan, menyantap soto justru akan semakin nikmat jika ditambah kecap.

Hampir di berbagai daerah memiliki hidangan soto khas masing-masing dengan berbagai jenis kuah dan juga isian soto. Soto juga sering dijadikan sebagai menu sarapan simpel dan praktis. Berikut sederet soto paling populer yang ada di Indonesia yang telah dirangkum berbagai sumber.

1. Soto Banjar 

Soto Banjar merupakan makanan tradisional masyarakat Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin. Berbeda dari soto pada umumnya, soto Banjar menggunakan kuah kaldu ayam kampung yang warnanya cenderung bening. Soto Banjar juga disajikan dengan suwiran ayam rebus serta pelengkap berupa telur dan perkedel.

Baca Juga :  Kunci Jawaban UTS PTS IPA Kelas 9 SMP MTS Halaman 112, 113 dan 114 Pilihan Ganda 2022

Jika biasanya soto disantap dengan nasi, soto Banjar justri disantap bersama potongan ketupat atau lontong. Selain itu dilengkapi dengan soun sehingga rasanya semakin beragam.

Trending Kuliner Soto Paling Populer di Indonesia, Simak Ulasannya

2. Soto Kudus 

Tak lengkap rasanya membicarakan soto tanpa menyebut soto Kudus. Soto yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah ini menjadi salah satu soto terkenal yang banyak digemari. Ciri khas yang membuat soto Kudus berbeda adalah pada penyajiannya. Soto Kudus disajikan menggunakan mangkok kecil.

Isian soto Kudus berupa tauge, kol, dan daging. Selain daging sapi, soto Kudus juga terkadang berisi daging kerbau. Kuah soto Kudus juga lebih bening dari soto-soto pada umumnya namun rasanya sangat gurih.

3. Soto Lamongan 

Pertama adalah soto Lamongan. Nampaknya soto satu ini sudah dikenal oleh masyarakat luas karena mudah dijumpai di manapun. Seperti namanya, soto ini berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Uniknya soto Lamongan memiliki ciri khas yakni penggunaan koya yang terbuat dari kerupuk udang yang dihaluskan. Soto Lamongan bercita rasa gurih dengan aroma harum yang khas.

4. Soto Betawi 

Selanjutnya ada soto Betawi yang memiliki tampilan menggiurkan. Keunikan dari soto Betawi terletak pada kuahnya yang menggunakan susu sehingga membuat rasanya terasa gurih dan creamy. Aroma rempah-rempah juga kuat terasa dalam semangkok soto Betawi.

Soto Betawi biasanya disajikan dengan isian jeroan sapi seperti paru, babat, torpedom dan hati. Kemudian soto Betawi disajikan dengan irisan tomat di dalamnya beserta pelengkap jeruk limau dan emping.

Baca Juga :  5 Hal yang Patut Dipertimbangkan dalam Memilih Universitas

5. Soto Medan 

Daerah Sumatera Utara, tepatnya Medan juga memiliki jenis soto tersendiri yakni soto Medan. Karakter khas soto Medan yakni kuah kuning pekat karena menggunakan santan sehingga menciptakan rasa gurih dan sedikit manis. Rasa dan aroma soto Medan juga lebih berempah.

Seperti soto dari daerah lain, soto Medan memiliki isian yang hampir sama yakni soun rebus, suwiran daging ayam atau sapi, seledri, tomat, dan tauge. Soto Medan sangat cocok disantap dalam keadaan masih panas, terutama pada musim hujan. Tak hanya enak, tetapi juga bisa menghangatkan tubuh.

Trending Kuliner Soto Paling Populer di Indonesia, Simak Ulasannya

6. Soto Padang

Soto Padang tidak menggunakan santan. Biasanya daging sapi yang ada di dalam Soto Padang adalah daging yang sudah direbus terlebih dahulu. Soto Padang menggunakan daging sapi yang digoreng sebagai isian, kemudian disiram kuah yang rasanya gurihm asam, dan manis karena terbuat dari kuah kaldu daging sapi dan diberi tambahan cuka saat proses pembuatan. Irisan daging yang sudah digoreng tadi ditambah dengan bihun, dan perkedel dicampur dengan kuah kaldu.

7. Soto Madura

Soto Madura adalah jenis soto yang berasal dari daerah Madura, Jawa Timur berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge, dengan bumbu ketumbar, bawang merah dan bawang putih, jahe, kunir, laos, Kemiri, jeruk purut, dan garam secukupnya.

Trending Kuliner Soto Paling Populer di Indonesia, Simak Ulasannya

Sumber :

  1. https://akurat.co/
  2. https://travel.tempo.co/

Live Streaming