Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Tombol Flush Toilet Pesawat, Tolong Banget Jangan di Sentuh. Deanna Castro adalah seorang pramugari yang sudah terbang selama 16 tahun. Deanna mengatakan bahwa selama penerbangan ada 5 hal yang harus dihindari.

Berbagai informasi mengenai penerbangan dan pramugari menarik untuk diulik. Termasuk hal-hal yang harus dihindari dan… salah satunya adalah flush toilet pesawat.

Baca Yuk :

Tombol Flush Toilet Pesawat, Tolong Banget Jangan di Sentuh

Yang pertama adalah detik-detik penumpang mengangkat barang bawaan ke kabin atas. Deanna mengatakan bahwa sebaiknya penumpang masuk ke dalam barisan bangku miliknya bukan berdiri di lorong.

“Saat naik, adalah sopan untuk masuk ke barisan Anda dan membiarkan penumpang lain lewat di belakang Anda,” kata Deanna dikutip dari Mirror.

Deanna mengatakan bahwa penumpang seringkali menghalangi penumpang lain saat memasukkan barang bawaan ke kabin atas. Ini menyebabkan ‘kemacetan’ panjang.

“Hal itu juga penting untuk keselamatan. Ketika Anda menggantungkan bagian tubuh ke lorong, pramugari bisa tersandung dan terluka,” dia menjelaskan.

Selanjutnya adalah kantong sakit. Penumpang muntah adalah hal yang biasa. Yang tidak biasa adalah memberikan kantong bekas pakai pada pramugari.

Tombol Flush Toilet Pesawat, Tolong Banget Jangan di Sentuh

“Kami bisa memberimu tas ekstra untuk membungkusnya, tapi tolong jangan beri kantong muntahan panas yang mengepul itu ke tangan pramugari,” kata dia.

Menurutnya, kantong bekas pakai itu bisa diletakkan di bawah kursi. Pramugari akan membersihkannya saat penerbangan selesai.

Poin ketiga dan keempat berkaitan dengan kebersihan. Awak kabin Tommy Cimato menyarankan agar penumpang tidak bersandar pada jendela dan tidak mengenakan celana pendek.

“Jangan sampai tertidur atau menyandarkan kepala ke jendela,” kata dia.

Sementara untuk celana pendek disarankan untuk tidak dipakai saat terbang karena pesawat bukanlah tempat yang bersih.

Tombol Flush Toilet Pesawat, Tolong Banget Jangan di Sentuh

“Jangan atau coba untuk tidak memakai celana pendek saat berada di pesawat terbang,” katanya.

“Sama halnya dengan jendela, Anda tidak pernah tahu seberapa bersih jendela itu, jadi jika Anda memiliki celana, Anda akan memiliki lebih sedikit kuman,” dia menambahkan.

Terakhir, Deanne merekomendasikan penumpang untuk tidak menyentuh tombol flush toilet pesawat dengan tangan kosong.

“Jangan pernah menyentuh tombol flush dengan tangan kosong. Ini benar-benar sangat tidak sehat dan sangat kotor. Jadi ketika Anda menyiram, gunakan serbet atau tisu yang ada di toilet,” ucap Tommy.

Tombol Flush Toilet Pesawat, Tolong Banget Jangan di Sentuh

Apa Yang Terjadi saat Menekan Tombol Flush di Toilet Pesawat

Jika Anda penasaran mengenai cara kerja toilet pesawat dan apa yang terjadi saat Anda menekan tombol flush di toilet pesawat, simak ulasannya berikut ini.

Sistem ini mengandalkan cairan biru yang disebut sebagai Skychem yaitu cairan desinfektan, mangkuk anti lengket, dan pengisap vakum yang kuat. Jadi, ketika penumpang menekan tombol flush di toilet pesawat, katup yang berada di bagian bawah mangkuk toilet akan terbuka lalu masuk ke dalam vakum. Semua limbah akan tersedot lebih cepat dari kecepatan mobil balap Formula 1.

Anda tentu mengetahui bahwa pesawat juga dilengkapi kamar mandi yang bisa digunakan oleh penumpang atau kru pesawat. Namun, pernahkah Anda berpikir apa yang terjadi pada pesawat untuk membuang semua kotoran dari toilet tersebut?

Seperti yang dilansir dari laman Reader’s Digest, pesawat terbang modern menggunakan sistem toilet yang ditemukan oleh James Kemper pada tahun 1970-an. James Kemper menemukan sistem vakum yang pertama kali digunakan pada pesawat Boeing pada tahun 1982.

Limbah tersebut akan mengalir melalui pipa ke bagian belakang pesawat, di mana kemudian disimpan ke dalam tangki yang tertutup jauh dari penumpang sampai pesawat mendarat.

Tombol Flush Toilet Pesawat, Tolong Banget Jangan di Sentuh

Jika dilakukan penerbangan jarak jauh, diperkirakan penumpang pesawat akan menyiram toilet sekitar 1.000 kali dan dapat menghasilkan sekitar 230 galon limbah. Ketika pesawat mendarat, akan ada sebuah truk yang akan menyedot limbah tersebut dan membuangnya ke sistem pembuangan limbah bawah tanah bandara.

Jika Anda khawatir dan bertanya-tanya, apakah pesawat secara tidak sengaja mengosongkan tangki tersebut dalam penerbangan dan dapat mengenai siapa saja yang ada di bawah pesawat, Anda tidak perlu khawatir lagi. Hal ini karena tangki tersebut dilengkapi pintu yang memiliki klip eksternal untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau kejadian yang tidak terduga.

Tombol Flush Toilet Pesawat, Tolong Banget Jangan di Sentuh

Sumber :

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,