Tips Teknik Pijat Untuk Turunkan Tekanan Darah. Di Indonesia, menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadin Sadikin, setidaknya penyakit ini dialami oleh 1 dari 3 orang. Karena itulah, level tekanan darah yang tinggi perlu dikembalikan ke angka normal, agar penderitanya dapat hidup dengan nyaman.

Pijat dapat dijadikan alternatif untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah masalah kesehatan yang umum terjadi.

Tips Teknik Pijat Untuk Turunkan Tekanan Darah

Masalah kesehatan ini sering dijuluki silent killer, karena dapat meningkatkan risiko penyakit stroke, gagal ginjal, penyakit jantung, dan lainnya yang bisa berakibat fatal.

Pijat untuk Menurunkan Tekanan Darah

Dilansir dari BP In Control, pijat atau akupresur sudah sejak dulu dilakukan dalam pengobatan tradisional China.  Terdapat titik pijat yang apabila dirangsang, dapat memberikan manfaat yang luar biasa pada tubuh.

Titik-titik ini merupakan jalur eksternal pada permukaan kulit yang terhubung ke organ dalam. Ketika kombinasi tertentu dari titik akupresur distimulasi, ini akan membantu mengatur tingkat tekanan darah.

Diketahui, titik pijat ini bekerja pada hormon yang terkait dengan sistem renin-angiotensin-aldosteron (RAAS). Sistem tersebut menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali dan menyeimbangkan sekresi dopamin, yang penting dalam mengelola stres serta membuat merasa tenang dan bahagia.

Baca Juga :  KODE REDEEM GENSHIN IMPACT 25 Maret 2024 Terbaru

Selain itu, akupresur juga membantu mengendurkan tekanan yang diberikan pada dinding arteri dan vena, sehingga menurunkan tekanan darah.

Tips Teknik Pijat Untuk Turunkan Tekanan Darah

Letak Titik Pijat Menurunkan Tekanan Darah

Berikut adalah beberapa bagian tubuh yang tempat titik pijat untuk menurunkan tekanan darah berada.

1. Antara jempol kaki dan jempol kaki kedua

  • Titik akupresur ini disebut sebagai titik LV3 atau Hati 3, yang terletak di antara jempol kaki dan jari kaki kedua.
  • Saat titik ini dipijat, kurang lebih selama satu menit setiap hari, maka akan membantu menurunkan tekanan darah.
  • Selain itu efeknya juga baik untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kecemasan.

2. Antara ibu jari dan jari telunjuk

  • Titik pijat menurunkan tekanan darah berikutnya ada di antara ibu jari dan jari telunjuk, dikenal juga sebagai LI 4.
  • Ketika titik ini ditekan, berkhasiat membantu mengurangi hipertensi dan masalah kesehatan lain, seperti sakit gigi, sinus, hingga gangguan kulit.

3. Belakang leher

  • Titik ini disebut kantong empedu 20 atau GB 20. Letaknya ada di dasar tengkorak.
  • Pijatan disarankan untuk dilakukan di kedua sisi tulang belakang selama satu menit setiap hari.
  • Teknik ini membantu menurunkan teakanan darah dan meminimalkan risiko hipertensi dan penyakit jantung.
  • Pijatlah titik-titik tersebut untuk mengelola tekanan darah. Jika merasa sulit, dapat meminta bantuan ahli.
  • Pijatan lembut di bagian belakang leher, di bawah tengkorak, dapat membantu meredakan ketegangan leher dan meningkatkan sirkulasi darah ke otak.
Baca Juga :  Download Aplikasi Fitness Erakulis Bikinan Pesepakbola Cristiano Ronaldo Terdapat Fitur Kesehatan Mental

Penting untuk diingat bahwa pijatan atau terapi pijat tidak seharusnya digunakan sebagai pengganti perawatan medis yang diresepkan oleh dokter Anda untuk mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi). Namun, pijatan dapat menjadi pendekatan tambahan yang berguna dalam pengelolaan tekanan darah Anda. Sebelum memutuskan untuk menggunakan pijatan sebagai bagian dari perawatan, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan Anda.

Tips Teknik Pijat Untuk Turunkan Tekanan Darah

Selain titik pijat di atas, ada beberapa titik pijat yang dikaitkan dengan pengelolaan tekanan darah yang dikenal sebagai “pijatan refleksi” atau “refleksiologi.” Beberapa titik pijat yang mungkin membantu menurunkan tekanan darah meliputi:

  1. Titik Pijat Jantung: Titik ini berada di tangan, tepat di bawah jari tengah. Pijatan lembut pada titik ini dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan sirkulasi.
  2. Titik Pijat Ginjal: Titik ini terletak di pergelangan kaki, di bagian dalam tulang pergelangan kaki. Pijatan pada titik ini dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah ke ginjal.
  3. Titik Pijat Pergelangan Kaki: Pijatan perlahan sepanjang bagian dalam pergelangan kaki dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan sirkulasi.
  4. Titik Pijat Punggung: Titik pijat di punggung, terutama di daerah antara bahu dan tulang dada, dapat membantu meredakan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi.
Baca Juga :  Syarat Beasiswa KIP 2024 serta Manfaat Prioritas Penerima PIP

Penting untuk diingat bahwa manfaat dari pijatan refleksi dalam menurunkan tekanan darah mungkin bersifat sementara dan dapat bervariasi dari individu ke individu. Selain itu, pijatan refleksi biasanya bukan pengganti perawatan medis yang telah ditetapkan oleh dokter Anda. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan Anda sebelum mencoba pijatan sebagai pendekatan pengelolaan tekanan darah. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, mungkin diperlukan pengobatan medis dan perubahan gaya hidup yang disarankan oleh dokter Anda untuk mengelola kondisi tersebut.

Tips Teknik Pijat Untuk Turunkan Tekanan Darah

Semoga bermanfaat 🙂