Tips Menjaga Kesehatan Mental. Banyak ciri yang dapat memperlihatkan bahwa kesehatan mental seorang ibu sedang terganggu. Salah satunya terdapat perubahan sikap ke arah yang destruktif. Contohnya, seorang ibu yang awalnya sangat sabar menjadi lebih mudah marah dan memperbesar masalah yang kecil.

Psikolog IdePlus, Erika Kamaria Yamin mengatakan kesehatan mental terutama bagi ibu dalam menjalankan peran pengasuhan sangatlah penting.

Baca Yuk :

Tips Menjaga Kesehatan Mental

“Kesehatan mental seorang ibu akan berpengaruh terhadap kesehatan dan kesejahteraan anak dalam jangka panjang. Kesehatan mental juga berpengaruh terhadap ibu itu sendiri serta kepuasan hidup ibu secara keseluruhan yang akan berdampak si ibu akan lebih bijak dalam mengambil keputusan,” kata Erika mengutip keterangan pers Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Minggu (5/12/2021).

Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat lima jurus jitu Tips Jaga Kesehatan Mental Ibu di Masa Pandemi COVID-19. Kelima langkah tersebut adalah:

  1. Pertama adalah setujui, terima, dan akui perasaan yang ada.
    “Misalnya saat kita merasa ada sesuatu yang tidak baik atau saat kita merasa lelah, maka kita harus mengakuinya jangan mencoba untuk menolaknya dengan alasan kurang bersyukur.”
  2. Kedua, tetapkan ekspektasi masuk akal dan sesuai dengan standar karena jika tidak hal ini akan membuat ibu merasa tidak bahagia dan selalu merasa kurang.
  3. Ketiga, terapkan healthy habit dengan merawat diri dan jaga kebugaran fisik yang nantinya akan berpengaruh terhadap kesehatan mental.
  4. Keempat, Ask for help, komunikasikan dengan anggota keluarga lainnya tentang apa yang dirasakan dan mencari bersama solusi atas masalah yang dihadapi.
  5. Kelima, tetap tenang dan sempatkan waktu untuk melakukan relaksasi agar tetap sehat.

Kesehatan Mental seorang ibu adalah hal krusial

Senada dengan Erika, Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan dan Lingkungan KemenPPPA, Rohika Kurniadi Sari mengatakan kesehatan mental seorang ibu adalah hal krusial.

Pasalnya, ibu memiliki peran pengasuhan, tanggung jawab pada tumbuh kembang anak, dan tugas sehari-hari di luar maupun di dalam rumah.

Walau dinilai krusial, tapi kesehatan mental ibu kadang masih sering disepelekan, baik oleh pasangan, keluarga, lingkungan, dan bahkan oleh ibu itu sendiri. Beban mental ini semakin berat semenjak adanya COVID-19.

Di masa pandemi, selain mengurus pekerjaan rumah tangga, ibu juga harus mengasuh dan mendampingi anak dalam mengikuti pembelajaran daring.

“Kondisi seperti ini lebih rentan membuat ibu tertekan yang menyebabkan kondisi kesehatan mental menjadi tidak baik sehingga dapat berpengaruh pada pengasuhan anak-anaknya. Oleh karena itu, menjadi penting bagi seorang ibu memiliki kondisi kesehatan mental yang baik,” ujar Rohika

Peningkatan Peran Ibu

Rohika menambahkan, kesehatan mental ibu dapat berpengaruh pada kesehatan mental anak. Maka dari itu, Presiden ke-2 RI mengamanatkan kepada KemenPPPA terkait Peningkatan Peran Ibu dan Keluarga dalam Pengasuhan/Pendidikan.

“Memang perlu ada kebiasaan-kebiasaan yang dapat dilakukan untuk membentuk mental kuat pada anak, mulai diterapkan dari diri sendiri, keluarga, hingga lingkungan luas.”

“Karena untuk mewujudkan anak-anak yang bahagia, diperlukan juga ibu yang bahagia dengan jiwa yang sehat dan kuat,” kata Rohika.

Sementara itu, Head of Community Orami, Raymond Wirya Santosa mengatakan, selama pandemi ini, orangtua dan anak-anak yang mempunyai masalah kesehatan mental mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Ia pun mengingatkan, kesehatan mental merupakan hal yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak terutama yang masih dalam periode emas.

Orang Tipe Ini Bisa Bawa Dampak Baik Bagi Kesehatan Mental

Menjaga kesehatan mental adalah hal yang sangat penting. Itulah sebabnya perlu melakukan upaya untuk membuat kesehatan mental itu tetap membaik. Sebaliknya juga perlu menjauhi atau menghindari sesuatu yang membuat kesehatan mental memburuk.

Menjaga kesehatan mental menjadi bentuk upaya untuk menghindari dampak buruk yang mungkin saja bisa timbul akibat menurunnya kesehatan mental. Agar dampak tersebut tidak membawa kerugian di kemudian hari.

Sebagai bentuk upaya untuk menjaga kesehatan mental yang penting, perlu dilakukan penggalian informasi seputar hal yang dapat meningkatkan kesehatan mental atau menjaga kesehatan mental tetap stabil.

Banyak sekali infromasi yang bisa digali terkait menjaga kesehatan mental. Informasi bisa dicari dari berbagai aspek yang dapat dijangkau.

 Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencari tahu informasi terkait orang yang bisa membawa dampak baik bagi kesehatan mental. Karena dengan adanya orang tersebut, kesehatan mental seseorang bisa terjaga atau tidak terganggu.

Dilansir dari akun instagram @ibunda.id ada beberapa tipe orang yang bisa membawa dampak baik bagi kesehatan mental seseorang. Berikut adalah penjelasannya:

1. Mereka yang menghargai batasan yang ada pada dirimu.

Seseorang yang mengerti tentang adanya batasan pada diri manusia adalah tipe orang yang baik untuk kesehatan mental. Orang tipe ini tidak akan memaksa dan menghargai keputusan atau mencoba mengerti sesuatu yang sedang dialami seseorang.

Misalnya, ketika seseorang mengatakan dirinya lelah, maka orang tipe ini akan menerima dan memahami bahwa seseorang bisa merasakan lelah. Sehingga dia tidak akan memaksa atau menghakimi rasa lelah yang diungkapkan oleh seseorang padanya.

2. Mereka memberikan rasa saling percaya satu sama lain

Seseorang dengan tipe ini dapat mengerti dengan mudah. Sebelum seseorang menjelaskan segala sesutu tentang hal yang bersangkutan, orang tipe ini akan memberikan kepercayaan.

Dia akan lebih menghargai dan mencoba mengerti tentang keputusan yang telah diambil seseorang. Dari hal ini pula mereka bisa memberikan kenyamanan.

3. Memiliki gaya komunikasi yang terbuka dan jujur

Orang dengan tipe ini baik berada disekitarmu. Karena orang dengan tipe ini bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan mental seseorang.

Orang dengan tipe ini memiliki sifat terbuka dan jujur. Sehingga orang yang bersamanya tidak perlu mengalami overthinking.

4. Mendukung dan ikut merayakan sekecil apapun pencapaianmu

Seseorang yang selalu menghargai akan membawa dampak baik bagi kesehatan mental. Orang ini akan menghargai pencapaian orang lain.

Orang dengan tipe ini tidak akan meremehkan dan akan menghargai bahkan mendukung sekecil apapun pencapaian yang telah dilakukan seseorang. Itulah kenapa orang tipe ini membawa dampak baik bagi kesehtan mental.

Itulah beberapa tipe orang yang bisa membawa dampak baik bagi kesehatan mental seseorang. Sehingga jika ada orang seperti itu di sekitar, pertahankanlah.

( liputan6.com, pikiran-rakyat.com )

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,

Streaming Now