Greeone

Tips Menjaga Kesehatan Kulit selama Pandemi COVID-19. Akibat dari perubahan kebiasaan, kulit umumnya akan jadi terasa lebih kasar, kering, hingga menjadi tidak sehat.

Nah, untuk mencegah hal-hal itu terjadi, sebaiknya Anda pun mulai rajin merawat kesehatan kulit agar tampak lebih cerah, lembut, kenyal, dan juga sehat.

Baca Yuk :



Tips Menjaga Kesehatan Kulit selama Pandemi COVID-19

Selain menjaga imunitas dan kesehatan tubuh, menjaga kesehatan kulit selama pandemi COVID-19 juga harus diperhatikan.

Sebab selama pandemi, kulit jadi lebih mudah iritasi atau sensitif, karena perubahan kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari.

Sebagai contoh, kita jadi lebih sering mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, beraktivitas di ruangan ber-AC, hingga rasa stres yang berpotensi menyebabkan kerusakan kulit.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan kulit dengan tepat selama pandemi?

Berikut tips menjaga kesehatan kulit selama pandemi :

1. Selalu pakai tabir tata surya setiap hari

Selama di rumah saja sebagian dari kamu mungkin menyepelekan penggunaan sunscreen karena beranggapan bahwa kulit tidak terpapar sinar matahari.

Padahal penggunaan sunscreen merupakan hal yang sangat penting dan wajib dilakukan setiap hari, meski berada di rumah saja atau di ruangan tertutup. Alasanya, karena sinar UV (penyebab penuaan dini dan kerusakan kulit) bisa menembus masuk ke dalam ruangan, bahkan ketika cuaca mendung sekalipun.

“Sinar UV dari matahari tetap dapat masuk melalui sela-sela jendela rumah Anda. Untuk itu, penggunaan sunscreen tetap harus dilakukan meskipun kamu berada di dalam rumah dan tidak beraktivitas di luar rumah,” tutur ahli kecantikan yang berbasis di New York, Jody Levine, MD seperti dikutip dari New Beauty.

Saat menggunakan sunscreen atau tabir surya, pilih produk dengan kandungan bahan alami dan mengandung minimal UV Filter. Untuk diketahui, UV Filter sendiri ada di dalam produk Vaseline Body Yogurt with Prebiotics.

Dengan demikian, selain bisa melembapkan, produk ini juga bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB karena kandungan UV Filter di dalamnya.

2. Gunakan produk body care yang bisa menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan

Social distancing yang menuntut Anda untuk berada di rumah bisa dimanfaatkan untuk merawat diri (self care treatment), salah satunya adalah merawat kulit.

Dalam merawat kulit ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan, contohnya menggunakan produk body care. Penggunaan body care sendiri sangat penting, karena bisa menjaga kelembapan kulit sehingga menjadikannya lebih sehat setiap hari, walau di rumah saja.

Saat ini, ada banyak sekali pilihan body care yang bisa kamu pilih.

3. Rutin mengonsumsi air putih dan makanan yang sehat

Air putih tidak hanya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh tetapi juga untuk kulit.

Mengutip Institute of Medicine, rutin mengonsumsi air putih ternyata bisa membuat kulit Anda lebih lembab dan tidak mudah kering. Bukan hanya itu, air putih juga mampu menjaga elastisitas dan kelenturan kulit sehingga efektif menjadi cara untuk mencegah penuaan dini.

Selain rajin mengonsumsi air putih, pastikan Anda juga mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Beberapa makanan yang baik untuk kesehatan kulit; seperti stroberi, pepaya, tomat, bayam,salmon, hingga tuna.

4. Hindari stres berkepanjangan

Selain menjaga kulit dari luar, penting juga bagi kita untuk menjaga kulit dari dalam.

Salah satunya adalah dengan menjaga pikiran agar terhindar dari stres berkepanjangan.

Menurut ahli dermatologi asal AS, Adam Friedman, pikiran dan kulit adalah dua hal penting yang saling memengaruhi. Menurutnya, ketika pikiran kita sedang stres, maka hal itu bisa memicu masalah pada kulit.

“Ketika kita stres, tubuh akan memproduksi serta melepas hormon yang dapat memberikan pengaruhnya pada kulit,” kata Friedman seperti dikutip dari Healthline.

Ada beberapa masalah kulit yang biasanya disebabkan oleh stres; seperti peradangan, kulit kering, hingga kulit berminyak.

Nah, agar terhindar dari kondisi ini, cobalah untuk meluangkan waktu untuk bersantai dan melepas lelah; seperti berendam di air panas, meditasi, hingga menonton film bisa menjadi pilihan alternatif untuk terhindar dari rasa stress yang berlebihan.

5. Aplikasikan krim pelembap setelah cuci tangan

Di tengah pandemi ini, kita dihimbau untuk sering mencuci tangan dengan sabun demi menghindari paparan droplet yang bisa menyebabkan penularan COVID-19.

Hal ini memang bagus dan disarankan. Namun sayangnya terlalu sering mencuci tangan juga kadang bisa menyebabkan kulit tangan menjadi kering, bahkan iritasi, perih, dan luka.

Untuk menghindari masalah ini, banyak ahli kesehatan kulit menyarankan kita untuk mengaplikasikan krim pelembap setelah mencuci tangan.

Penggunaan pelembap sendiri kabarnya bisa membantu mengunci kelembapan pada kulit Anda.

“Mencuci tangan berulang kali tanpa melembapkannya dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

Hal ini dapat menyebabkan luka terbuka di area kulit yang memungkinkan bakteri dan kuman masuk,” kata dokter kulit bersertifikat asal AS, Carrie L. Kovarik, MD, FAAD, seperti dikutip dari situs American Academy of Dermatology Association.




Salah satu produk pelembap yang bisa dijadikan referensi adalah Vaseline Hand Cream + Anti-Bac 2 in 1 yang bisa melembapkan dan melindungi dari kuman. Kandungan Glycerin dan Vitamin E yang ada di dalam produk itu bisa melembapkan kulit.

Selain bisa melembapkan, produk ini juga diklaim bisa melindungi kulit 99,99% dari kuman dan teruji in vitro terakreditasi terhadap bakteri P.aeruginosa dan E.coli, karena ada formulasi Anti-bac Active (Benzethonium Chloride) di dalamnya.

Bukan hanya itu, produk ini juga mengandung formula khusus yang cepat menyerap dan tidak lengket, serta bebas alkohol sehingga lembut dan nyaman untuk pemakaian sehari-hari.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit selama Pandemi COVID-19

Sumber : https://kumparan.com/

Baca Yuk :

Streaming Now