Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Tips Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah, Menjadi siswa yang berprestasi di sekolah tentunya merupakan kebanggaan bukan hanya bagi diri sendiri namun juga untuk orang tua.

Tolok ukur siswa berprestasi biasanya dilihat dari hasil belajar siswa yang memuaskan, misalnya dengan mendapatkan nilai yang bagus atau meraih ranking di sekolah. Tolok ukur lainnya bisa juga dengan berprestasi di bidang tertentu, seperti olahraga dan seni, dll

Baca Yuk :

Tips Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah

Beberapa tips yang telah dirangkum untuk menjadi siswa berprestasi yaitu:

  1. Membagi waktu dengan baik
    Seorang siswa yang ingin berprestasi belajar harus bisa membagi waktu dengan baik agar berprestasi di sekolah. Bisa membagi waktu antara belajar, bermain, membantu orang tua, istirahat, dll
  2. Meminati semua mata pelajaran
    Kurang menyukai satu atau beberapa mata pelajaran di sekolah merupakan suatu kerugian bagi siswa yang ingin berprestasi. Mengapa? Karena secara otomatis nilai pada mata pelajaran ini juga kurang memuaskan sehingga mempengaruhi jumlah nilai semua mata pelajaran. Oleh sebab itu, sukai dan pelajari dengan sungguh-sungguh semua mata pelajaran. Jika ada mata pelajaran tertentu yang memang kurang disukai pelajari juga bagaimana meminati mata pelajaran tertentu.
  3. Menunjukkan sikap dan prilaku baik
    Guru lebih cenderung akan tertarik kepada siswa yang bersikap dan berprilaku baik. Lumrah, kalau guru akan membenarkan saja jawaban siswa yang sedikit salah dalam ulangan karena sikap dan prilaku siswa yang baik. Guru tidak akan ‘pelit’ memberi nilai. Sikap dan tingkah laku siswa termasuk unsur penilaian dalam pendidikan.
  4. Rajin mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah
    rajin mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh guru dan merupakan peluang emas bagi siswa untuk mendapat nilai yang memuaskan.
  5. Aktif dalam kegiatan belajar
    Guru akan menandai siswa yang aktif dalam belajar di ruang kelas.
    Keaktifan siswa dalam belajar ditandai dengan aktivitas siswa, baik bertanya maupun menjawab pertanyaan lisan yang diajukan oleh guru.
  6. Memiliki motivasi yang tinggi
    Untuk menjadi siswa berprestasi perlu adanya motivasi atau dorongan semangat yang tinggi untuk belajar dan meraih prestasi. Oleh karena itu siswa perlu meningkatkan motivasi belajar sendiri.
  7. Menguasai cara belajar yang efektif
    Siswa yang menguasai cara belajar efektif akan mudah untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan. Termasuk di dalamnya bagaimana cara menghadapi ujian kenaikan kelas. Nilai ujian kenaikan kelas memiliki prosentase yang lebih besar dari unsur-unsur penilaian yang lain.
  8. Taat beribadah
    Siswa yang taat beribadah akan selalu berdoa untuk kesuksesan dirinya dalam menggapai hasil belajar yang baik.

Melansir akun Instagram Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat (23/10/2020), ini kiat-kiatnya.

  • Taat dalam beribadah
  • Memiliki motivasi yang tinggi
  • Aktif dan efektif dalam belajar
  • Kreatif, inisiatif, dan inovatif
  • Mampu mengatur waktu dengan baik
  • Berperilaku yang baik
  • Berani mengambil risiko
  • Terbuka dalam menerima kritik yang membangun

Mengapa kita harus menjadi pelajar yang berprestasi?

  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Menjadi inspirasi untuk orang lain
  • Semakin dekat dengan kesuksesan menggapai cita-cita

Hindari 3 Kesalahan Ini Agar Berprestasi di Sekolah

  • Hanya fokus pada prestasi akademik
    Prestasi tidak hanya bisa diukur melalui performa akademik. Kamu pasti tahu bahwa ada banyak orang hebat di luar sana.
    Mereka mencetak prestasi dan membanggakan orang tua bahkan negara. Contohnya tim nasional Indonesia yang berjuang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, tim basket sekolah yang mengikuti turnamen, siswa yang mengikuti lomba di bidang kesenian, dan masih banyak lagi.
    Berprestasi tidak harus selalu di bidang akademik. Kamu bisa memaksimalkan potensi kamu di bidang non-akademik.
    Jika kamu suka menulis, jangan ragu untuk mulai menghasilkan karya. Jika kamu suka berkegiatan sosial di masyarakat, kamu bisa sering-sering mengikuti kegiatan sosial yang diadakan sekolah atau mungkin organisasi social, tekuni dan asah terus potensimu.
  • Menyia-nyiakan kesempatan
    Jangan malas mencari informasi tentang lomba, pertukaran pelajar, pelatihan, dan lainnya. Kamu harus fokus supaya performa akademikmu bagus, namun jangan sampai kamu tidak sadar bahwa ada banyak kesempatan yang bisa kamu ambil agar berprestasi di sekolah. Cobalah untuk sering mencari informasi di internet, mading sekolah, atau bertanya pada guru. Barangkali akan ada perlombaan yang bisa kamu ikuti baik di bidang akademik maupun non-akademik.
  • Takut gagal
    Seberapa sering kamu melewatkan suatu kesempatan hanya karena kamu takut gagal? Misalnya, sekolah sedang mengadakan seleksi untuk menentukan siapa yang berhak mewakili sekolah dalam ajang kompetisi nasional. Seleksi bersifat terbuka sehingga semua boleh mengikuti seleksi tersebut.
    Sebaiknya kamu memperbaiki pola pikir yang seperti ini. Dalam setiap kompetisi, umumnya akan ada yang menang dan yang kalah.
    Ketika kamu memutuskan mencoba sesuatu, akan selalu ada risiko gagal. Saat kamu mengikuti suatu perlombaan, akan selalu ada risiko gagal.
    Kekalahan bukan berarti kegagalan. Kekalahan juga bukan hal yang memalukan. Kamu bisa memandang kekalahan sebagai momentum untuk belajar. Saat kalah, evaluasi diri kamu sehingga kamu menemukan apa saja yang harus kamu perbaiki dalam diri kamu supaya kamu bisa menjadi lebih baik dalam kompetisi lain waktu.

Arti penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa Indonesia:

  • Mewujudkan cita-cita bangsa
  • Mengharumkan nama baik bangsa
  • Dapat bersaing dengan bangsa lain

Dukungan orang tua sangat berpengaruh bagi anak dalam meraih prestasi. Jadi, bagi para orang tua agar selalu memberikan dukungan kepada anak sesuai dengan minat dan bakatnya.

Tips Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah

Referensi:

  • Kemendikbud: Ini Kiat Jadi Pelajar Berprestasi, kompas.com
  • 8 Tips Ampuh untuk Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah, matrapendidikan.com
  • Hindari 3 Kesalahan Ini Agar Berprestasi di Sekolah,okezone.com
  • https://www.youtube.com/watch?v=5KlZHQvhC5c
  • https://www.youtube.com/watch?v=iF38w1er4H8
  • https://www.youtube.com/watch?v=FXa1NVLutxM
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , ,