Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Tips Menghilangkan Rasa Malas Agar Kembali Produktif, Malas merupakan sebuah kebiasaan yang kurang baik. Jika dibiarkan begitu saja, rasa dapat menyebabkan beragam kerugian.

Kemalasan adalah salah satu hambatan terbesar yang dapat menggagalkan kesuksesanwalaupun tak mudah, tapi sebaiknya rasa malas harus dilawan.

Baca Yuk :

Tips Menghilangkan Rasa Malas Agar Kembali Produktif

Hampir setiap orang mungkin mengalami hari-hari malas, dan bisa saja hal ini  dapat merusak produktivitas seseorang. Untuk  mengatasi rasa malas yang bisa mengganggu kegiatan sehari-hari, beberapa cara ini mungkin dapat membantu.

Menurut Rousyan Fikri, CEO Bimbel Online Pahamify di cuitan Twitternya, Jenis Rasa Malas dan Penyebabnya terdiri dari:

  • Malas Akibat Depresi
    Depresi terjadi akibat perasaan cemas dan frustasi yang berlebihan. Tak hanya membuat kamu mudah menyerah karena cemas, depresi ternyata membuat penderitanya cenderung merasa malas.
    Biasanya, malas yang diakibatkan depresi ini sangat intensif dan berlangsung lama. Jika kamu mengalami malas akibat depresi, kamu bisa kehilangan minat belajar, mudah sedih karena perasaan bersalah, yang akhirnya membuat konsentrasi terganggu. Jenis dan penyebab rasa malas yang satu ini sangat jarang disadari penderitanya.
    Jika kamu merasa mengalami rasa malas akibat depresi, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada profesional seperti psikolog atau dokter. Jangan pernah melakukan self diagnostic karena dapat berpengaruh buruk pada kondisi mentalmu.
  • Malas Akibat Kurang Motivasi
    Jenis dan penyebab rasa malas yang satu ini mungkin yang paling sering kamu temui. Biasanya, malas akibat kurang motivasi dipengaruhi oleh lingkungan dan pergaulan, oleh karena itu, berhati-hatilah ketika menjelaskan cita-cita atau keinginanmu kepada orang lain. Karena, tak selamanya mereka mau mendukung dan merespon positif cita-cita yang kamu impikan.
    Misalnya, ketika kamu menjelaskan bahwa kamu ingin masuk kampus PTN ternama kepada teman yang gemar bermain game. Karena, kurang paham, mereka mungkin akan meremehkan impianmu. Akibatnya, kamu bisa kehilangan motivasi belajar karena direndahkan oleh temanmu.
    Kendati demikian, rasa malas yang satu ini masih bisa kamu kelola sendiri tanpa bantuan profesional, kok. Caranya, jika kamu mulai kehilangan motivasi belajar, temukan alasan yang membuat kamu kehilangan motivasi tersebut. Setelah itu, tinggalkan masalah tersebut dan carilah topik yang bisa membuat kamu termotivasi.
    Contohnya seperti yang tadi dijelaskan, ketika temanmu terkesan merendahkan ketika kamu menjelaskan impianmu, mulai dari sekarang, hindari membicarakan hal yang berhubungan dengan impianmu kepada mereka. Kamu, masih tetap bisa berteman baik dengan mereka, namun jangan pernah meminta saran kepada mereka untuk mewujudkan impianmu. Jangan takut dijauhi, karena masih banyak teman lain atau komunitas yang satu frekuensi dengan pemikiranmu.
  • Malas Karena Kelelahan
    Selain lingkungan sekitar yang mempengaruhi mental, rasa malas juga bisa muncul karena fisik yang terlalu Lelah atau burn out. Bagi para siswa seperti kamu, mengalami burn out akibat belajar terlalu lama, dapat menyebabkan kelelahan fisik, lho. Akibatnya bisa fatal, karena semua materi yang sudah kamu pelajari bisa seketika hilang, sehingga kamu akan malas mengulang semua materi tersebut dari awal.
    Kapasitas fisik kita ada batasannya. Jadi, jangan pernah menganggap bahwa belajar terlalu sering bisa membawa dampak yang baik bagi prestasi.
    Jika fisik kamu mulai lelah, kamu tak hanya kesulitan menyerap materi pelajaran, kamu juga akan mengalami pengurangan nafsu makan hingga nyeri otot. Jadi, mulai sekarang, jika kamu merasa lelah saat belajar, tutup buku dan materi pelajaran, lalu segeralah beristirahat. Dengan beristirahat, tubuhmu akan lebih bugar sehingga kamu lebih mudah mempelajari materi yang baru.
  • Malas Karena Cuaca
    Perubahan suhu atau cuaca di sekitarmu bisa berdampak pada minat dan semangat belajar, Misalnya ketika cuaca sedang panas, kamu tentu susah berkonsentrasi ketika tubuh kamu berkeringat karena kepanasan, Begitu pula jika suhu berubah menjadi terlalu dingin.
    Udara dingin yang berhembus cenderung membuat kita mengantuk dan malas melakukan sesuatu. Jika sudah begini, tidak ada tips mengatasi rasa malas yang bisa kamu lakukan, selain pasrah dan menunggu hingga kondisi kembali kondusif, atau melawan rasa malas yang kamu rasakan.
  • Malas Karena Terlalu Cerdas
    Sebagian besar dari kamu mungkin bertanya, apa ada orang cerdas yang malas? Jawabannya, tentu saja ada. Bahkan sering kali kita dengar perkataan tentang orang cerdas memiliki kecenderungan malas.
    Sebenarnya bukan karena mereka enggan melakukan sesuatu, orang yang cerdas justru memiliki cara untuk menghindari aktivitas yang merepotkan. Itulah mengapa mereka terkesan malas.
    Orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata bisa diartikan sebagai over power. Sehingga, mereka terkesan menghindari hal-hal yang dilakukan banyak orang, seperti belajar misalnya. Karena mereka menganggap semua materi dapat dengan mudah dikuasai. Namun tetap saja, jika kamu merasa dalam golongan orang seperti ini, kebiasaan malas bisa menjadi boomerang di kemudian hari lho.
    Jadi, jika kamu merasa malas melakukan sesuatu karena kamu sudah menemukan cara atau jawabannya, gunakanlah kecerdasanmu untuk menemukan hal yang lebih menantang. Sehingga kamu akan merasa tertantang untuk menyelesaikan misi yang lebih sulit.

Tips Menghilangkan Rasa Malas

Berikut ini adalah beberapa Tips yang telah dirangkum untuk Menghilangkan Rasa Malas Agar Kembali Produktif, yaitu:

  1. Perjelas lagi tujuan belajar
    Jika malas melanda, penting bagi kita cros cek ulang apa sih tujuan belajar. Apa manfaat yang didapatkan ketika belajar untuk masa kini dan masa akan yang datang? Ketika kita sadar pentingnya dan manfaat belajar, mungkin saja kita bisa kembali sadar bahwa memang belajar tidak boleh dilalaikan. Saat kita sadar bahwa sesuatu itu jelas manfaatnya untuk diri kita terlebih pada orang lain, tentu kita akan terpantik untuk melakukannya dan merasa nyaman belajar.
  2. Pikirkan Keuntungan yang Kamu Dapatkan
    Cara terbaik untuk memotivasi diri sendiri adalah dengan memikirkan keuntungan yang kamu dapatkan ketika benar-benar dapat melakukan dan menyelesaikan pekerjaan tidak hanya tepat pada jadwal tetapi juga dalam kualitas yang tinggi. Pikirkan keuntungan dan insentif yang dapat kamu nikmati karena kamu melakukan pekerjaanmu dengan sangat baik.
  3. Mandi atau cuci muka dengan air dingin
    Ketika malas belajar, mungkin saja kita sedang dilanda rasa ngantuk saat ingin belajar. Mandi atau cuci muka dengan air dingin dapat membuat kita bisa lebih segar. Hal kecil yang dilakukan secara konsisten, nantinya juga dapat berdampak besar pada diri sendiri maupun orang lain.
  4. Hitung mundur dari 5 sampai 1, lalu bangkit
    Belajar untuk berkomitmen dalam diri dengan cara menghitung mundur dari angka 5 sampai 1, saat dalam hitungan angka 1 kita langsung bangkit dan memulai untuk belajar. Terkadang saat kita langsung bangkit untuk bergegas belajar, rasa malas pun sedikit bisa terasa hilang dan kita pun bisa langsung fokus untuk belajar. Artinya kita memang harus memaksa diri untuk melawan rasa malas.
  1. Cari tempat belajar nyaman
    Tempat juga sangat mempengaruhi mood kita belajar, ketika tempat berantakan terlebih diserang keributan tentu rasa malas belajar akan terus menghantui kita, karena di sisi lain  kita tidak akan fokus belajar jika memaksakan belajar berada di tempat tersebut.
  1. Jangan pegang HP selama 1 jam
    Coba untuk tidak memegang HP selama 1 jam, Main HP memang tidak bisa dipungkiri dapat mengganggu aktivitas belajar, canggih dan banyaknya fitur HP sekarang semakin penasaran kita untuk terus memegang HP, apalagi kalau sudah kecanduan main gamenya. Terkadang saat memegang HP membuat kita tidak sadar banyaknya waktu belajar yang terbuang, juga bermain HP membuat kita malas untuk belajar.
  1. Terapkan Pola hidup sehat
    Pola hidup sehat juga sangat berdampak pada semangatnya kita belajar, hal ini didukung karena kondisi fisik dan otak punya stamina yang mempuni untuk belajar. Misalnya kita terapkan olahraga yang teratur, makanan yang teratur dan bergizi, serta tidur yang teratur pula. Maka dengan itu juga bisa dapat melawan rasa malas dan kita punya semangat belajar yang tinggi.
  2. Hindari rebahan
    Aktivis rebahan seperti bantal dan kasur juga sangat mempengaruhi kita untuk malas belajar. Ya mungkin saja kita bisa belajar, tetapi hal itu tidak bakalan bertahan lama dan akan tergoda untuk rebahan, ujungnya nanti akan ketiduran. Untuk itu, saat belajar hendaknya bisa menjauhkan dari berbagai aktivitas rebahan, supaya kita tidak tergoda untuk rebahan.

Tips Menghilangkan Rasa Malas Agar Kembali Produktif

Referensi:

  • Sering Malas? Ini Dia Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasi Malas yang Harus Kamu Ketahui, sindonews.com
  • 5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Agar Kembali Produktif, katadata.co.id
  • Menurut Pakar, Berikut 3 Cara Mudah Mengatasi Anak Malas Belajar, parapuan.co
  • 12 Easy Ways to Get Over Your Laziness, inc.com
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , ,