SobatPhi ada tips membuat disinfektan dari pemutih pakaian nih, kita coba yuk. Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang merupakan virus corona jenis baru. Virus corona merupakan virus yang memiliki selubung atau sampul (enveloped virus) dengan pelindung lapisan lemak.

Tips Membuat Disinfektan dari Pemutih Pakaian

Melansir lipi.go.id, Kepala Loka Penelitian Teknologi Bersih Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ajeng Arumsari menjelaskan, disinfektan dapat merusak lapisan lemak tersebut sehingga membuat virus corona lemah dibandingkan norovirus yang merupakan virus tanpa selubung dan virus lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat.



Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Chandra Risdian pun mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, banyak produk rumah tangga yang mengandung konsentrasi bahan aktif yang sesuai untuk disinfeksi. Bahan aktif dan konsentrasi efektif pada produk rumah tangga tersebut telah terbukti efektif melawan virus corona berdasarkan studi literatur yang dilakukannya. Salah satunya, cairan pemutih pakaian.

Namun, Chandra juga menjelaskan hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat menggunakan disinfektan. “Periksa label dan gunakan sesuai instruksi. Waspadai potensi bahaya dari setiap produk,“ terangnya.

Selain itu, tambahnya, hindari kontak dengan mata dan kulit saat memakai produk pembersih serta jauhkan dari jangkauan anak-anak. Juga jangan mencampur produk pembersih yang berbeda dan gunakan di tempat yang berventilasi baik.

Membuat disinfektan sendiri tentu lebih mudah serta menghemat uang selama menjalani karantina mandiri di rumah dan cairan disinfektan ini bisa disemprotkan di setiap ruangan di rumah. Namun, bagaimana cara membuat disinfektan mandiri yang benar?



Berikut cara membuat disinfektan dengan cairan pemutih pakaian. Gunakan perbandingan 1:100. Contohnya, encerkan 5 sendok makan atau sepertiga gelas cairan pemutih dengan 3,8 liter air atau 1 sendok makan untuk 1 liter air.

Apabila kadar cairan pemutih pakaian hanya 2,5% sodium hipoklorit maka gunakan bahan pemutih dua kali lebih banyak, yakni 2 bagian bahan pemutih untuk 98 bagian air. Ikuti tips dengan benar agar tidak mengiritasi kulit dan merusak pakaian.

Smoga bermanfaat ya, tips membuat disinfektan dari pemutih pakaian, SobatPhi.

Sumber : http://disdik.jabarprov.go.id

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Ini-Daftar-Kampus-di-Bandung-yang-Layak-Kamu-Pertimbangkan
Ini Daftar Kampus di Bandung yang Layak Kamu Pertimbangkan

Masker-Kain-yang-Tepat-Cegah-Virus-Corona
Masker Kain yang Tepat Cegah Virus Corona

Tips-Mahasiswa-Ketika-Di-Rumah-Aja
Tips Mahasiswa Ketika Di Rumah Aja

Close