Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Tips dan Trik Lolos Kampus Idaman SNMPTN 2022. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan salah satu jalur incaran para calon mahasiswa. Jalur SNMPTN 2022 ini merupakan jalur untuk memasuki PTN dengan nilai rapot

Bagi kalian yang ingin lolos SNMPTN 2022, ada beberapa tips dan trik yang harus diketahui.

Baca Yuk :

Tips dan Trik Lolos Kampus Idaman SNMPTN 2022

Tips dan Trik Lulus SNMPTN 2022

  1. Pertimbangkan Jurusan Sesuai dengan Nilai

Dalam SNMPTN, nilai rapor dari semester 1 sampai 5 sangat menjadi pertimbangan. Nilai rapor harus stabil atau meningkat. Faktor yang harus diperhatikan lainnya adalah nilai mata pelajaran yang relevan dengan jurusan.

Untuk jurusan IPA, mata pelajaran yang relevan seperti, Biologi, Fisika dan Kimia. Untuk IPS seperti Geografi, Ekonomi dan Sosiologi. Sedangkan untuk jurusan Bahasa yakni mata pelajaran Sastra Indonesia, Antropologi, dan satu bahasa asing. Untuk SMK, nilai baik dituntut untuk kompetensi keahlian yang diambil.

  1. Tingkatkan Prestasi

Selain nilai, jika ingin lolos SNMPTN adalah memiliki prestasi yang baik agar dapat menjadi nilai plus saat mendaftar sesuai dengan jurusan nanti. Apabila mendaftar di jurusan saintek maka sebaiknya memiliki prestasi dalam olimpiade sains.

Adapun, calon peserta SNMPTN juga harus memperhatikan petunjuk teknis terkait portofolio. Portofolio ini mencakup berbagai bidang seperti bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga, dan bidang Seni lainnya.

  1. Teliti dalam Memilih Prodi

Agar lolos SNMPTN kalian juga harus jeli dalam memilih program studi. Hal ini dapat dilakukan dengan eksplorasi berbagai studi dan PTN yang tersedia. Usahakan agar tidak memilih jurusan yang menyimpang agar kesempatan lolos semakin besar.

Kalian juga bisa menggunakan referensi PTN dan prodi dengan jumlah keketatan paling tinggi dalam SNMPTN. Dengan mengetahui keketatan masing-masing prodi dan universitas akan mempermudah untuk menyusun rencana persiapan SNMPTN.

  1. Berkonsultasi dengan Senior

Berkonsultasi dengan senior merupakan hal yang penting. Kalian dapat menanyakan pengalaman mereka agar lolos SNMPTN, serta jangan lupa untuk meminta tips dan triknya agar bisa lolos SNMPTN.

  1. Memilih Prodi Sesuai Minat

Para pendaftar SNMPTN 2022 wajib memilih universitas dan prodi tujuan dengan tepat dan tidak ikut-ikutan dengan teman. Jika yakin dan menyukai satu prodi untuk SNMPTN maka pilihlah satu prodi, jika yakin dan menyukai dua prodi di SNMPTN maka pilihlah kedua prodi tersebut.

Dalam SNMPTN 2021, siswa bisa memilih dua prodi dalam satu atau dua PTN. Jika memilih dua PTN, maka salah satunya harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah asal siswa peserta SNMPTN 2021.

Tips dan Trik Lolos Kampus Idaman SNMPTN 2022

Sumber : https://www.detik.com/

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , ,

Streaming Now