Tips Cara Mendapatkan Letter of Acceptance dengan Cepat untuk Beasiswa. Kenapa cara mendapatkan LoA menjadi salah satu syarat penting untuk melakukan daftar beasiswa? Karena bila ingin mendaftar beasiswa untuk kuliah di luar negeri, kamu harus bisa menunjukkan LoA yang menyatakan bahwa kamu sudah diterima di salah satu universitas atau perguruan tinggi di negara yang baru resmi keluar dari Uni Eropa itu.

LoA atau Letter of Acceptance adalah surat tanda diterima dari universitas saat kamu mengajukan beasiswa. Jika kamu ingin melanjutkan sekolah dengan beasiswa S2 atau S3 ke luar negeri, LoA merupakan salah satu syarat wajibnya. Lantas, bagaimana tips jitu cara mendapatkan LoA tersebut?


Tips Cara Mendapatkan Letter of Acceptance dengan Cepat untuk Beasisw

Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan sebagai tips cara mendapatkan LoA dari kampus atau universitas di luar negeri, seperti dikutip dari buku Indonesia, 2045: Pemikiran Terbaik Putra-putri Bangsa untuk Ibu Pertiwi, Tim Mata Garuda, 2018.

Pendaftaran untuk mendapatkan LoA biasanya dapat dilakukan secara online.

  • Kunjungi laman resmi pendaftaran yang disediakan
  • Buat akun di website pendaftaran sebelum mendaftar
  • Isilah formulir dan lengkapi dokumen syarat yang diminta dengan teliti dan cermat.
  • Ubah semua syarat dokumen menjadi bentuk digital, misalnya PDF, atau scan dengan ukuran yang sudah ditetapkan sehingga bisa dikirim via online
  • Dokumen dan persyaratan lain harus jelas dan terbaca, apalagi yang berbentuk angka.
  • Jika ada dokumen yang belum memenuhi persyaratan, misalnya nilai TOEFL belum mencapai angka yang diminta, maka kamu bisa kosongkan dulu pada saat pendaftaran.
  • Kamu akan mendapatkan surat penerimaan atau LoA bersifat conditional atau bersyarat karena belum melengkapi persyaratan.
  • LoA akan menjadi unconditional jika sudah meng-upload seluruh dokumen yang disyaratkan.

Tips Cara Mendapatkan Letter of Acceptance dengan Cepat untuk Beasisw

Jenis-jenis LoA

Seperti tadi sudah disebutkan, jenis-jenis LoA bisa dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Conditional LoA
    Conditional LoA adalah surat penerimaan yang menerangkan bahwa pendaftar diterima di sebuah perguruan tinggi, namun syarat belum sepenuhnya diterima.
  2. Unconditional LoA
    Surat penerimaan yang menerangkan bahwa pendaftar diterima di sebuah perguruan tinggi tanpa persyaratan apapun. Jadi pendaftar tinggal registrasi ulang saja.

Tips Cara Mendapatkan Letter of Acceptance dengan Cepat untuk Beasisw

Syarat Mendapatkan LoA

Selain LoA, ada beberapa syarat utama lainnya yang harus kamu penuhi. Biasanya setiap universitas menetapkan syarat yang berbeda. Namun, secara garis besar, umumnya adalah dokumen yang berhubungan dengan akademik maupun kemampuan bahasa Inggris, antara lain:

  • Ijazah dan transkrip nilai berbahasa Inggris
  • Sertifikat bukti kemampuan bahasa Inggris, seperti IELTS, TOEFL, atau sertifikat bahasa asing lainnya.
  • Sertifikat Graduate Management Admission Test (GMAT) dan Graduate Record Examination (GRE) atau sertifikat lain yang terkait dengan jurusan tersebut.

Tips Cara Mendapatkan Letter of Acceptance dengan Cepat untuk Beasisw

Surat rekomendasi dari dosen atau atasan tempat kamu bekerja
Karya yang pernah dipublikasi, tulisan ilmiah, atau karya tulis singkat dengan topik yang sudah ditentukan universitas tujuan
Perlu kamu ketahui pula, dalam cara mendapatkan LoA, biasanya sda perguruan tinggi yang meminta uang pendaftaran, namun ada juga yang tidak. Semuanya tergantung pada kebijakan perguruan tinggi.

Itulah cara mendapatkan LoA untuk mendaftar beasiswa. Proses untuk mendapatkan beasiswa dari kampus luar negeri tidaklah mudah. Semuanya membutuhkan perjuangan dan biaya yang tidak sedikit. Namun jika berhasil tembus, tentunya akan menjadi suatu kebanggaan bagi kamu dan orang tuamu.

Tips Cara Mendapatkan Letter of Acceptance dengan Cepat untuk Beasisw

Sumber : https://kumparan.com/berita-terkini


Tags : , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming