Tips Cara Cetak Kartu Vaksin Covid-19. Ada beberapa cara cetak kartu vaksin Covid-19 yang dijelaskan dalam artikel ini. Peserta cukup mengikuti langkah-langkah berikut agar bisa mencetak kartu vaksin melalui laman pedulilindungi.id dan SMS.

Tips Cara Cetak Kartu Vaksin Covid-19

Cara cetak kartu vaksin Covid-19 bisa dilakukan secara mandiri oleh peserta vaksinasi Covid-19. Tentu saja, kartu ini hanya bisa dicetak oleh orang yang sudah melakukan vaksin.



PeduliLindungi merupakan laman dan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Situs ini juga berfungsi sebagai portal cek status vaksinasi covid-19 termasuk mencetak kartu vaksin.

Kartu vaksin atau sertifikat vaksinasi covid-19 bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya sebagai syarat wajib masyarakat yang akan bepergian dengan transportasi umum selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali.

Berikut beberapa cara mencetak kartu vaksin covid-19 melalui PeduliLindungi dan SMS.

1. Cetak kartu vaksin covid-19 melalui website PeduliLindungi 

  • Kunjungi situs https://pedulilindungi.id
  • Klik menu “Login/Register” di kanan atas halaman situs tersebut. Akan muncul “Login Sekarang” klik dan ketik di kolom “Masuk dengan nomor ponsel” pakailah nomor yang digunakan untuk pendaftaran vaksinasi. Setelah itu klik menu “Login Sekarang”.
  • Selanjutnya masukan kode OTP yang dikirim via SMS di Nomer ponsel tersebut dengan pengirim SMS “PEDULICOVID” akan otomatis berhasil login setelah OTP diketikan.
  • Setelah berhasil login, klik nama Anda yang terletak di pojok kanan atas situs tersebut
  • Kemudian pilih menu “Sertifikat Vaksin”. Klik Nama Lengkap Anda di situs tersebut dan akan muncul pilihan sertifikat vaksin pertama dan kedua jika telah lengkap menerima dosis vaksinasi lengkap.
  • Lalu, pilih Sertifikat yg akan di cekat yang ke-1 atau ke-2, lalu klik tampilan sertifikat vaksin dan klik menu “Unduh Sertifikat”
  • Setelah berhasil di download, sertifikat vaksin akan tersimpan dengan format JPG di penyimpanan device anda.
  • Terakhir, Sertifikat bisa langsung dicetak menggunakan printer.




2. Cetak kartu vaksin covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi 

  • Unduh aplikasi PeduliLindungi di playstore smartphone, klik install dan proses sampai selesai install.
  • Regristrasi akun jika baru pertama kali menggunakan aplikasi Pedulilindungi dengan mengisikan data diri berupa nama lengkap sesuai KTP dan nomor ponsel.
  • Setelah proses aktivasi selesai, masuk ke dashboard aplikasi Pedulilindungi.
  • Pilih menu akun pribadi yang terletak di pojok kanan atas.
  • Pilih sertifikat vaksin yang akan dicetak.
  • Masukan data diri berupa NIK dan nama lengkap
  • Unduh sertifikat dan selanjutnya bisa dicetak.

3. Cetak kartu vaksin melalui SMS

Cara cetak kartu vaksin covid-19 melalui SMS bisa dilakukan hanya jika mendapat pesan sms di nomor yang terdaftar saat pendaftaran awal. Link sertifikat via SMS biasanya akan dikirim setelah vaksinasi selesai sekitar 1-2hari setelah penyuntikan vaksinasi.

Isi pesan SMS biasanya seperti ini :

“Sertifikat vaksinasi ke-* nama lengkap (NIK: 33xxx01) tersedia di https://asset.pedulilindungi.id/cert/*/2**/a**/60****.png atau akses lebih mudah lewat aplikasi PeduliLindungi di PlayStore dan AppStore”

Jika sudah menerima SMS tersebut, Klik link yang ada pada pesan tersebut akan diarahkan ke browser dan akan langsung muncul sertifikat vaksin. Selanjutnya bisa di screenshot atau klik kanan download dan bisa langsung dicetak.

Itulah beberapa cara cetak kartu vaksin Covid-19 yang dapat Anda coba setelah selesai vaksinasi. Selamat mencoba.

Tips Cara Cetak Kartu Vaksin Covid-19

Sumber : https://www.suara.com/news/2021/07/16/192049/cara-cetak-kartu-vaksin-covid-19-di-pedulilindungi-dan-sms?page=all


Read previous post:
Jadwal Lengkap Pendaftaran Seleksi CPNS Formasi 2021
Cek Formasi CPNS 2021 Yang Masih Kosong

Close