Tips Bagaimana Cara Mengatasi Siswa Mengantuk di Kelas?. Jika siswa mulai merasa ngantuk berat lama-kelamaan mereka bisa tertidur di kelas tentu dengan posisi yang tidak nyaman, sehingga ketika bangun badan akan terasa sakit. Bahkan cuaca dingin atau hujan di pagi hari terkadang juga membuat para siswa mengantuk.

Melansir dari akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat, efek negatif dari kurang tidur yaitu lamban berpikir, tidak berenergi, hilang konsentrasi saat belajar, kulit terlihat lebih tua/ keriput, sering lupa, suasana hati mudah berubah, serta cenderung mudah marah dan stres.


Tips Bagaimana Cara Mengatasi Siswa Mengantuk di Kelas?

Mengantuk bisa menyerang siapa saja dan kapan saja termasuk para siswa saat mengikuti pelajaran di kelas, karena itu guru sebaiknya tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Simak ulasannya di tips belajar kali ini.

Bahkan pelajar yang sedang mengikuti pelajaran terkadang bisa diserang kantuk. Penyebabnya beragam bisa karena mereka kurang istirahat, merasa bosan, terlalu banyak makan, atau kurang gerak. Tentu saja hal ini membuat guru khawatir karena takut para murid tidak memahami sepenuhnya pada materi yang disampaikan.

Apakah siswa sering mengantuk atau bahkan tertidur di kelas? Jika iya, siswa perlu mengetahui efek negatif atau buruk dari kurang tidur.

Tips Bagaimana Cara Mengatasi Siswa Mengantuk di Kelas?

Adapun penyebab mengapa siswa sering mengantuk di kelas. Berikut penjelasannya.

1. Kurang Istirahat

Kurang istirahat menjadi alasan nomor satu mengapa siswa sering mengantuk di kelas. Biasanya mereka tidur kurang dari 8 jam selama sehari.

2. Sarapan Tidak Tepat

Sarapan yang tidak tepat dapat menyebabkan seseorang mudah mengantuk. Jangan asal sarapan yang praktis dan asal kenyang seperti mi instan, nugget, sosis, serta frozen food lainnya. Upayakan selalu sarapan yang bergizi.

Baca Juga :  KODE REDEEM GENSHIN IMPACT 30 November 2022 Valid Terbaru

3. Terlalu Banyak Makan

Takaran makan juga sangat berpengaruh bagi siswa apakah siswa akan mengantuk di kelas atau tidak. Kurangi porsi makan saat sarapan seperti mengurangi nasi dan minum susu.

4. Kurang Gerak

Kurang gerak juga menjadi alasan seseorang mengapa mudah mengantuk. Sebisa mungkin lakukan olahraga ringan pada sore hari setelah pulang sekolah.

Tips Bagaimana Cara Mengatasi Siswa Mengantuk di Kelas?

Untuk mencegah agar siswa tidak merasakan kantuk di kelas, berikut ini terdapat beberapa cara mengatasi siswa mengantuk di kelas seperti dikutip dari berbagai sumber :

1. Cuci Muka

Ketika melihat siswa ada yang mengantuk, mintalah mereka untuk segera cuci muka. Hal ini akan membuat siswa yang mengantuk merasa lebih segar dan siap menerima pelajaran kembali, karena air dingin dapat merangsang terbukanya pori-pori wajah.

2. Menggerakkan Badan

Hanya mendengarkan materi yang diberikan guru akan membuat tubuh merasa kaku dan terkesan monotn, sehingga hal ini akan membuat siswa cepat mengantuk. Oleh karena itu ajaklah para siswa untuk menggerakkan badan, contohnya berdiri atau melakukan peregangan ringan. Tentunya dengan menggerakkan badan bahkan secara bersama-sama akan membuat siswa yang mengantuk kembali terjaga. Untuk para guru, izinkan para siswa melakukan peregangan dengan berdiri bersama-sama dengan aba-aba oleh guru

3. Makan Secukupnya

Cara mengatasi siswa mengantuk di kelas adalah berilah pemahaman agarĀ  mereka tidak berlebihan makan. Selain hal ini tidak baik untuk tubuh, makan terlalu banyak bisa membuat siswa cepat mengantuk. Guru-guru bisa mengajarkan pada siswanya agar sebelum berangkat sekolah untuk sarapan secukupnya saja, hal ini juga berlaku ketika makan di waktu jam istirahat.

Baca Juga :  KODE REDEEM ML 30 November 2022 Dapatkan Item Menarik Lainnya

4. Memilih Menu Sarapan Seimbang

Memilih menu sarapan yang seimbang juga merupakan cara agar siswa tidak mengantuk saat di kelas. Hal ini sangat penting karena menu sarapan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat dan gula akan membuat siswa cepat mengantuk. Oleh karena itu, berikan pemahaman kepada siswa dan orang tua siswa agar memilih menu sarapan yang seimbang kandungan gizinya.

5. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Selanjutnya adalah guru-guru di sekolah dapat menganjurkan kepada siswa dan orang tua siswa agar membawakan bekal akan yang mengandung lebih banyak protein dan juga vitamin dibanding makanan berat lainnya. Selain menyehatkan dan tidak membuat cepat mengantuk, menyiapkan bekal untuk anak sekolah dengan memperbanyak sayur dan buah akan lebih efektif daripada memperbanyak makanan berat.

6. Mengatur Kapan Menyantap Bekal di Sekolah

Langkah selanjutnya adalah dengan memberitahu para siswa agar menyantap bekal di sekolah pada saat jam istirahat kedua atau saat makan siang. Karena terkadang siswa sudah sarapan di pagi hari dengan cukup, oleh karena itu saat jam istirahat pertama sebaiknya jangan makan makanan yang berat. Ingatkan juga pada siswa agar menunda makan makanan berat jika belum merasa terlalu lapar.

7. Ingatkan Siswa untuk Tidur Cukup atau Ganti waktu tidur yang hilang

Kurang tidur juga bisa membuat siswa mengantuk saat oelajaran berlangsung. Guru bisa menanyakan jam berapa siswa tidur dan apa yang membuat mereka tidur terlalu malam sehingga mengantuk saat di kelas. Mungkin saja siswa yang mengantuk di kelas karena kecanduan main gadget sampai larut malam atau ada hal lainnya.

Baca Juga :  Kode Redeem Call of Duty Mobile CODM 30 November 2022, Klaim Segera Dapatkan Skin Terbaru

Jika perlu guru bisa mendiskusikan masalah ini kepada orang tua siswa agar dapat mengatasi masalah ini bersama agar siswa dapat menyerap materi dengan baik saat pelajaran.

8. Berikan Energizer

Cara selanjutnya untuk mengatasi siswa yang mengantuk di kelas adalah dengan memberikan energizer atau menyisipkan kegiatan-kegiatan yang dapat mengembalikan konsentrasi siswa. Guru bisa melakukan kegiatan yang seru seperti permainan yang menggugah perhatian, menyanyi bersama, atau hal sejenisnya.

9. Libatkan Siswa

Para guru bisa melibatkan siswa ke dalam aktivitas-aktivitas saat pelajaran juga merupakan salah satu cara agar siswa tidak mengantuk. Mungkin saja mereka mengantuk karena bosan dengan suasana kelas, oleh karena itu guru bisa memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang disampaikan, membuat grup diskusi, melempar pertanyaan, atau kegiatan lainnya agar siswa tidak mengantuk di kelas.

10. Merancang Kegiatan Belajar yang Kreatif dan Menyenangkan

Selain agar siswa tidak cepat bosan dengan materi yang disampaikan guru, cara ini juga berguna agar siswa tidak mengantuk. Cara ini adalah dengan merancang kegiatan berlajar yang kreatif dan menyenangkan, seperti contohnya melakukan praktek dari materi yang disampaikan atau membuat kuis menarik dari materi.

11. Mengubah suasana kamar tidur

12. Matikan semua lampu atau nyalakan lampu tidur saja

13. Mematikan gadget atau alat elektronik kurang lebih 30 menit sebelum tidur

Tips Bagaimana Cara Mengatasi Siswa Mengantuk di Kelas?

Nah, itulah penyebab dan cara mencegah agar tidak mengantuk di kelas. Semoga siswa bisa jadi lebih fokus belajar di kelas tanpa mengantuk.

Sumber :


Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming