Terapi Warna untuk Kesehatan Mental dan Fisik, terapi dengan menggunakan warna atau Chromotherapy ternyata bisa memengaruhi kesehatan mental, emosional, dan kualitas istirahat seseorang.

Dokter mempercayai bahwa warna membantu menyesuaikan emosi, fisik, dan mental. Ahli terapi warna modern sering mengombinasikan metode ini dengan teknik lainnya, seperti aromaterapi, kristal, pijat, yoga, dan lain-lain.



Baca Yuk :

Terapi Warna untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Melansir Healthline, color therapy pada dasarnya menggunakan warna dan cahaya untuk mengobati kondisi kesehatan mental dan fisik tertentu. Dasar dari terapi ini adalah warna yang tertentu dapat membangkitkan respons yang berbeda pada setiap individu.

Para ahli yang percaya pada teori ini beranggapan warna dapat berdampak positif pada seseorang dalam beberapa cara dan membantu sejumlah kondisi. seperti , stres, depresi, hipertensi, gangguan tidur, agresi, kecemasan, kanker jenis tertentu, dan juga infeksi kulit.

Pengaruh warna pada tubuh dan pikiran manusia

  • Warna adalah salah satu bahasa jiwa. Penelitian menunjukkan bahwa warna mendorong interaksi yang tidak dimiliki bahasa.
  • Warna mempengaruhi persepsi jarak (warna terang membuat tempat terlihat besar, plafon tinggi terlihat berkurang tingginya apabila diberi warna gelap, dan lain-lain).
  • Tidak semua orang dan budaya memiliki pemahaman yang sama tentang suatu warna.
  • Warna mempengaruhi energi pada tubuh. Jika Anda melewati sistem pemeriksaan tubuh di bandara, layar menunjukkan warna chakra Anda. Warna tersebut juga terkait dengan ketertarikan biologis.

Melansnir dari Republika.co,id, Praktisi kesehatan holistik dan self-healing, Reza Gunawan, menjelaskan bahwa chromotherapy atau terapi warna dapat memengaruhi kesehatan mental, emosional, hingga kualitas istirahat yang juga akan berdampak pada kesehatan fisik.



Menurut Reza, terapi warna merupakan salah satu upaya untuk memberikan asupan kepada panca indera, yakni mata sebagai reseptor cahaya, agar seseorang bisa mendapatkan kesehatan lahir dan batin secara mandiri.

“Panca indera ini pintu gerbang menuju batin. Maka, kalau kita tidak jaga apa yang kita konsumsi melalui panca indera kita, dia juga akan mempengaruhi kesehatan dan mood kita, terutama secara mental dan emosional.

Menurut Reza, terapi warna bisa terjadi melalui dua jalur, yaitu dari luar ke dalam tubuh dan dari dalam ke luar tubuh.

  • “Pertama, dari luar ke dalam. Jadi kalau kita melihat pemandangan yang indah, setiap warna seolah-olah memberikan perasaan atau mood tersendiri. Pengaruh dari jalur tersebut akan dirasakan secara sadar saat pertama kali melihat warna tersebut. “Setelah itu tidak sadar. Artinya, warna apa pun yang kita pakai di rumah, waktu baru dicat kita nikmati secara sadar. Tapi lama-lama kita tidak sadar karena sudah diterjemahkan oleh otak sebagai sesuatu yang biasa,”
  • Kedua yakni dari dalam ke luar tubuh, merupakan saat seseorang melatih kepekaan batin melalui panca indera untuk kembali mengenalnya sebagai sesuatu yang baru.

Latihan-latihan kontemplatif atau mindfulness bisa membantu kita. Istirahatkan panca indera kita. Jangankan meditasi, tapi sekadar memejamkan mata dan hening sejenak, ketika membuka mata maka seolah-olah di sekitar kita jadi lebih cerah,” kata Reza.

Melihat pengaruh yang besar antara terapi warna dengan kondisi mental dan fisik seseorang, Reza menyarankan untuk memilih warna yang tepat sebagai dekorasi ruangan. Setiap warna, kata dia, tentu akan memberikan pengaruh yang berbeda pula.

Salah satu warna yang memberikan efek positif adalah warna biru karena memiliki kecenderungan untuk menenangkan, meredakan gelisah, memicu respon relaksasi, dan meningkatkan fokus. Oleh karena itu, warna biru juga sering digunakan untuk terapi perilaku, warna biru juga simbol kelapangan, suasana cerah, batin teduh, damai, dan nyaman, ujar Reza.

Terapi Warna untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Referensi:

  • Mengatasi Stres Dengan Terapi Warna, hellosehat.com
  • Terapi Warna Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental, republika.co.id
  • Chromotherapy, Terapi Warna yang Pengaruhi Mental, theasianparent.com
  • A Critical Analysis of Chromotherapy and Its Scientific Evolution, ncbi.nlm.nih.gov
  • What Is Color Therapy?, verywellmind.com
Baca Yuk :



Artikel Pilihan :


Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Streaming Now