Tentang Lada. Halo, Sobat Phi. Kenalan dong! Namaku, Lada. Biasanya dipanggil Merica juga sih. Sama aja kok, terserah kamu mau panggil yang mana.



Tentang Lada

Sobat phi tahu nggak, di Indonesia, aku ada sekitar 40 jenis! Meskipun begitu, jenis varietas yang banyak ditanam tergantung kepada daerahnya. Misalnya di Provinsi Jawa Barat, jenis yang banyak ditanam adalah varietas LDK dan LDL. Nah, setiap jenis varietas mempunyai keunggulan dan kelemahan dalam ketahanan hama. Jadi, petani bisa memilih sendiri varietas mana yang cocok untuk dikembangkan di daerahnya.



Sesuai namaku, aku menghasilkan rasa pedas yang berasal dari tiga zat. Yaitu zat piperin, piperanin, dan chavicin. Aku disebut juga merica atau sahang, yang mempunyai nama Latin Piper nigrum. Sifatku sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik.

Tentang Lada

Jangan samakan aku dengan Ketumbar, ya!



Sekilas, kami punya bentuk yang nyaris sama, padahal rasa dan fungsi kami berbeda sebagai bumbu dapur. Itulah perkenalan singkat dariku, si Merica. Streaming terus ya di www dot phi radio dot net. Gaya, juara!

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Tentang Gula
Tentang Gula

Seru-Belajar-Jarak-Jauh-dalam-Era-Adaptasi-Kebiasaan-Baru-3
Seru Belajar Jarak Jauh dalam Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Tentang Garam
Tentang Garam

Close