Tempat Wisata Trending Di Twitter Banda Neira Yang Eksotis Di Timur Indonesia. Belum lama ini nama Banda Neira pun kembali terangkat dalam jagat sosial media, tepatnya di Twitter. Banda Neira jadi trending Twitter setelah seorang warganet menceritakan pengalaman selama berlibur di sana. Banda Neira jauh dari kesan modern, tersisa banyak peninggalan sejarah, namun membuat hati jadi tenang dan nyaman.

Banda Neira adalah sebuah tempat di Kepulauan Banda, Maluku Tengah. Di dalam Banda Neira terdapat 12 desa yakni Dwiwarna, Kampung Baru, Merdeka, Nusantara, Rajawali, Tanah Rata, Lonthoir, Walang, Katoro, Kumber, Selamon, Dender, Waer, dan Pulau Hatta. Total ada sekitar 14.000 penduduk yang tinggal di pulau indah ini.


Tempat Wisata Trending Di Twitter Banda Neira Yang Eksotis Di Timur Indonesia

Banda Neira atau Banda Naira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda, dan merupakan pusat administratif Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Secara administratif, Banda Neira terbagi dalam 12 desa, yakni Dwiwarna, Kampung Baru, Merdeka, Nusantara, Rajawali,Tanah Rata, Lonthoir, Walang, Katoro, Kumber, Selamon, Dender, Waer dan Pulau Hatta.

Topografi pulau ini cenderung datar, sehingga memungkinkan didirikannya kota kecil. Pulau Banda Neira memiliki kantor pemerintahan, toko, dermaga, dan bandara. Penduduk pulau ini berjumlah 14.000.

Banda Neira pernah menjadi pusat perdagangan pala dan fuli (bunga pala) dunia, karena Kep. Banda adalah satu-satunya sumber rempah-rempah yang bernilai tinggi itu hingga pertengahan abad ke-19. Kota modernnya didirikan oleh anggota VOC, yang membantai penduduk Banda untuk mendapatkan palanya pada tahun 1621 dan membawa yang tersisa ke Batavia (kini Jakarta) untuk dijadikan budak.

Baca Juga :  KODE REDEEM GENSHIN IMPACT 3 Desember 2022 Valid Terbaru

Pulau ini juga terkenal sebagai tempat pembuangan tahanan politik pada masa Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda. Beberapa tokoh perjuangan nasional yang pernah merasakan tinggal di pulau ini di antaranya Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, dan Cipto Mangunkusumo. Pada 2016, rumah tempat Sutan Syahrir dan Mohammad Hatta tinggal telah dijadikan museum sedangkan rumah Cipto Mangkusumo masih dibiarkan kosong.

Nama Banda Neira memang saat ini tidak sepopuler destinasi wisata di Indonesia lainnya seperti Bali, Labuan Bajo, hingga pulau Raja Ampat di Papua. Bagi yang mau mengenal Banda Neira,berikut ada 5 fakta terkait Banda Neira yang cocok dijadikan tempat berlibur.

Tempat Wisata Trending Di Twitter Banda Neira Yang Eksotis Di Timur Indonesia

Tempat Wisata

Ke Banda Neira paling cocok memang menikmati keindahan laut yang jernih sambil berinteraksi dengan warga sekitar yang memiliki keramahan. Di Banda Neira terdapat banyak tempat wisata yang mengandung nilai sejarah, mulai dari Benteng Belgica, Benteng Nassau, Istana Mini Neira, Rumah Budaya Banda Neira, hingga Rumah Pengasingan Bung Hatta.

Surga Rempah-rempah

Tanah Maluku memiliki banyak rempah-rempah. Di Banda Neira sendiri pun terkenal dengan rempah-rempah yakni pala. Bahkan kabarnya Banda Neira menjadi satu-satunya daerah penghasil pala yang ada di dunia. Tak ayal banyak negara penjajah yang menduduki Banda Neira pada zaman dulu, seperti Portugis, Spanyol, dan Inggris.

Baca Juga :  KODE REDEEM ML 3 Desember 2022 Dapatkan Item Menarik Lainnya

Jadi Simbol Mata Uang

Jika diperhatikan Banda Neira ternyata pernah dijadikan simbol dalam mata uang kertas pecahan Rp 1.000 pada tahun 2016. Gambar daerah Banda Neira ada di bagian belakang bersama dengan gambar tarian asal Maluku yakni Tari Tifa dan Bunga Anggrek Larat.

Kekayaan Bawah Laut

Kekayaan bawah laut Banda Neira sangat banyak, misalnya dari hasil terumbu karang.Karena punya dunia laut sangat indah membuat pulau ini sering menjadi tempat menyelam dari para peselam di seluruh dunia. Makanya jangan sekali-sekali merusak alam laut Banda Neira yang indah ya.

Perhatian UNESCO

Organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan dunia UNESCO mulai memberikan perhatian kepada Banda Neira. Banda Neira masuk dalam daftar situs warisan dunia yang potensial untuk dikembangkan. Sebab daerah ini memiliki sejarah dan budaya yang berkolaborasi dengan kekayaan alam laut yang melimpah.

Tempat Wisata Trending Di Twitter Banda Neira Yang Eksotis Di Timur Indonesia

Berikut objek wisata yang ada di Banda Neira yang bisa menjadi inspirasi wisatawan jika berkunjung di pulau ini.

1. Pulau Hatta

Pulau Hatta, Banda Neira. (Sumber: kemlu.go.id)

Pulau Hatta adalah sebuah desa dan pulau di kecamatan Banda yang terletak 25 km di sebelah timur Kepulauan Banda.

Nama lama Pulau Hatta adalah Pulau Rozengain, namun kemudian diubah dan terinspirasi dari Mohammad Hatta, salah satu proklamator Indonesia.

Di pulau ini, Anda akan disuguhkan dengan taman laut yang indah, pantai yang bersih dan adat istiadat yang terpelihara dengan baik di antara penduduk desanya.

Baca Juga :  Kode Redeem Call of Duty Mobile CODM 3 Desember 2022, Klaim Segera Dapatkan Skin Terbaru

Bagi penyelam akan menyaksikan berbagai spesies dan terumbu karang dalam kondisi yang sangat baik.

Tempat Wisata Trending Di Twitter Banda Neira Yang Eksotis Di Timur Indonesia

2. Lava Flow

Lava Flow, Banda Neira (Sumber: kemlu.go.id)

Lava Flow atau juga dikenal sebagai “Kuil Ikan Singa” merupakan tempat snorkeling yang menyuguhkan biota laut yang menakjubkan.

Tempat ini terbentuk dari letusan Gunung Api Banda yang pada saat itu membuat perairan sekitarnya ditutupi dengan lava.

Meski saat itu semua terumbu karang hancur, namun setelahnya pertumbuhan terumbu karang menjadi lebih cepat.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya, lokasi Lava Flow berada di sebelah utara Gunung Api Banda.

Tempat Wisata Trending Di Twitter Banda Neira Yang Eksotis Di Timur Indonesia

3. Benteng Belgica

Benteng Belgica, Banda Neira (Sumber: kemlu.go.id)

Selain wisata alamnya, Banda Neira juga memiliki objek wisata sejarah yang patut dikunjungi wisatawan yakni Benteng Belgica.

Benteng Belgica terletak di Benteng Belgica berada di Kecamatan Neira, di Pulau Banda Neira, Provinsi Maluku.

Benteng ini merupakan peninggalan Portugis yang kemudian direbut dan dibangun kembali oleh Belanda yang digunakan untuk menangkal serangan rakyat Banda yang menentang monopoli perdagangan pala dari VOC.

Pada 2015, Benteng Belgica resmi terdaftar sebagai salah satu cagar budaya dan menjadi bagian dari jejak-jejak perdagangan rempah dunia di masa lalu.

Tempat Wisata Trending Di Twitter Banda Neira Yang Eksotis Di Timur Indonesia

Sumber :


Tags : , , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming