Jawa Barat merupakan provinsi dengan populasi terpadat di Indonesia. Dari danau di puncak gunung sampai pantai berpasir putih, Jawa Barat memiliki banyak sekali keajaiban alam yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut ini PhiRadio akan mengungkap tempat wisata alam tersembunyi di Jawa Barat, alias tidak banyak orang tahu. Yuk, baca sampai habis.

  1. Tebing Citatah, Padalarang

Meski hanya berjarak 5 kilometer dari pintu keluar tol Padalarang, Tebing Citatah tidak sepopuler Goa Pawon dan Stone Garden. Saat ini di bawah pengawasan Kopassus, tebing-tebing yang ada di sini kerap digunakan sebagai lokasi latihan militer. Tapi di akhir pekan, tebing ini dibuka untuk pengunjung yang ingin melakukan aktivitas panjat tebing – gratis! Namun, karena tingkat kesulitan yang cukup tinggi serta besarnya risiko yang dihadapi, tebing Citatah 90 dan Citatah 125 hanya diperuntukkan bagi pendaki berpengalaman saja, dengan bukti sertifikat serta surat ijin dari pihak berwenang.



  1. Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur

Batu-batuan di Situs Gunung Padang ini diperkirakan telah berusia antara 9.000 hingga 20.000 tahun silam. Untuk menuju puncaknya dibutuhkan waktu daki selama 20 menit melalui jalan setapak. Di teras pertama dan yang paling luas, SobatPhi akan disambut oleh sebuah pohon besar. Tempat ini cocok untuk menikmati keindahan alam di pagi atau sore hari.

  1. Pulau Biawak, Indramayu

SobatPhi pasti sudah familiar dong dengan Pulau Komodo. Nah, di Jabar juga ada lho pulau serupa, yaitu Pulau Biawak di Indramayu. Dulunya pulau ini tertutup untuk umum karena dijadikan lokasi penelitian milik pemerintah. Namun kini, asalkan berani, SobatPhi bebas untuk menjelajahi dan menikmati indahnya bunga karang dan ikan-ikan beraneka warna sambil snorkeling.

  1. Curug Batu Templek, Bandung

Meskipun curug ini tidak sulit untuk dicapai, namun lokasinya yang berada di kawasan penambangan batu alam menjadikan nama Curug Batu Templek masih asing di telinga. Sebagai fenomena geologi yang langka, Curug Batu Templek sebetulnya merupakan retakan kecil dari lempeng bumi, yang terbentuk akibat pergerakan tektonis. Sehingga menyebabkan keluarnya air dari sela-sela bebatuan.

  1. Pantai Puncak Guha, Garut

Pantai di Jabar bukan cuma Pangandaran, lho. Ada juga pantai indah di Garut bernama Pantai Puncak Guha. Puncak Guha merupakan semenanjung kecil berupa tebing yang berbatasan langsung dengan lautan. Di tempat ini, SobatPhi bisa melihat pertunjukan ratusan kelelawar yang beterbangan keluar dari gua di bawah tebing saat matahari mulai tenggelam. Kunjungilah tempat ini beberapa jam sebelum matahari terbenam dan nikmati panorama indah perbukitan hijau yang membingkai laut lepas.

Itulah 5 tempat wisata tersembunyi di wilayah Jawa Barat. SobatPhi tertarik berkunjung ke daerah mana, nih? Ke manapun itu, tetaplah jaga kebersihan lingkungan dan jangan merusak alam, ya!

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Download Soal Bahasa Indonesia SMA 2019
Download Soal Bahasa Indonesia SMA 2019

Kesalahan Umum Siswa Di SNMPTN
Kesalahan Umum Siswa Di SNMPTN

Disdik Jabar Kecam Aksi Kekerasan : Penguatan Mental Mengajar yang Baik
Disdik Jabar Kecam Aksi Kekerasan : Penguatan Mental Mengajar yang Baik

Close