Tema dan Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober 2022. Tahun ini, tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 juga telah diumumkan oleh organisasi kesehatan dunia WHO. Lantas, apa tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 itu? Bagaimana sejarah dan cara memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Makna tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 tersebut adalah menjadi kesempatan bagi orang-orang dengan kondisi mental atau jiwa agar berkumpul bersama untuk menggali kemajuan di bidang kesehatan jiwa atau mental dan untuk vokal tentang apa yang perlu dilakukan untuk memastikan kesehatan jiwa atau mental serta kesejahteraannya menjadi prioritas global bagi semuanya.


Tema dan Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober 2022

Dikutip dari WFMH Global, negara-negara berpenghasilan tinggi memiliki laporan bahwa lebih dari 75 persen penduduknya yang mengidap depresi tidak menerima perawatan yang memadai. Dengan angka yang sama pula, negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tidak memberikan pengobatan sama sekali kepada pengidap gangguan mental.

Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 perlu diketahui. Hari Kesehatan Jiwa Sedunia adalah hari penting yang diperingati seluruh dunia setiap tanggal 10 Oktober selalu mengusung tema yang berbeda-beda tiap tahunnya.

Hari Kesehatan Mental Sedunia atau Hari Kesehatan Jiwa Sedunia jadi ajang peringatan tahunan yang jatuh setiap 10 Oktober. Peringatan ini diciptakan dan diasosiasikan langsung oleh lembaga kesehatan dunia bernama World Federation of Mental Health (WFMH).

Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 adalah ‘Making Mental Health & Well-Being for All a Global Priority’ yang artinya ‘Menjadikan Kesehatan Mental & Kesejahteraan untuk Semua sebagai Prioritas Global’, seperti dilansir situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO sendiri telah mengonfirmasi pandemi COVID-19 telah menciptakan krisis global untuk kesehatan mental, memicu tekanan jangka pendek dan jangka panjang, serta merusak kesehatan mental jutaan orang.

Sekretaris Jenderal PBB mengatakan bahwa, tanpa tindakan tegas, dampak krisis tersebut dapat berlangsung jauh lebih lama daripada pandemi itu sendiri. Hal ini pun mendesak pemerintah untuk bertindak memperbaiki ketidaksetaraan mencolok yang diekspos oleh pandemi, termasuk akses ke pelayanan kesehatan jiwa.

Tidak hanya pemerintah, masyarakat pun harus peduli tentang hal tersebut, baik untuk diri sendiri maupun orang di sekitarnya. Daripada mendiskriminasi orang-orang dengan sebutan ‘gila’, sebaiknya masyarakat lakukan hal positif untuk memajukan kesehatan mental dan jiwa.

Stigma dan diskriminasi masih menjadi penghalang bagi penderita kesehatan jiwa atau mental untuk mendapat perawatan yang tepat. Maka dari itu, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 diharapkan mampu dijadikan sebagai kampanye bagi setiap orang berhak mengakses perawatan kesehatan jiwa atau mental yang dibutuhkan dan menjalani kehidupan yang lebih baik.

Tema dan Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober 2022

Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 dan Cara MemperingatiTema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 dan Cara Memperingati | Foto: WHO

Kapan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 Diperingati?

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 diperingati pada tanggal 10 Oktober setiap tahunnya. Hari Kesehatan Jiwa Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan jiwa atau mental di seluruh dunia dan untuk memobilisasi upaya untuk mendukung mereka yang mengalami kesehatan jiwa atau mental, seperti dikutip laman United Nation.

Selama ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyelenggarakan kampanye global untuk Hari Kesehatan Jiwa Sedunia dengan mengusung tema berbeda-beda tiap tahunnya. Seperti diketahui Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental (WFMH) juga telah mengumumkan tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 yaitu ‘Making Mental Health & Well-Being for All a Global Priority’.

Tema dan Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober 2022

Bagaimana Sejarah Hari Kesehatan Jiwa Sedunia?

Sejarah Hari Kesehatan Jiwa Sedunia bermula sejak tahun 1992, seperti dilansir laman National Today. Namun, perayaannya baru dimulai pada tahun 1994. Hari besar tersebut dicetuskan melalui Federasi Kesehatan Mental Dunia (World Federation for Mental Health) yang dipimpin oleh wakil sekretaris jenderal saat itu, Richard Hunter.

Tujuan utama organisasi tersebut adalah untuk mengedukasi kesehatan jiwa atau mental secara keseluruhan. Selama tiga tahun pertama sampai tahun 1995, ada siaran televisi di seluruh dunia yang menyampaikan pesan kepada masyarakat soal kesehatan jiwa atau mental.

Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang pertama di tahun 1994 adalah ‘Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Mental di Seluruh Dunia’. Mulai tahun 1995 dan seterusnya, Pan American Health Organization (PAHO) menerjemahkan kampanye Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ke dalam bahasa Spanyol, Prancis, Rusia, Hindi, Jepang, Cina, dan Arab.

Selain itu, tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Tema peringatannya sering kali mengangkat isu sosial terkait wanita, anak-anak, kesehatan, pekerjaan, trauma, hingga bunuh diri. Seperti tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022, ‘Menjadikan Kesehatan Mental & Kesejahteraan untuk Semua sebagai Prioritas Global’.

Tema dan Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober 2022

Cara Memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022

Cara untuk memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 dapat dilakukan dengan berbagai hal. Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022. Berikut ini beberapa cara memperingatinya:

  • Menyebarluaskan informasi tentang Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022
  • Mengkampanyekan kesadaran akan pentingnya kesehatan jiwa atau mental
  • Mengikuti kegiatan positif dengan tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022
  • Meramaikan media sosial dengan memasang twibbon Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 yang dapat dicek daftarnya di sini.

Demikian tentang tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 serta informasi sejarah dan cara memperingatinya. Semoga bermanfaat!

Tema dan Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober 2022

Sumber :


Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming