Seorang penyiar radio tentu harus dibekali dengan berbagai Teknik Menjadi Penyiar Radio dan penunjang yang mumpuni. Sebab, pekerjaannya berhubungan dengan perangkat siaran yang rentan rusak jika tidak tahu cara menggunakannya. Berikut adalah Teknik Menjadi Penyiar Radio yang perlu diperhatikan jika ingin menjadi seorang penyiar radio.

Teknik Menjadi Penyiar Radio

  1. Artikulasi dan Vokal
    Teknik Menjadi Penyiar Radio yang pertama adalah Artikulasi dan Vokal, Setiap kata dari seorang penyiar haruslah jelas dan dapat didengar dengan baik oleh pendengar. Seorang penyiar juga harus memiliki vokal yang baik dan mampu mengatur nada dan tempo dalam berbicara, sehingga terdengar enak oleh  pendengar.
  1. Spontanitas
    Saat siaran, terkadang penyiar dihadapkan pada berbagai hal yang tidak tertulis di script atau tidak sesuai dengan rencana. Teknik Menjadi Penyiar Radio berupa kemampuan spontanitas dari seorang penyiar diperlukan. Seorang penyiar yang baik harus mampu menjaga situasi agar tetap terkendali dalam berbagi kondisi yang dimungkinkan terjadi.



  1. Peka Situasi
    Teknik Menjadi Penyiar Radio selanjutnya adalah peka terhadap situasi. Seorang penyiar harus memiliki kepekaan terhadap berbagai situasi. Misalkan saat cuaca sedang hujan, panas atau lain sebagainya. Hal kecil seperti cuaca pun dapat dirangkai menjadi pembicaraan yang mengarah atau membawa pada topik tertentu.
  1. Menjaga Emosi
    Seorang penyiar yang profesional harus mampu menjaga emosinya agar tidak mengganggu aktivitas on air. Sebab, seorang penyiar haruslah mampu memberikan mood yang baik kepada pendengar agar pendengar merasa nyaman.
  2. Selera Humor
    Memiliki Selera Humor Teknik Menjadi Penyiar Radio Ini tidak mutlak, karena tergantung pada segmen radionya. Namun, tidak ada salahnya memiliki selera humor yang cukup baik. Hal ini berguna untuk membawa pembicaraan ke arah yang lebih akrab saat talkshow, atau siaran.

itulah tadi sobat Phi Teknik Menjadi Penyiar Radio, semoga bermanfaat. (Cili Tami)

Chat Bersama Kami
Read previous post:
 Liga 1 2020 
Kompetisi Liga 1 2020

 Ruang BP Tentang Seputar Begal di Lihat dari Segi Hukum
Ruang BP Tentang Seputar Begal di Lihat dari Segi Hukum

Talkshow With Aiesec (I Care for Disabled Project 2020 AIESEC Bandung)
Talkshow With Aiesec (I Care for Disabled Project 2020 AIESEC Bandung)

Close