Bagi peserta yang belum lolos SNMPTN tidak perlu berkecil hati, coba SBMPTN 2020 yuk. Peserta masih bisa mengambil kesempatan masuk perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.

Tak Lolos SNMPTN, Coba SBMPTN 2020 Yuk

Apa itu SBMPTN?

SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh setiap PTN yang dikoordinasikan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT). Adapun daya tampung mahasiswa baru yang masuk melalui jalur SBMPTN yakni minimum 40 persen dari kuota daya tampung setiap program studi (prodi) di setiap PTN.



Dalam pelaksanaan SBMPTN 2020, peserta nantinya akan mengerjakan Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK) dan materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS). Pelaksaan ini berbayar dengan biaya ujian ditanggung bersama oleh peserta dan disubsidi pemerintah. Menariknya, pada SBMPTN ini kesempatan untuk prodi yang diinginkan menjadi lebih besar.

Pasalnya, kuota SNMPTN hanya 20 persen, sementara SBMPTN sebesar 40 persen dari total daya tampung setiap prodi.

Tata Cara Pendaftaran SBMPTN/UTBK 2020

Untuk mengikuti SBMPTN, peserta diminta mengikuti UTBK terlebih dahulu. Tata cara pendaftaran SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut :

  1. Regitrasi akun siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir pada 17 Februari-5 April 2020 di laman https://portal. ltmpt.ac.id.
  2. Melakukan login menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Memilih menu “verifikasi” dan “validasi data siswa” untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
  4. Memilih menu “pendaftaran UTBK”. Kemudian, pilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  5. Membayar di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran, kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1×24 jam.
  6. Melakukan login kembali ke laman, memilih menu “pendaftaran UTBK” untuk mecetak kartu peserta UTBK.
  7. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Jadwal dan Pendaftaran SBMPTN 2020

Berdasarkan surat edaran Nomor 11/SE.LTMPT/2020, LTMPT merilis tentang “Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020” yang sebelumnya sempat ditunda guna mencegah penyebaran Covid-19 kian meluas.

Perubahan jadwal pelaksanaan UTBK SBMPTN sebagai berikut:

  • Pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 2-20 Juni 2020
  • Pelaksanaan UTBK: 5-12 Juli 2020
  • Pengumuman SBMPTN: 25 Juli 2020

Diketahui, pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali secara bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK, memilih PTN sekaligus program studi. Artinya, pendaftaran SBMPTN dilakukan sebelum skor UTBK keluar.

Berbeda dengan tahun sebelumnya di mana peserta yang mendaftar SBMPTN sudah mengetahui skornya terlebih dahulu. Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Prof. DR. Mohammad Nasih menyampaikan, pelaksanaan UTBK dilakukan dalam waktu bersamaan dengan pendaftaran SBMPTN.



Tak hanya itu, SBMPTN tahun ini juga tidak adanya Tes Kompetensi Akademik (TKA) IPA dan IPS. Sebab, SBMPTN 2020 hanya mengujikan materi Tes Potensi Skolastik (TPS). Adapun TPS ini akan diujikan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa.

Yang perlu diperhatikan, bahasa yang digunakan pada TPS sebagian menggunakan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, siswa perlu menyiapkan diri dengan melatih soal dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Sobat Phi semoga berhasil dan lulus ya ikut SBMPTN 2020, jangan lupa berdoa. Aamiin

Chat Bersama Kami
Read previous post:
SBMPTN 2020 : 15 Jurusan Unpad Paling Diminati dan Daya Tampungnya

Tips-Membuat-Disinfektan-dari-Pemutih-Pakaian
Tips Membuat Disinfektan dari Pemutih Pakaian

Ini-Daftar-Kampus-di-Bandung-yang-Layak-Kamu-Pertimbangkan
Ini Daftar Kampus di Bandung yang Layak Kamu Pertimbangkan

Close