Setelah menyimak apa saja yang menjadi dasar-dasar bagi seorang penyiar, masih ada beberapa hal yang harus dipelajari sebelum Sobat Phi memutuskan menjadi penyiar radio. Umumnya, ada 6 Tahapan menjadi penyiar radio.

Tahapan menjadi penyiar radio

Tahapan menjadi penyiar radio Berikut ulasannya:

  1. Belajar Bicara
    Pekerjaan penyiar adalah berbicara. Jika Sobat Phi ingin menjadi penyiar radio, asahlah kemampuan berbicara. Mulai dari artikulasi, nada dan juga temponya. Kemampuan berbicara ini dapat dipelajari dan dilatih, kok.



  1. Belajar Mendengar
    Tahapan menjadi penyiar radio selanjutnya untuk bisa berbicara dengan baik, tentunya harus bisa mendengarkan. Bisa dengan mendengarkan orang lain siaran, atau mendengar rekaman sendiri yang sedang berbicara. Dari sini Sobat Phi dapat mencari referensi dan juga belajar bagaimana pembicaraan yang kiranya enak untuk didengar.
  1. Banyak Membaca
    Penyiar radio dituntut untuk memiliki wawasan yang luas agar tidak monoton pada satu pembicaraan. Oleh karenanya rajin-rajinlah menambah wawasan apapun. Mulai dari musik, hingga pengetahuan umum dan berita yang sedang hangat.
  1. Tentukan Gaya
    Gaya berbicara atau gaya siaran dapat menjadi ciri khas agar penyiar Radio mudah dikenal. Dengan gaya yang khas, Sobat Phi juga dapat memikat pendengar untuk senantiasa mendengarkan siaran kamu.
  1. Santai Menghadapi Kritik
    Jangan ragu untuk meminta kritik dan saran dari orang lain yang bersifat membangun. Ini akan membuat Sobat Phi menjadi seorang penyiar radio yang lebih baik. Karena dari sini apa yang menjadi kelebihan dan kekuranganmu bisa dipelajari.
  1. Jangan Cepat Puas Diri
    Tahapan menjadi penyiar radio lainnya adalah Jangan Cepat Puas Diri. Ini juga merupakan hal penting. Jika kemampuan siaranmu sudah mumpuni, janganlah berhenti belajar. Industri radio sama halnya dengan teknologi, terus berkembang. Oleh karena itu, teruslah bersemangat dan pantang menyerah.

Demikian tadi sobat Phi Tahapan menjadi penyiar radio, semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat Phi semua. (Cili Tami)

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Piala Presiden ESport 2020
Piala Presiden ESport 2020

Hari Gizi Nasional 2020
Hari Gizi Nasional 2020

Talkshow With SMKN 1 Cimahi
Talkshow With SMKN 1 Cimahi

Close