Syarat Beasiswa Megawati Fellowship, Simak Besaran Beasiswa, Peluang Mendidik Pemimpin Masa Depan. Untuk mendapatkan beasiswa ini, mahasiswa harus melakukan penelitian terkait 3 tema besar yang ditetapkan PDI-P. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) melalui Badan Penelitian Pusat meluncurkan program Megawati Fellowship yang dikhususkan bagi mahasiswa S2 dan S3.

Tema pertama, berkaitan dengan pemikiran-pemikiran Bung Karno, baik menyangkut ideologi, Pancasila, mengenai marhaenisme, mengenai keadilan sosial, mengenai demokrasi, bahkan demokrasi yang dicanangkan dan diimpikan oleh Bung Karno adalah demokrasi yang kemudian pada level filsuf-filsuf tertentu misalnya.

Syarat Beasiswa Megawati Fellowship , Simak Besaran Beasiswa, Peluang Mendidik Pemimpin Masa Depan

Sebuah inisiatif besar yang bertujuan untuk mendukung pendidikan dan perkembangan pemimpin masa depan Indonesia. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengumumkan peluncuran Megawati Fellowship. Program ini tidak hanya memberikan beasiswa yang besar, tetapi juga menetapkan standar yang tinggi untuk peserta yang berhak..

Besaran Beasiswa

Megawati Fellowship menawarkan beasiswa yang sangat besar kepada para penerima yang berhasil. Beasiswa ini mencakup seluruh biaya pendidikan, termasuk kuliah, biaya hidup, dan dukungan untuk penelitian atau proyek khusus.

Dengan komitmen untuk mendukung pertumbuhan pemimpin yang berpotensi, PDIP telah menyiapkan dana yang signifikan untuk program ini.

“Bagaimana penghargaan terkait hak asasi manusia, nasionalisme, sosio-demokrasi oleh Bung Karno dan para pendiri bangsa. Dan banyak sekali tema yang sangat kaya, cita-cita menuju negara hukum itu sendiri, bentuk negara kesatuan Republik indonesia, menjadi satu objek kajian yang menarik,” kata Wakil Ketua Balitpus PDI-P Alexander Sonny Keraf, Selasa (3/10/2023).

Tema kedua, ialah mengkaji Megawati yang konsisten menerapkan ideologi pemikiran dan mimpi Bung Karno tentang Wong Cilik, tentang bagaimana Megawati tetap setia pada negara hukum.

Baca Juga :  Kode Redeem Clash of Clans (COC) 25 Maret 2024 Terbaru Valid

Tema ketiga, yaitu PDI Perjuangan yang menyebutkan diri sebagi Partai Soekarnois.

Bagi mahasiswa program S2, disiapkan dana sebesar Rp 75 Juta untuk melakukan penelitian tersebut. Sedangkan, bagi mahasiswa S3 disiapkan dana sebesar Rp 100-200 juta tergantung dari kedalaman serta materi penelitian yang dilakukan.

Selain syarat latar belakang pendidikan,  mahasiswa tersebut bersedia melakukan kegiatan penelitian dan kegiatan administrasi lainnya yang terkait dengan program Megawati Fellowship.

Kemudian, berkomitmen menyelesaikan penelitian dalam waktu enam bulan.

Lalu, menyampaikan surat keterangan dari perguruan tinggi tempat kuliah yang ditandatangani kepala program studi.

Syarat Beasiswa Megawati Fellowship, Simak Besaran Beasiswa, Peluang Mendidik Pemimpin Masa Depan

Syarat Penerima Beasiswa

Meskipun beasiswa ini besar, PDIP telah menetapkan persyaratan yang ketat untuk calon penerima. Syarat-syarat ketat beasiswa termasuk,

1.Komitmen pada Nilai-Nilai Demokrasi

Peserta harus memiliki komitmen yang kuat terhadap prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan hak asasi manusia.

2.Prestasi Akademik Unggul

Calon penerima harus memiliki rekam jejak akademik yang cemerlang dan potensi yang tinggi dalam studi mereka.

3.Aktivisme Sosial

PDIP ingin mendukung individu yang aktif dalam kegiatan sosial dan masyarakat, menunjukkan dedikasi mereka untuk perubahan positif.

4. Visi dan Proyek Konkrit

Peserta harus mengusulkan proyek atau inisiatif konkret yang akan mereka jalankan selama periode beasiswa yang akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

5. Kepemimpinan dan Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan untuk memimpin dan berkomunikasi dengan baik adalah syarat penting, karena program ini bertujuan untuk melatih pemimpin masa depan.

Program ini bertujuan untuk tidak hanya memberikan pendidikan tinggi yang berkualitas tetapi juga membentuk pemimpin yang memiliki visi dan komitmen untuk kemajuan Indonesia.

Baca Juga :  Kode Kupon The Spike Volleyball Story 25 Maret 2024 Terbaru

Syarat Beasiswa Megawati Fellowship, Simak Besaran Beasiswa, Peluang Mendidik Pemimpin Masa Depan

Dengan Megawati Fellowship, PDIP berharap untuk melahirkan generasi pemimpin yang dapat mengatasi tantangan dan membangun masa depan yang lebih baik bagi bangsa ini.

Dalam hal ini, PDIP menunjukkan komitmen yang kuat untuk pendidikan dan pembangunan masa depan Indonesia.

Selanjutnya, proposal penelitian harus sesuai dengan format proposal Megawati Fellowship Program.

Mengenai tata cara pengajuan proposal, pergama kandidat melakukan korespondensi dengan tim seleksi Megawati Fellowship Program dengan mengirimkan dokumen-dokumen sebagai berikut:

1. Statement of interest
2. Curriculum Vitae (CV)
3. Proposal penelitian
4. Copy Identitas, berupa KTP, pasport, atau SIM Surat keterangan dari perguruan tinggi tempat studi

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto menerangkan, program beasiswa ini sebagai tindak lanjut tentang pentingnya riset dan inovasi bagi kemajuan bangsa.

“Semuanya melandasi pergerakan PDI Perjuangan yang bersekutu dengan ilmu pengetahuan,” kata Hasto dalam konferensi pers di Kantor DPP PDI-P, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Selasa.

“Maka pada momentum yang tepat, kami meluncurkan Megawati Fellowship Program, yang bisa diikuti oleh para putra putri bangsa termasuk juga oleh rekan-rekan pers,” lanjutnya.

Syarat Beasiswa Megawati Fellowship, Simak Besaran Beasiswa, Peluang Mendidik Pemimpin Masa Depan

Selain pemikiran Bung Karno, beasiswa diberikan secara umum kepada calon mahasiswa S2 dan S3 yang ingin mendalami pemikiran Megawati dan PDIP.

Hasto mencontohkan, beberapa tema yang bisa diambil untuk program beasiswa, seperti strategi komunikasi politik Bung Karno saat pembebasan Irian Barat, komunikasi Bung Karno saat pemindahan Ibu Kota ke Yogyakarta, hingga penelitian tentang kedaulatan pangan yang menjadi tema Rakernas IV PDIP beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Modern Warships 25 Maret 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

Dengan program itu, Hasto menyebut partainya telah menyiapkan sedikitnya Rp75 juta bagi calon mahasiswa S2 yang terpilih, dan Rp100-200 juta bagi mahasiswa tingkat S3.

“Bagi mahasiswa program S2, disiapkan dana sebesar Rp75 Juta untuk melakukan penelitian tersebut. Sedangkan, bagi mahasiswa S3 disiapkan dana sebesar Rp100-200 juta tergantung dari kedalaman serta materi penelitian yang dilakukan,” kata dia.

Sementara, Wakil Ketua Balitpus PDIP Alexander Sonny Keraf menjelaskan beasiswa bisa diikuti dengan memenuhi sejumlah syarat. Beberapa dokumen yang harus disiapkan yakni, statement of interest, curriculum vitae (CV), proposal penelitian, copy identitas berupa KTP, paspor, atau SIM, dan surat keterangan dari perguruan tinggi tempat studi.

Sejumlah dokumen itu bisa dikirim ke kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat atau bisa dicek melalui situs resmi SPP PDIP. Proposal berkas penelitian nantinya akan diseleksi oleh tim seleksi.

Panitia seleksi program ini ialah Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, anggota Komisi X DPR Andreas Hugo Pareira, Heri Akhmadi, Alexander Sonny Karaf, dan Lakita Dinansyah Tuwo.

Syarat Beasiswa Megawati Fellowship, Simak Besaran Beasiswa, Peluang Mendidik Pemimpin Masa Depan

Selamat mencoba!